Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Remaja, Yang Memiliki Kreativitas Tanpa Batas

sabdarianada.co.id - Masa remaja adalah masa pencarian Jati diri yang dimana setiap langkah hidupnya akan mulai dinilai oleh orang-orang dewasa.
Remaja dan Kreativitas
Foto: Susi Herawati (XII IPA)

Menurut ilmu Psikologi Ada beberapa fase perkembangan hidup manusia 

Tahap Bayi

Dimulai dari Tahap Bayi yang menjadi dasar dalam memandang kehidupan selanjutnya, jika pada waktu bayi lingkungan bersikap ramah dan positif maka memori ingatan sang bayi akan merekam bahwa dasar dari kehidupan adalah baik sehingga memiliki rasa percaya diri dalam persiapan menjalani hidup.

Namun sebaliknya, jika gagal pada fase ini maka bayi akan memiliki kesimpulan bahwa kehidupan itu adalah tempat yang mengecewakan.

Fase Kanak-kanak

Selanjutnya adalah Tahap masa kanak-kanak, yang disaat itu adalah masa latihan dalam melengkapi pondasi hidup, latihan berjalan, berbicara, makan dengan tangan sendiri hingga latihan mengendalikan diri tentang pemahaman sesuatu yang menurut orang dewasa dianggap benar atau salah.

Pada masa kanak-kanak ini pula akan tumbuh rasa ingin tahu, rasa malu dan keragu-raguan terhadap apa yang akan dia lakukan, sehingga peran orang dewasa sangat diperlukan untuk memantabkan rasa percaya diri terhadap hal positif yang dia lakukan.

Masa Remaja

Fase ini sudah lepas dari masa anak-anak namun masih belum masuk pada tahap dewasa atau masa remaja ini lebih tepatnya disebut masa-masa pencarian jati diri, belajar hidup secara sosial, senang berinteraksi dengan orang lain lebih-lebih pada lawan jenis dan setiap tingkah laku remaja sudah mulai dipandang dari sudut moral oleh orang dewasa.

Pada fase ini juga biasanya mereka mengalami kebingungan dalam memainkan peran dalam kehidupan serta memiliki sifat yang sangat idealis sehingga dalam hal kreativitas terkadang mereka sangat sukses hingga melebihi orang dewasa.

Misalkan pada karya lukis dibawah ini, Remaja sangat leluasa berkreasi dalam menyalurkan bakat.

Sebuah apresiasi tinggi harus disampaikan oleh orang-orang dewasa terhadap remaja sehingga bakat mereka dapat terus dikembangkan dan dapat menjadi inspirasi bagi remaja yang lain.
Kreativitas tanpa batas
Dalam segi pergaulan pada masa remaja ini juga menjadi penentu masa depan mereka, jika mereka bisa diarahkan pada pergaulan positif maka kedepannya mereka akan berperilaku hidup positif, atau sebaliknya.

Remaja mulai kenal cinta, kesetiaan dan romatisme. dalam hal kesetiaan, remaja akan mempertaruhkan kesetiaannya terhadap orang yang dicintainya sekaligus sebagai pembuktian bahwa dia memiliki rasa cinta yang begitu hebat.

Fase Dewasa

Yang terakhir adalah Fase Dewasa,  pada tahap ini seseorang sudah mulai matang dalam berbagai hal, ia akan menyikapi sesuatu secara bijaksana.

Kehidupan tahap dewasa lebih banyak terfokus pada sesuatu yang bermakna, Kekuasaan, Keluarga, Sosial dan pekerjaan.

Kesimpulan

Masa-masa pembekalan hidup ternyata berada pada masa anak-anak dan remaja, sehingga tidak heran pemerintah kemudian memperhatikan masa perkembangan ini dengan sistem pendidikan hidup yang bernama Sekolah.

ini tidak lain karena pada tahap / masa sekolah (anak-anak dan remaja) adalah masa penentuan terhadap masa depan mereka.

Posting Komentar untuk "Remaja, Yang Memiliki Kreativitas Tanpa Batas"