Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HUMOR SEORANG MURID DAN GURUNYA


www.sabdarianada.ci.id
kegiatan belajar ntuhgaji di pp.sabdarianada
sabdarianada.co.id Suatu ketikan ada salah seorang murid yang ingin belajar ngaji kepada salah seorang GURU ngaji yang sangat senang dengan HUMOR. Sepeti biasa proses belajar mengaji dilangsungkan sesudah selesai shalat magrib sambil menunggu waktu 'Isyak. Singkat cerita..disaat belajar ngaji, gurunya menunjukkan jari telunjuknya tepat pada huruf alif (ا) " ini dibaca apa nak...?" Tanya gurunya. " ini di baca (A...) pak guru.." jawab murid nya. Kebetulan murid tersebut masih belajar huruf hijaiyah yang masih berharokat fathah.

"..pinter.. pinter.." ucap gurunya. Setelah itu gurunya menunjuk kepada huruf (ب،ت،ث ) dan seterusnya dan sampailah kepada huruf (ص ) sambi menunjuk huruf (ص ) gurunya bertanya lagi " kalok yang ini..bacaan apa naaak..?". " ini bacaan ( dhoo..) pak GURU"jawab muridnya. " lho..bukan nak... ini bukah bacaan (dho..)" ucap gurunnya. Kemudian murid tersebut kebingungan karena gurunya bilang salah. " hayo..di ingat-ingat..ini bacaan apa..?" Lagi-lagi gurunya bertanya. Murid tersebut Semakin kebingungan karena ditanya lagi oleh gurunya.

 Kemudian di sela-sela berfikir, murid tersebut teringa kepada salah satu teman ayanya yang bernama ( Sho..), " saya sudah ingat..ini..bacaan apa pak...!!" Ucap muridnya penuh dengan rasa gembira. "Iyaa..ayoo ini apa..? "Tanya Gurunya. " ini..teman ayah saya..pak.." jawap muridnya. " lhaa..kok bisa teman ayah kamu..?" Tanya gurunya penuh kebingungan. " lhaa..iyya pak, teman ayah saya namanya (Santosho dipanggil "Sho"..) kan, ini bacaan (sho..) pak..!" Jawab muridnya. Kemudia gurunya tertawa terbahak-bahak "hahaha....ha..". Murid tersebut keheranan dan bertanya " lhoo..kok sampean ketawa pak..?". "Dak papa..kamu benar sekali..nak..tapy kayaknya kamu sekarang kecape' an dech..kamu perlu istirahat nak..". ucap gurunya sambil tersenyum. " hehe..iya dah pak". Jawab lugu muridnya.

Bgitulah kira-kira humor pemikiran murid tersebut di saat belajar mengaji.

ulama' ahli humor

Humor merupakan hal yang paling asyik untuk disampaikan. karena tanpa humor apa-apa akan menjadi menegangkan dan kurang enak kedengarannya, Suatu contoh di dalam berpidato dan mengajar. memang benarnya berpidato dan mengajar adalah sesuatu yang serius dan tidak boleh main ketika menyampaikan suatu materi. Akan tetapi humor merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk membangkitkan semangat orang-orang yang kita hadapi.

 selain sebagai pembangkit semangat seseorang ketika sudah lessu humor juga bertujuan sebagai penghibur lara disaat seseorang dalam keadaan sedih. Kebanyakan para Kiyai di indonesia yang kaya akan Humor, karena dengan berhumor akan mempermudah Audien atau Mad'u untuk menerima segala sesuatu yang di sampaikan oleh seorang Kiyai. memang ada pula orang yang tidak senang akan humor, mereka beranggapan bahwa humor tidak boleh disampaikan dalam suatu hal yang serius seperti berpidato atau mengajar. Padahal Semakin sulit seseorang menerima Humor akan akan semakain rendah kcerdasan emosionalnya.

 Sering kali terjadi dalam sebuah pengajian atau proses belajar mengajar Kebanyakan audiennya memgantuk di saat acara sedang berlangsung. Hal tersebut bisa saja terjadi karena seorang da'i yang menyampaikan materi terlalu serius, monoton atau bahkan terlalu menegangkan. Materi apapun yang disampaikan sekalipun temanya sangat menarik tanpa Humor, kurang begitu segar penyampaian dan kedengarannya.


Semoga ada man faatnya..

Oleh: Anwar Nuris

Posting Komentar untuk "HUMOR SEORANG MURID DAN GURUNYA"