Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SUASANA DI KOTA SANTRI

www.sabdarianada.co.id
suasana di kota santri asik senangkan hati

sabdarianada.co.id. Pengalaman merupakan guru terbaik dan ilmu yang sangat berguna bagi kehidupan. Setiap orang pasti mempunyai pengalaman, baik pengalaman yang paling menyenangkan ataupun Pengalaman yang sangat buruk. Akan tetapi ada Pengalaman yang paling menyenangkan, paling asyik, paling...??? Pokoknya paling-paling dechh.....

Pengalaman ini hanya dirasakan bagi anda yang pernah mondok. Dimanapun anda mondok yang dirasakan pasti tidak akan jauh berbeda dengan yang lain. Ketika mondok suasana apapun dirasakan susah, senang, suka dan duka.

Senangnya Ketika mondok yang pertama jika ada salah seorang teman santri yang manggil dengan kata seperti ini " ehhh..Kamu dipanggil orang tuamu tuhh..di POS.. " kalok sudah ada yang bilang seperti itu, Tidur nyenyak pun akan lanhsung trbangun, karena tidak salah lagi itu pasti KIRIMAN".
 kedua begitu ada KIRIMAN biasanya santri yang dikirim dibawakan nasi serta lauk-pauk yang jarang dinikmati di pondok. Naahh..setelah itu semua santri yang tinggal dalam satu kamar berkumpul kemudian " MABA" alias Makan Bareng.

www.sabdarianada.co.id
Suasana "MABA" di PONPES SABDA RIA NADA

Anehnya Makan di rumah dengan Makan dipondok, rasanya berbeda sekali dan lebih enak Makan di pondok bersama teman-teman senasib seperjuangan. Sekalipun lauk-pauknya hanya tahu, tempe+ sambal, dan tak jarang alas nasi yang digunakan hanyalah daun pisang, itupun tidak dapat mengurangi nafsu makan dan suasana kebahagiaan. Ketiga Kebahagiaan tiada tara juga dirasakan disaat belajar bersama, ngaji bersama dan melaksanakan shalat berjama'ah.

Selain merasakan kebahagiaan, berada di pondok pesantren juga pasti merasakan kesediahan. Tetapi jika dibandingkan masih lebih banyak bahagianya ketimbang sedihnya. Karena sekalipun sedih masih banyak teman-teman yang lain untuk menghibur dan menghapus kesedihan yang ada.



TUJUAN MONDOK
1. Mencari ILMU dan memperdalam ilmu AGAMA
2. Belajar AHKLAQ dan tatakrama yang baik
3. Belajar hidup MANDIRI ( mandi sendiri, nyuci sediri, mengatur uang belanja sendiri )
4. Memperbanyak teman

MANFAAT MONDOK
  1.  Menjauhkan diri dari pergaulan bebas
  2. Lebih fokus di dalam mencari ilmu
  3. Lebih mengerti ilmu AGAMA
  4. Ibadah terjaga, Biasanya jika tidak mondok untuk mengerjakan shalat yang lima waktu saja malas-malasan apa lagi belajar. dengan mondok ibadah akan selalu terjaga. karena apa bila ada sala satu santri yang malas-malasan ketika sampai waktu shalat, akan ada petugas KEAMANAN membawa sepotong runcing bambu yang akan digunakan untuk membangunkannya. '' Jangan salah paham....yang dipukul bukan orangnya koc..!! Tapi petugas keamanan tersebut akan memukul pintu atau lemari. " DHAAAR...DHARR..DHAAARR.." bunyi pintu dipukul. " Bangun...bangun...Shalat subuh" Suara petugas keamanan membangunkan santri. dengan demikian santri akan terbiasa melaksanakan shalat tepat pada waktunya.
  5. Banyak teman yang akan berbagi ilmu dan pengalaman. 
  6. Berada di pondok pesantren akan terbiasa hormat kepada yang lebih tua, terutama kepada Guru beserta Orang Tuanya.
Masih banyak lagi manfaat MONDOK yang sangat berguna begi kehidupan dunia dan akhirat. Makanya " AYO ...MONDOK "....!!

www.sabdarianada.co.id
Vokalis Sabrina Al-banjari


Semoga Bermanfaat....

Oleh : Alumni PONPES SABDA RIA NADA


Posting Komentar untuk "SUASANA DI KOTA SANTRI"