Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terus Berinovasi Dengan Kearifan Lokal


Praktikum Grafting Jambu Kristal
Berdirinya SMK Sabda Ria Nada di Kecamatan Sumbermalang dapat memberikan sumbangsih tersendiri bagi kemajuan daerah. Meskipun masih baru berdiri dalam dua tahun terakhir, pelan tapi pasti lembaga ini sudah mulai berkarya dengan berbagai reaserch dan inovasi produk berbasis agribusines. Mengambil tindakan berani dengan mendirikan SMK Pertanian tentu bukan langkah mudah bagi Yayasan Sabda Ria Nada. Jurusan pertanian memiliki momok negatif dalam sebagian besar generasi muda di Kec. Sumbermalang. Usaha pertanian dianggap kurang prestise dan kurang bergaya jika dibandingkan dengan profesi lain. Ya, itulah memang yang selalu tersirat dalam setiap benak mereka yang awam.

Namun dengan kesadaran penuh terhadap potensi dan kerarifan lokal, Yayasan mengambil langkah berani untuk membuka lembaga baru ini. Melihat kondisi geografis, ekonomi, dan kearifan lokal, bidang pertanian merupakan satu-satunya bidang yang dapat mendongkrak sumber perekonomian masyarakat di kec. sumbermalang. Tentu ini dapat diwujudkan jika semakin banyak petani yang terdidik dan memiliki wawasan luas. Inilah yang mendasari berdirinya SMK Sabda Ria Nada. Selain berdiri sebagai lembaga edukasi, harapan kedepan SMK Sabda ria Nada dapat menjadi Incubator Busines untuk mewadahi produk-produk unggulan inovatif daerah agar lebih maju dan dikenal oleh dunia.
Praktikum Roasting Kopi Argopuro
Dasar pemikiran tersebut ternyata secara tidak sengaja sinergi dengan program pemerintah terkait “Revitalisasi SMK”. Dimana dalam program ini sebuah sekolah SMK diwajibkan memiliki produk yang dapat diterima pasar dan memiliki trobosan serta inovasi. Adanya kebijakan tersebut memberikan peluang besar bagi SMK Sabda Ria Nada untuk mengenalkan prodk-produk yang sudah dikembangkan selama ini. Jurusan pertanian yng diambil dengan dasar potensi dan kearifan lokal, menjadikan kami tidak terlalu sulit dalam memproduksi produk unggulan yang inovatif. Salah satunya yang saat ini tengah berkembang adalah Kopi Argopuro, dan minuman Herbal dari ekstrak bawang dayak (selengkapnya bisa mengunjungi www.argopurocoffee.com ).

Bersinergi dengan lembaga bisnis yang dimiliki Yayasan Sabrina (Pokmas Walida), SMK memegang andil menjadi lembaga Reaserch and Development (R&D) dalam lini produksi. Tidak butuh waktu lama akhirnya kami diberikan kesempatan untuk tampil dalam ajang Lomba Kompetisi Siswa Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017. Bukan sebagai peserta, melaikan menjadi pengisi stand pameran produk mewakili Kab. Situbondo. Dalam even ini hanya SMK Sabrina dan SMK negeri 1 Panji yang menjadi pengisi stand untuk Situbondo. Jelas menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami yang baru berdiri. Karena terlihat hanya kami yang berstatus swasta diantara SMK Negeri yang sudah memili produk.

Kegiatan Pameran Produk SMK Sabrina di even LKS 2017
Namun apalah arti sebuah pengakuan, bagi kami wujud nyata sebuah tindakan dan kebermanfaatan untuk masyarakat jauh lebih penting dari sekedar tampil diajang kompetisi. Untuk itulah kami terus berbenah dan berusaha agar peserta didik dapat menyerap seluruh pengetahuan dan keterampilan yang diberikan. Dengan demikian apa yang menjadi tujuan utama dapat menjadi kenyataan dimasa depan. Menjadikan peserta didik insan produktif, berdaya saing, dan berakhlaq mulia merupakan tujuan utama yang harus dicapai sebagai keberhasilan sebuah lembaga pendidikan ini. Semoga ditahun - tahun selanjutnya bisa tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik lagi. Amiiiiin........







Posting Komentar untuk "Terus Berinovasi Dengan Kearifan Lokal"