Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BINGUNG MENETUKAN PILIHAN, SURAT YASIN JAWABANNYA


Penyerahan Ijazah Tahfizd Santri Sabda Ria Nada
sabdarianda.co.id. Jangan heran jika di kebanyakan tempat Ibadah seperti Masjid, Mushalla atau ditempat-tempat yang lainnya, Surat Yasin seringkali menjadi bagian yang pertama kali rusak dibandingkan bagian-bagian yang lain. 

Demikian juga Surat Yasin mungkin menjadi satu-satunya Surat di dalam Alqur'an yang paling banyak dicetak ulang menjadi buku-buku saku yang mudah di bawa kemana-mana. 

Saking seringnya dibaca, Surat Yasin juga menjadi satu-satunya Surat yang paling banyak dihafal tanpa sengaja baik oleh kaum Terpejar maupun orang Awam. Tidak jarang pula  surat Yasin dicetak khusus sebagai cendera mata di dalam acara Haul tokoh-tokoh tertentu. 

Surat ke 36 yang berada di Juz ke 22 ini memang sangat populer di kalangan Umat Islam utamanya di Indonesia.  Umat Islam Indonesia menjadikan Surat Yasin hampir disemua acara Ritual, sehingga muncul budaya YASINAN yang mungkin jarang ditemukan dalam kehidupan bangsa lain. 

Acara kebangsaan dibacakan Surat Yasin, Tasyakuran Surat Yasin, orang Sakit Surat Yasin, orang Meninggal dibacakan Yasin, Pergi Haji baca Yasin, orang Hamil dibacakan Yasin,  buka Toko Baca Yasin, punya kendaraan baru dibacakan Yasin dan lain sebagainya. 

Ulama' berbeda pendapat menganai asal usul kata Yasin.Ada yang beranggapan bahwa kata Yasin adalah kependekan dari kata ( يا ا نسان ) ada juga yang mengatakan kependekan dari kata ( يا سيد المر سلين ). Kelompok lain berpendapat kata Yasin adalah nama lain dari Alqur'an. 

Ada juga yang berpendapat Yasin adalah Nama lain dari Nabi Muhammad. Ulama' lain beranggapan kata Yasin adalah Nama dari nama-nama Allah yang agung. Kelompok terahir ini mengutip keterangan di dalam Tafsir  Istirabadi yang menyatakan bahwa Allah memiliki 4000 nama. Seribu diantaranya hanya Allah yang Tau. Seribu lainnya hanya diketahui oleh para Malaikat. Seribu sisanya tertulis di Lauhil Mahfudz. 

Tiga Ratus dimuat dalam kitab Taurat. Tiga Ratus ada di Dalam Kitab Zabur. Tiga ratus lagi ada di dalam kitab Injil. Seratus sisanya ada di dalam Alqur'an. 99 tertulis dengan jelas. Satu lagi rahasia yaitu Ismul A'dham  yang hanya diketahui oleh para Nabi dan Rasul. 

ANJURAN MEMBACA SURAT YASIN

Syeh Himami Zadah di dalam Tafsir Yasin mengutip beberapa Hadis yang berisi anjuran membaca Surat Yasin diantaranya :


ان لكل شيء قلبا وقلب القرأن يس فمن قرئها كتب الله له قرائة القرأن عشر مرات
"Sesungguhnya segala sesuatu memiliki jantung, sedangkan jantungnya Alqur'an adalah Surat Yasin. Siapa saja yang membacanya, Allah akan memberikan pahala 10x membaca Alqur'an".
اكثروا من قرائة هده السورة فان فيها خصائص كثيرة
"Perbanyaklah membaca Surat Yasin, karena Surat Yasin memiliki Keistimewaan yang banyak".
ان الله تعالى قرء سورة يس وطه قبل ان يخلق السموات والأرض بألف عام فلما سمعت الملائكة قالوا طوبى لآمة نزل عليهم هاتان سورتان وطوبى لألسنة تتكلم بهما

Sesungguhnya sebelum menciptakan langit dan Bumi Allah membaca Surat Yasin selama 1000 Tahun.Ketika para Malaikat mendengar bacaan tersebut mereka berkata : Sungguh beruntung Umat Muhammad telah diturunkan kedua Surat tersebut. Sungguh beruntung lidah-lidah yang suka membacanya". 


Syeh Himami Zadah di dalam Tafsirnya berusaha menjelaskan keutamaan Surat Yasin diantaranya sebagai berikut :
  • Orang yang sedang lapar jika membaca Surat Yasin dengan sepenuh Keyakinan Pasti Allah mengenyangkan
  • Jika dibaca oleh Orang yang Takut, Allah akan memberikan ketenangan
  • Jika dibaca oleh orang yang memiliki Hajat Allah pasti akan mengabulkan hajatnya
  • Jika dibaca diwaktu pagi Allah akan memberikan perlindungan hingga Sore. Dan jika dibaca diwaktu malam Allah akan melindunginya hingga pagi datang
  • Jika dibaca di sebuah kampung, Desa, Negeri, Allah akan melindungi Negeri tersebut dari bencana Kelaparan, bencana Alam, wabah penyakit, Tha'un dan bencana-bencana lainnya.
  • Jika dibaca didekat orang yang mengalami Sakaratul Maut, Malaikat akan turun sejumlah huruf yang dibaca. Duduk berbaris-baris memohonkan Rahmat dan Ampunan, menyaksikan pemandiannya serta mengiringi Janazahnya.
  • Jika dibaca untuk orang yang sudah meninggal Dunia, Allah akan meringankan siksanya dan meninggikan Derajatnya disurga.

CARA MENGAMALKAN SURAT YASIN

  •  Jika Surat Yasin diamalkan sebagai Sarana      munajad kepada Allah cara mengamalkan adalah, setiap sampai di ayat ke 27 ( وجعلني من المكرمين ) berhenti sejenak. Tundukkan kepala dengan penuh harap  sempaikan seluruh Hajad kepada Allah. Setelah merasa puas lanjutkan bacaan Yasin hingga akhir. Lakukan berulang-ulang, insyaallah tidak butuh waktu lama Allah akan mengabulkan semua hajat kita. Amin
  • Jika surat Yasin digunakan sebagai Sarana Istikharah ( petunjuk untuk menentukan pilihan) dalam hal apa saja, Baca Surat yasin dengan Khusu'. Setiap sampai dibacaan ( مبين ) ulangi  bacaan Mubiin tersebut 21x,  kemudian lanjutkan membaca ayat berikutnya sampai selesai. Di dalam Surat Yasin terdapat 7x bacaan مبين . Ayat 12,   17, 24, 47, 60, 69,77.  semuanya diulang masing-masing 21x. Setelah selesai usahakan langsung tidur sambil terus membaca Shalawat hingga terlelap. Insyaallah di dalam tidur Allah akan memberi petunjuk lewat mimpi pilihan terbaik yang harus anda Ambil. Walaupun tidak bermimpi ketika bangun biasanya hati akan memiliki keyakinan yang kuat keputusan yang harus dilaksanakan.
Semoga Allah membimbing kita semua dan menerima Ibadah kita, Amin.

Layanan konsultasi chat 085258834725

Posting Komentar untuk "BINGUNG MENETUKAN PILIHAN, SURAT YASIN JAWABANNYA"