Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MANAJEMEN KESEDIHAN

sabdarianada.co.id. Seorang pemuda bertubuh subur UDIN namanya, duduk lesu di dalam kendaraan yang membawanya pulang dari sebuah acara perhelatan. Dia sedang bersedih akibat rasa kecewa di dalam hatinya kepada ELIK kekasihnya. 
Resus Putri Sabda Ria Nada, Tidak usah sedih Mas Bro, masih ada kita-kita kok
UDIN merasa ditipu, dihianati oleh elik yang selama ini dia cintai. Elik dengan tega secara sepihak telah memutuskan impiannya. Kekasihnya itu lebih memilih UMAM temannya sendiri, yang memiliki ketampanan dan kekayaan melebihi dirinya.

UDIN merasa dunia ini telah runtuh. Hatinya hancur-cur berkeping-keping-ping. Ramainya jalanan terasa sepi dan segarnya udara pantai serasa panas. Tidak ada lagi keceriaan dan keindahan yang terlihat di matanya. Hijau pepohonan yang rindang menaungi jalanan seakan-akan tidak ada artinya. Hatinya benar-benar telah hancur-cur berkeping-keping-ping.

Setibanya di rumah, tidak jauh dari timpatnya tinggal, terdengar gemuruh suara tangis. Rupanya ada tetangga yang  baru saja keluarganya  meninggal akibat kecelakaaan. Kepalanya pecah, tangan dan kakinya patah. Istri dan anak-anaknya meraung-raung memeluk jasad ayahnya yang terbujur kaku mematung.

Tanpa merasa perlu melepas lelah udin kembali melangkah, kerumah tetangga yang terkena musibah. Dengan penuh ramah si udin menerobos masuk, duduk tepat di belakang janda muda yang malang itu. Sambil menepuk-nepuk bahunya dengan lembut udin berkata "Sudahlah jangan SEDIH, jangan menangis. Mungkin memang suratan takdir suamimu mati di ujung setir. Lebih baik kita doakan, semoga arwah suamimu diterima dengan layak di sisi tuhan, diampuni dosa-dosanya, kebajikannya dilipat gandakan, Alfatihah.....

Udin yang baru saja sedih tertimpa duka akibat putus cinta, memimpin yasin dan tahlil diikuti oleh seluruh keluarga dan para tetangga. Gemuruh tangis berganti  do'a, yasin dan tahlil  mengalun pilu. Mentelanjangi setiap keangkuhan hati yang hadir waktu itu. Kemana KESEDIHAN udin berlalu...?

UDIN bersedih hanya ketika ia membayangkan UMAM lebih beruntung darinya mendapatkan cinta elik. Tapi manakala ia melihat tetangganya berdarah-darah dengan musibah yang lebih parah, Kesedihan udinpun punah,bahkan dia mampu meneguhkan hati tetangganya yang terkena musibah. 

Inilah yang saya maksud dengan MANAJEMEN Kesedihan. Kemampuan seseorang mengelola musibah menjadi berkah. Merekayasa kesedihan menjadi kekuatan yang tidak terbayangkan. Ini hanya mungkin terjadi apabila kita rajin mengasah diri. Menggunakan mata, kuping dan hati untuk melihat, mendengar dan merasakan penderitaan orang lain, yang kadang lebih memilukan ketimbang yang kita rasakan.


ان يمسسكم قره فقد مس القوم قره مثله
وتلك الأيام نداولها بين الناس وليعلم الله الذين أمنوا ويتخد منكم شهداء

Jika kamu merasa terluka, ketahulai orang lain juga merasakan luka serupa. Semua itu sengaja Allah gilirkan di antara manusia. Agar Allah Tahu siapa diantara kamu yang beriman dan siapa pula yang layak disebut Pahlawan (Ali Imran 140)

Jika orang lain juga terluka, kenapa kita merasa dianiaya. Jika yang lain pernah Kalah, kenapa kita  merasa rendah. Jika orang lain juga sedih, kenapa kita harus selalu merasa ditindih.

Kata orang hidup hanyalah panggung sandiwara, dan kitalah pembuat skenario dan ceritanya. Jika cerita yang kita torehkan hanyalah kepedihan,maka selamanya kehidupan kita akan dibalut kesedihan. akantetapi apabila lakon yang kita mainkan adalah adegan yang membahagiakan, siapa bilang kita tidak bisa kegirangan.

ولاتهنوا ولاتحزنوا وانتم الأعلون ان كنتم مؤمنين

Janganlah kamu merasa lemah, jangan pula bersedih hati. Engkaulah yang tertinggi jika kamu percaya diri (Ali Imran 139)

Ahirnya kitapun harus yakin, bahwa Allah tidak akan pernah menimpakan kesulitan apapun,kecuali pada saat yang bersamaan Allah juga menganugerahkan kemampuan untuk melewatinya. 
Mulai detik ini, marilah lupakan segala kepedihan, raihlah kebahagiaan.
Selamat berjuang
Semoga Allah Juga senang. Amin

Teruntuk Anakku
USMAN HAJI NASHRULLAH

Keterangan, Terjemah ayat sedikit modifikasi sesuai kata hati







Posting Komentar untuk "MANAJEMEN KESEDIHAN"