Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mudah Menguasai Berbagai Mata Pelajaran

sabdarianada.co.id - ada sebuah pepatah dunia persilatan yang mengatakan begini " Saya Lebih takut pada 1 tendangan yang telah dilatih 1.000 kali, dari pada 1.000 tendangan namun tidak pernah dilatih sama sekali.
Kegiatan membaca di Perpustakaan terpadu Sabda Ria Nada
Bisa kita simpulkan secara luas bahwa suatu ilmu yang telah diasah beribu-ribu kali akan lebih berbahaya dari pada 1.000 ilmu namun tidak pernah kita asah sebelumnya.

sekarang mari kita hubungkan pepatah diatas dengan model belajar yang kita jalani, setiap hari ada berbagai macam mata pelajaran yang kita dapatkan disekolah, namun tidak semua pelajaran dapat dikuasai, dan justru pelajaran yang berkaitan dengan hobi atau kesenangan yang dapat kita ingat dan kuasai.

Ternyata pelajaran yang sesuai dengan kesenangan inilah yang dapat kita kuasai yang tanpa kita sadari telah kita latih beribu-ribu kali sehingga (bahkan tanpa kita sadari pula) dapat kita cerna dengan baik dan sukses menguasai mata pelajaran tersebut.

lalu bagaimana jika ingin menguasai pelajaran pelajaran lain yang bukan menjadi kesenangan kita?

Tenang, dibawah ini akan kita bahas tips pintar menguasai berbagai mata pelajaran.

1. Membuat Jadwal Belajar


Selain jadwal belajar disekolah pada pagi hingga siang hari, kita juga perlu membuat jadwal kegiatan tersendiri dirumah.

Buatlah jadwal sehari-hari misalnya dari jadwal Sholat (ini wajib), bermain, jalan-jalan, makan, tidur, belajar dll. dan ini harus kita patuhi sendiri. Disamping kita bisa belajar disiplin namun kita akan bisa mengasah ilmu (pelajaran) secara terus menerus.

2. Sering Membaca

Ternyata salah satu cara menghafal cepat adalah dengan membacanya berulang - ulang. ini yang kadang jarang diketahui oleh siswa misalnya disaat ada mata pelajaran bahasa asing.

Siswa merasa sangat jenuh karena harus menghafal, padahal ada cara sederhana dan ampuh yang dapat dilakukan oleh siswa dalam mengikuti pelajaran-pelajaran yang memiliki karakter hafalan.
Membiasakan diri membaca buku
Bacalah berulang-ulang sesuatu yang ingin kita hafal, baik itu pelajaran yang disukai maupun tidak, ini akan membantu proses perekaman pelajaran dengan mudah pada ingatan kita.

3. Belajar di Pagi Hari

Waktu belajar yang paling baik adalah dipagi hari, dimana saat itu tubuh dan otak telah selesai dari istirahat dan siap untuk diisi dengan sesuatu yang baru.

Misalkan kita bangun pukul 4 Pagi, setelah melaksanakan sholat subuh manfaatkan waktu ini untuk belajar dan melakukan persiapan-persiapan kesekolah, seperti menyiapkan buku sesuai jadwal mapel dan alat-alat belajar lainnya.

4. Sarapan Pagi

Sarapan pagi tidak harus selalu makan nasi, ada berbagai makanan ringan menyehatkan yang dapat kita konsumsi.

Sarapan pagi dapat membantu konsentrasi saat belajar dikelas, sehingga saat proses belajar berlangsung kita tidak terganggu dengan rasa lapar.

5. Sering Berdiskusi


Pengalaman belajar yang menyenangkan juga dapat membantu penguasaan kita terhadap berbagai mata pelajaran. dengan sering berdiskusi dengan guru maupun sesama teman juga akan memancing ingatan kita terhadap mata pelajaran.

6. Refreshing


Refresing atau mencari suasana baru juga perlu kita lakukan, pada hari libur sekolah kita bisa menyempatkan waktu untuk jalan-jalan dan sejenak memanjakan diri dengan sesuatu yang berbeda dengan rutinitas sebelumnya.

Refresing ini bisa disesuaikan dengan hobi, misalnya kita hobi memancing, pergilah memancing, jika kita hobi melukis, kita bisa mengunjungi panorama alam pegunungan dan membuat sketsa lukisan sesuai objek yang ada didepan kita.

Setelah Refreshing otak akan kembali segar dan kegiatan belajar akan lebih mudah dijalani karena otak telah siap menerima sesuatu yang baru lagi.

7. Rutin berolahraga

Salah satu manfaat olahraga adalah menambah asupan oksigen dalam tubuh khususnya pada otak, jika otak kekurangan oksigen maka akan ada respon respon yang dapat mempengaruhi tubuh kita, contohnya mengantuk.

Jika mengantuk saat pelajaran berlangsung tentu kita akan kehilangan momen berharga dalam belajar karena tidak bisa menyerap pelajaran dengan baik.

Kesimpulan

7 Cara mudah menguasai berbagai mata pelajaran dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga nantinya tanpa dijadwal pun kita dapat membiasakan diri untuk berperilaku cerdas dan menguasai berbagai bidang mata pelajaran.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mudah Menguasai Berbagai Mata Pelajaran"