Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AROMA CINTA DI LEMBAH KHAIBAR

Romantisme guru Sabrina dengan guru pengabdian dari PP. Madridduja & Masdugiyah
sabdarianada.co.id.Dua Gadis itu meraung-meraung. Bilal mendorong kedua gadis itu ketengah mayat orang-orang Yahudi Yang bergelimpangan dan memperlihatkan apa yang diperbuat  pasukan islam terhadap mayat-mayat itu.

"Bilal, sudah tidak adakah belas kasihan di hatimu kepada kedua gadis yang menangisi suami dan sauara-saudaranya yang terbunuh?" Ucap Nabi muhammad mencegah Bilal.

Nabi Muhammad memberikan selendangnya kepada salah seorang gadis itu. Gadis itu bernama SHAFIYAH Binti HAY IBN AKHTHAB, pemuka suku Bani Quraidhah. Shafiyah tinggal di lembah Khaibar sejak ayahnya terbunuh dalam perang Bani Quraidhah.

" Shafiyah, aku mohon maaf padamu atas tindakan yang telah kulakukan pada kaummu. Tetapi.......... "ucap Nabi Muhammad sedih. Shafiyah lama menatap ke arah suara itu kemudian mengangguk. Nabi muhammad mengajak shafiyah memeluk Agama Islam. Setelah menyatakan masuk islam Shafiyah diperistri oleh Nabi Muhammad dan tinggal bersama Nabi dalam satu kemah.

Sahabat Anas bin Malik menceritakan, ketika pasukan islam bersiap-siap pulang kemadinah, aku melihat Nabi Muhammad mempersiapkan kelambu di atas untanya untuk SHAFIYAH. Lalu nabi duduk di dekat untanya dan meletakkan lutut, kemudian mempersilahkan Shafiyah menginjak lutut Nabi untuk naik ke atas unta.

Aduhai, betapa romantisnya Nabi muhammad.
Masih adakah suami seromantis ini? Atau paling tidak mau membukakan pintu mobil untuk istrinya, atau membawakan belanjaannya?

ISTRIMU, jantung keluargamu. Jika dia tidak bahagia, seluruh isi rumah serasa berada di dalam NERAKA, begitulah kata sebagian orang. Waduh kok malah jadi Baper begini. Padahal tulisan ini tidak dimaksudkan membicarakan romantisme suami istri, yang memang tidak pernah membosankan dijadikan bahan diskusi.


Ilustrasi penaklukan
Benteng Khaibar
Yang ingin saya sampaikan sebenarnya adalah, yang dilakukan Bilal dan Nabi dalam Riwayat di atas oleh Huzdaifah Ismail :2006 disebut STRATEGI MENJUAL DIRI, yaitu usaha tertentu yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mempengaruhi dan mendapatkan simpati orang lain

Setidaknya ada tiga cara yang biasa dilakukan manusia untuk mendapatkan dukungan dan simpati orang lain. Ketiga strategi ini sempat diabadikan di dalam Alqur`an.


  1. STRATEGI FIR`AUN, usaha mempengaruhi orang lain dengan pendekatan kekuasaan, intimidasi dan kekerasaan, seperti yang diperlihatkan Sahabat Bilal pada riwayat di atas atau diperlihatkan Firaun dijaman kejayaannya. Cara ini memang cukup ampuh untuk kelompok masyarakat tertentu tapi tidak bertahan lama. Perasaan Takut yang berusaha ditebarkan, pada akhirnya akan berubah menjadi gumpalan keberanian yang mampu menerjang semuanya. Tirani Firaun yang sudah turun-temurun ahirnyapun harus runtuh setelah bangsa Isroil menemukan kembali keberaniannya melalui komando seorang pemuda bernama Musa AS. Contoh lain kekuasaan Orde Baru yang juga sudah berlangsung likuran tahun harus  menyerah lewat teriakan Reformasi yang dipelopori para pemuda dan Mahasiswa. Model pendekatan ala Firaun ini disindir oleh Allah di dalam Alquran     ولو کنت فظا غليض القلب لاانفضوا من  حو "Andaikan dikau keras hati, pastilah orang-orang di sekitarmu akan lari".

  1.  STRATEGI QARUN, keinginan             menguasai orang lain dengan             pendekatan dan iming-iming materi. Cara-cara seperti ini di jaman orde   Baru dikenal dengan sebutan Politik  dagang sapi. ada tawar-mewar  kamu  berapa ikut siapa.Cara kedua ini lebih rapuh dari cara pertama. Berapapun jumlah materinya tidak akan mampu membeli simpati dan kesetiaan semua orang. Simpati yang dibangun diatas tumpukan materi akan mudah berpindah kelain hati, sesuai jumlah materi yang dibuat janji. cara kedua inipun dikecam oleh Allah di dalam Alquran لو انفقت ما في الارض جميعا ما الفت بين قلوبهم " Andai kau berikan seluruh isi bumi pastilah engkau tidak akan mampu melunakkan hati mereka". Jangankan untuk memikat hati orang lain, menjinakkan keluarga sendiri saja harta tidak bisa. Oleh karena itu imam Alghazali melarang kita mempamerkan harta benda dihadapan anak dan keluarga kita. ولا تعلم احدا من اهلک وولدک فضلا عن غيرهم مقدار مالک فانهم ان راوه قليلا هنت وان راوه کثيرا لم تبلغ رضاهم قط "Jangan kau beberkan hartamu dihapan keluarga dan anak-anakmu.Jika mereka tahu hartamu sedikit mereka akan menghinamu. Tapi jika mereka tahu hartamu banyak merekapun tidak akan pernah bersyukur dengan semua pemberianmu".

  1. STRATEGI MUHAMMAD, model komonikasi persuasif yang mengkedepankan nilai-nilai kemanusiaan yang membutuhkan rasa aman, perhatian, pengakuan, dan cinta kasih seprti yang diperlihatkan nabi dilembah Khaibar. Cara ini bukan hanya telah menguras habis rasa dendam di hati SHAFIYAH atas kematian ayahnya tapi juga mampu mengantarkannya pada posisi terhormat sebagai istri Nabi. Atas dasar inilah kenapa Nabi selalu mengajari kita cara membangun kemasraan kepada semua orang lebih-lebih kepada keluarga.

خَيْرُکُمْ ۲× لِِِاَهْلەِ وَاَنَا خَيْرُکُمْ لِاَهْلِيْ
Yang terbaik diantara kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya dan saya adalah yang paling baik kepada keluarga  (HR Ibnu Hibban)

Siti Aisyah menceritakan: suatu hari orang-orang Habasah masuk kedalam masjid untuk berlatih pedang. Maka Nabi bertanya padaku " wahai humaira' (panggilan sayang untuk Siti Aisyah) apakah kamu ingin melihat mereka berlatih?"


Aku menjawab, iya ya Rasul. Lalu nabi berdiri di pintu masjid, akupun menghampirinya. Aku letakkan daguku dipundak nabi dan kusandarkan wajahku dipipinya. Setelah cukup lama kami menonton, Rasulullah bertanya, apakah kamu sudah puas melihat mereka? saya menjawab, jangan buru-buru ya Rasul saya masih ingin melihatnya.


Nabipun terus berdiri untukku, padahal sebenarnya saya sudah tidak ingin melihat mereka berlatih, akan tetapi aku ingin para wanita tahu kedudukan nabi di sisiku dan kedudukanku di sisinya.


Lebih dari itu kemesraan yang nabi inginkan bukan hanya duniawi tapi juga ukhrawi.


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : رحم الله رجلا قام من الليل فصلى وايقظ امرءته فصلت فان ابت نضح في وجههاالماء . ورحم الله امرءة قامت من اليل فصلت وايقظت زوجها فصلى فان ابى نضحت في وجهه الماء ( رواه احمد وابو داود
Rahmat Allah buat seorang suami yang bangun di malam hari untuk Shalat malam, kemudian dia bangunkan istri untuk melakukan hal serupa.jika istrinya tidak segera bangun dia percikkan air kewajah istrinya. Rahmat Allah pula buat seorang istri yang bangun dimalam hari untuk Shalat malam, dia bangunkan suaminya agar melakukan hal serupa. Jika suaminya tidak segera bangun dia percikkan air kewajah suaminya ( HR Ahmad dan Abu Daud)

Indahnya KEBERSAMAAN
Di ranjang kompak
Di Dapur Kompak
Di Tempat kerja Kompak
Di Tempat Shalatpun Kompak
Inilah hakekat JIMA' yang sesungguhnya
Menyatunya dua tubuh yang berbeda ke dalam Satu irama dan Gaya Hidup yang sama.
Semoga ALLAH membimbing kita semua Amin
teruntuk anakku
USMAN HAJI NASHRULLAH

Sumber
  1. Ali ASSHABUNI Tafsir ayatul AHKAM jilid2
  2. Aburrahman Asyarqowi MUHAMMAD ROSULUL HURRIYAH 

Posting Komentar untuk "AROMA CINTA DI LEMBAH KHAIBAR"