Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SANTRI vs TGT

Oleh : Anwar Nuris*
sabdarianada.co.id. Eeeetss……!!! Jangan salah paham dulu..!! TGT bukanlah nama singkatan dari nama orang atau nama – nama benda lainnya. 
*Anwar Nuris, Keyboardnis Sabrina Albnjari. Staf TU MA. Sabda Ria Nada. 
Mahasiswa Fak. Da`wah UNUJA Paiton Probolinggo.


TGT merupakan singkatan dari bahasa Madura yakni (Tel Ghetel ) alias gatal –gatal. Itulah istilah yang kerap di ucapkan oleh para santri lebih – lebih di PONPES Sabda Ria Nada yang merupakan pesantren Vaforit  di daerah sumbermalang dan sekitarnya. 

Gatal – gatal bukanlah penyakit mistis yang tidak terjangkau oleh akal manusia. Gatal – gatal merupakan penyakit kulit yang sering kali menyerang bagi seseorang yang memiliki kekebalan tubuh sangat rendah. 

Namun sampai saat ini masih menjadi tanda Tanya ?? bagi setiap santri pondok, Baik dalam pondok pesantren dalam lingkup besar ataupun kecil. “ kenapa siih anak pondok di kerumuni gatal – gatal ??“ itulah pertanyaan yang sering di lontarkan santri pondok. 

Dengan enteng pertanyaan tersebut dijawab oleh santri Sabda Ria Nada “Mondhuk ta’ essa mon ta’ temmoh Tel GheTel“(“mondok tidak asyik apabila tidak di kerumuni gatal – gatal “). Itulah semboyan santri PONPES SabdaRia Nada. Korang tel ghetellah

Memang semboyan ini agak sedikit aneh bagi kita yang kurang paham maknanya. Maksud dari semboyan tersebut santri PONPES Sabda Ria Nada mengingatkan kepada santri yang lain bahwa melalui penyakit gatal kulit, Semmat ( bisulan), panu, dan semacamnya, Allah Subhanahu Wata’ala memberikan ujian kepada santri pondok. Seberapa kuat ia berjuang FIISABILILLAH..?, seberapa banyak ia berkorban DEMI ILMU ALLAH..?, dan akankah ia setia kepada Kiai, ustad/zah, dan pesantren yang ia tempati. 

PENYEBAB ADANYA TGT ( GATAL– GATAL ) di lingkungan Sabda Ria Nada

  1. Adanya pencemaran air yang terjadi saat musim penghujan. Hal ini  akan menyebabkan kulit gatal, alergi, dan semacamnya.
  2. Mebiarkan pakaian berserakan dimana – mana dan meninggalkannya sampai terkena hujan lalu dipakai kembali.
  3. Jarang mandi atau sering disebut melestarikan budaya kebarat-baratan.
Sabda Rosulullah, SAW dalam kitab lubabul hadits : “ setiap penyakit pasti ada obatnya dan obatnya dosa – dosa adalah istighfar”. 

Diilhami hadis tersebut  kami akan membagikan obat gatal – gatal ala Santri PONPES Sabda Ria Nada.

  • Makan pucuk daun papaya selama satu minggu rutin dengan cara direbus sampai matang.
  • Mentimun. Gunakan mentimun sebagai penghilang gatal pada kulit dengan cara menumbuknya sampai halus lalu balurkan pada kulit yang terasa gatal. 
  • Tirakat putih alias MOTE ( makan nasi doang sama tahu). Tirakat ini dilakukan untuk menghilangkan gatal-gatal yang disebabkan alergi makanan.
  • Belajar hidup sehat dan olah raga dengan teratur.
Semoga bermanfaat aamiiin pendekar kelana SabdaRia Nada

Posting Komentar untuk "SANTRI vs TGT"