Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SATU AYAT SERIBU MANFAAT


www.sabdarianada.co.id
karya siswa siswi jaman now

بسم الله الر حمن الر حيم

sabdarianada.co.id Rosulullah SAW bersabda :

" sesungguhnya Allah, mahasuci Allah dan maha tinggi telah menghiasi langit dengan bintang-bintang, dan menghiasi malaikat dengan malaikat jibril, dan menghiasi surga dengan bidadari-bidadari dan istana-israna, dan menghiasi para nabi dengan nabi MUHAMMAD SAW, dan menghiasi hari dengan hari jum'at,  dan menghiasi malam dengan malam lailatul qodar, dan menghiasi bulan dengan bulan romadon, dan menghiasi masjid dengan ka'bah, dan menghiasi kitab dengan Al-qur'an, dan menghiasi Al-qur'an dengan BISMILLAHIRROHMANIRROHIIM".

 Seluruh kandungan rahasia Al-qur'an terdapat dalam surat Al-fatiha, dan Seluruh kandungan surat Al-fatiha terdapat di bacaan بسم االله الر حمن الر حيم ayat yang mengandung banyak manfaat adalah bacaan basmalah. Namun banyak orang yang masih belum mengetahui Tentang keutamaan membaca basmalah. padahal Rosulullah SAW sangat menganjurkan kepada ummat islam agar memulai segala sesuatu yang baik dengan membaca “bismillahirrohmanirrohim”. Karena pekerjaan yang tidak diawali dengan bacaan basmalah akan mudah dipengruhi syetan.

pada suatu hari Rosulullah SAW sedang duduk menyaksika seorang laki-laki tengah makan. tiba-tiba Rosulullah tertawa. karena Rosulullah tertawa hanya karena melihat seorang laki-laki itu tengah makan, para sahabat heran mengapa Beliau tertawa.? kemudian Rosulullah menjelaskan bahwa saja beliau baru saja melihat setan muntah-muntah akibat sebuah bacaan singkat.

bacaan singkat apakah itu..?? bacaan itu adalah بسم االله الر حمن الر حيم . ketika seseorang makan dan tidak membaca basmalah, setan akan ikut makan bersamanya dan menikmati makanan tersebut. sehingga orang tersebut makan dengan lahap dan tak seperti biasanya.


Abu daud meriwayatkan dalam sunannya : 

“ Dari Umayyah bin makshiy-yakni salah seorang sahabat Rosululla SAW. Ketika Rosulullah SAW duduk, ada seorang laki-laki yang makan, dan ia tidak membaca basmalah hingga makanannya hampir habis tinggal satu suapan. Lalu ketika ia memasukkan suapan itu ke mulutnya ia (ingat) dan membaca”  بسم الله الر حمن الر حيم اوله واخره“. Rosulullah SAW lantas tertawa . kemudian beliau bersabda : “ syetan masih terus makan besamanya, tapi ketika ia membaca basmalah syetan langsung memuntahkan apa yang ada diperutnya. ( HR. Abu Daud ).

Dari hadits di atas sebagian ulama’ menganjurkan apa bila seseorang lupa membaca basmalah ketika makan dan baru ingat ketika di tengah-tengah makan, hendaklah orang tersebut membaca basmalah dengan menambahkan “awwaluhuu wa aakhiruhu”.

www.sabdarianada.co.id
makan dengan membaca bismillah pasti barokah


selain itu membaca بسم اللهالرحمب الرخي juga dapat menghapus semua dosa-dosa sesuai dengan sabda rosulullah dalam kitab LUBABUL HADITS

من قل بسم ا لله ا لرحمن الر حيم مرة لم يبق من ذ نوبه ذ رة

"Siapa saja yang membaca bismillahirrohmanirrohim satu kali maka tidak akan tersisa dari dosa-dosanya 1 biji debu pun".

Syetan akan hancur ketika dibacakan basmalah:


ما من عبد يقول بسم الله الر حمن الر حيم الاذاب الشيطن كما يذوالر صاص عل النار

" tidak ada satu orang hambapun yang mebaca BISMILLAHIRROHMANIRROHIIM kecuali hancurlah Syetan sebagaimana timah diatas api". 

Dan barang siapa membaca بسم الله الر حمن الر حيم وصل الله عل سيد نا محمد وعل اله وصحبه وسلم maka Allah akan mengangkat wakil dari para malaikat untuk mencegah orang yang akan melakukan ghibah.Sehingga tidak ada orang yang ghibah padanya.


Masih banyak keutamaan membaca basmalah yang terdapa dalam hadits-hadits Rosulullah SAW. Maka dari itu hendaklah kita mengawali setiap sesuatu dengan bismillaah, dan insyaallah hasilnya pasti berkah...



Semoga bermanfaat...


Oleh: Anwar Nuris





Posting Komentar untuk "SATU AYAT SERIBU MANFAAT"