Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ARTI SEBUAH NAMA


Syarifah Aulia Mufidah Wafi
Anak pertama Pasangan Kiai Abd. Wafi & Murti Asih

Sabdarinada.co.id. Dengan penuh harap sang kakek Abdul Muthalib memberi nama MUHAMMAD, pada bayi laki-laki ajaib yang baru lahir itu. Abu Lahabpun ikut gembira dengan peristiwa tersebut, buru-buru dia memerdekakan budaknya, prilaku langka yang belum pernah dia lakukan sebelumnya.

لما سميت ابنك محمدا وليس من اسماء ابا ئك   ولا اجداد ك

"Abdul Mutthalib, kenapa cucumu diberi nama Muhammad, padahal leluhur-leluhurmu tidak ada yang menggunakan Nama itu", tanya orang-orang Quraisy keheranan.

رجوت ان يحمد في الارض ويحمد في السماء
" Saya berharap anak ini menjadi manusia terpuji dilangit dan di bumi", jawab Abddul Mutthalib", penuh keyakinan.

Allah benar-benar mewujudkan harapan Abdul Mutthalib yang tulus. Bayi laki-laki ajaib ini benar-benar menjadi sosok yang bermandikan puji sanjung di langit dan di bumi. Tidak hanya oleh bangsa Manusia, tapi juga mahluq lain di seluruh semesta. Dialah MUHAMMAD Rasulullah. Manusia panutan Idola seluruh Umat. 

Apalah artinya sebuah nama, demikian kata sebagian orang. Tapi bagi sebagian yang lain, Nama itu penting , bahkan sangat penting. Dengan nama orang mengenal kita, dengan Nama orang membedakan kita dengan orang lain, dan dengan nama pula orang lain memanggil kita. Bahkan dengan nama pula orang menyebut kita dalam setiap doanya. Serta dengan nama para penduduk surga memanggil-manggil kita.

Potong rambut, hilangkan keangkuhan Tanamkan semangat Juang

Tidak jarang Rasul merubah nama para sahabat-sahabatnya yang dianggap kurang baik.
Putra Abu Bakar di masa jahiliah namanya Abdul Uzza . Rasulullah saw menggantinya menjadi Abdurrahman. Istri Umar bin Khattab namanya ‘Ashiyah artinya perempuan pendosa. Diganti menjadi Jamilah. 

Abdurrahman bin Auf nama masa jahiliahnya  Abdul Ka’bah . Rasulullah menggantinya dengan nama Abdurrahman bin Auf .

Salah seorang Sahabat yang awalnya bernama" ASHI" yang artinya pendosa dirubah menjadi
Abdullah . Huzn artinya sedih, beliau ganti menjadi Sahl artinya mudah. 

Ada lagi yang namanya Zahm artinya repot diganti oleh beliau dengan nama Basyir. Orang lainnya lagi bernama ‘Ash artinya pendosa diganti menjadi Muthi’ artinya orang yang taat. Bahkan sebuah lembah bernama GHAWI artinya sesat beliau ganti dengan nama RUSYD.

Dengan begitu nama bukan hanya penting tapi amat sangat penting. Nama tidak hanya berpenaruh besar terhadap kepribadian pemiliknya, tapi juga pada perjalanan nasibnya. Atas dasar inilah kenapa Rasulullah meletakkan kewajiban memberi nama yang baik pada urutan pertama, sebelum kewajiban-kewajiban lainnya.

ﺣَﻖُّ ﺍﻟْﻮَﻟَﺪِ ﻋَﻠَﻰ ﻭَﺍﻟِﺪِﻩِ ﺍَﻥْ ﻳُﺤْﺴِﻦَ ﺍِﺳْﻤُﻪُ ﻭَﻳَﺤْﺴِﻦُ ﻣَﻮْﺿِﻌَﻪُ ﻭَﻳُﺤْﺴِﻦُ ﺍَﺩَﺑَﻪُ ‏

Artinya : “Kewajiban orang tua terhadap anaknya adalah memberi nama yang baik, memberi tempat tinggal yang baik, dan mengajari sopan santun ". (HR. baihaqi)

Pada kesempatan lain Rasulullah juga bersanda :

انكم تدعون يوم القيا مة باسما ئكم واسماء ابائكم فاحسنوا اسمائكم

Sesungguhnya pada hari kiamat kelak, kalian akan dipanggil dengan nama- nama kalian dan nama-nama bapak kalian. Oleh karena itu berikanlah nama yang baik pada anak- anak kalian.” (H.R. Abu Dawud)

Syarifah Aulia Mufidah Wafi, Wanita mulia pemimpin berguna bagi keluarga dan Bangsanya. Amin.

Teruntuk anakku
MELYNIA ROSYADA





Posting Komentar untuk "ARTI SEBUAH NAMA"