Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SANGGAR TANI

Sanggar Tani SMK Sabda Ria Nada
"Sanggar Tani", Begitulah kami menamakan lokasi penelitian yang dimiliki oleh SMK Pertanian Sabda Ria Nada. Dilokasi inilah tempat para peserta didik melakukan berbagai praktikum hasil pembelajaran dikelas. Dilahan seluas 4 petak sawah ini kita mengkreasikan hasil imajinasi dibidang pertanian. Tidak begitu luas namun masih cukup menampung kreativitas kami dibidang pertanian. 

Perbanyakan Jambu Kristal dengan Cangkok
Beberapa yang sudah kami lakukan di lahan seluas 4 petak ini diantaranya penanaman “Jambu Kristal”, jambu ini merupakan jenis jambu biji namun memiliki keunikan. Unik nya jambu biji ini hampir tidak memiliki biji dengan rasa yang manis, sehingga ketika dimakan tidak perlu kawatir ada biji yang tergigit seperti jambu biji pada umumnya. Sensasi makan jambu biji hampir sama seperti makan apel. Hehhe unik tooooo. Jambu ini sudah kami kreasikan dengan perbanyakan menggunakan sistem cangkok namun dengan metode sedikit berbeda, metode yang kami gunakan disebut dengan tusuk sate hehhe. Memang beberapa praktek kita tidak berbasis teori, tp lebih berbasis pengalaman tenaga pengajar.

Selain Jambu Kristal dilahan ini kami melakukan pembelajaran mengenai teknik grafting tanaman mulai dari okulasi, stek, cangkok, sambung susu, dan sambung pucuk. Beberapa bibit yang kami grafting diantaranya durian, alpukat, dan beberapa tanaman lainnya.

Lokasi Persemaian bibit dan koleksi tanaman langka Sanggar Tani SMK Sabrina

Dipetak teratas juga tertanam beberapa tanaman koleksi seperti “Jati Solomon”. Jati ini memiliki pertumbuhan sangat cepat sehingga dalam jangka waktu 4 tahun sudah bisa mencapai lingkar batang 80cm. Bibit jati ini merupakan hasil kultur jaringan yang didatangkan dari laboraturium Institut pertanian Bogor. Bebrapa bibit hasil Kultur Jaringan seperti pisang cavendish juga ada disini.
Kopi Arabika Varietas Yellow Cattura
Tidak kalah unik Sanggar Tani juga punya persemaian kopi arabika varietas “Yellow cattura”. Jika biasanya kopi memiliki warna merah ketika matang, kopi ini justru berwarna kuning. Jenis ini tergolong langka dan hanya tumbuh di Flores Bajawa. Kami kembangkan agar bisa tertanam di Argopuro, untuk mendukung Partner kita “Pokmas Walida”.
Bebrapa bibit tanaman eksois seperti anggur Brazil, Zaitun, Pohon Tin, ada disini. Sengaja kita koleksi untuk bahan edukasi dan praktikum perbanyakan tanaman. Tujuan kedepannya koleksi ini akan dijadikan indukan untuk produksi bibit tanaman eksotis dan langka. 

Penasaran?????  mari berkunjung ke Sanggar Tani kami :)


Posting Komentar untuk "SANGGAR TANI"