Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UNBK sudah tidak MENEGANGKAN LAGI

sabdarianada.co.id. Pernyataan setiap pengalaman baru selalu menegangkan, ternyata tidak sepenuhnya benar. Ada juga lho pengalaman baru yang tidak menegangkan malah menggelikan.
Sebagian Peserta UAMBN-BK MTs. Sabda Ria Nada
Kenyataan seperti ini dialami oleh peserta UAMBN-BK (Ujian Ahir Madrasah Berstandar Nasional dan Berbasis Komputer) MTs. Sabda Ria Nada Sumbermalang di hari ketiga, Rabu 4 April 2018. Betapa tidak menggelikan, baru berlangsung 5 menit sesi kedua  dimulai, tiba-tiba ada bau asing berseleweran di dalam ruangan yang seteril dari asap keminyan itu. Baunya sangat Khas, sedikit apeg kekecut-kecutan.
Kontan saja seluruh peserta tolah-toleh mencari sumber bau itu bersal. "Heeeeh, Zeeeliii", sergah salah seorang peserta sambil menutup hidungnya sembari menudingkan  salah satu telunjuknya ke arah Zeli yang mulai tadi terlihat gelisah menahan sesuatu. "Huuuuuu" teriak peserta yang lain serempak. Ruang Ujian menjadi gaduh. Masing-masing peserta serasa ingin menghakimi Zeli yang tetap memperlihatkan wajah tidak berdosa.
"Sudah-sudah tenang, hirup ramai-ramai biar cepat hilang", salah seorang pengawas ruang berusaha menenangkan suasana. "Zeli roceh (curang) pak, dia memang sering begitu kalau di kelas", salah seorang peserta memberikan kesaksian. " Etembeng sake' Tabuk (Ketimbang sakit perut) jawab Zeli tenang.
Pelaksanaan UAMBN-BK MTs. Sabda Ria Nada
Rangkaian Pelaksanaan UNBK yang belakangan ini mulai viral di berbagai Media, memang menyisakan suka duka yang beragam bagi para perserta dan  sekolah penyelenggara. Tidak sedikit sekolah yang terpaksa harus menggabung dengan sekolah lain, karena ketersediaan jaringan dan peralatan yang belum memadai. Ada juga Proktor dan Teknisi sekolah penyelenggara yang terpaksa pulang hingga larut malam, karena proses pengiriman hasil pekerjaan siswa ke server pusat mengalami kesulitan. Seperti yang terjadi pada hari Kamis, 29 Maret kemaren, Ketika UAMBN-BK  Tingkat Madrasah Aliyah (MA) untuk mata Pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) berlangsung, ada beberapa sekolah di Kabupaten Situbondo, yang mengalami kesulitan pada proses pengiriman hingga larut malam.
Ujian Ahir Madrasah Berstandar Nasional dan  Berbasis Komputer (UAMBN-BK) dilaksanakan berdasarkan SK Dirjen Pendais No. 181 Tahun 2018 Tentang Prosedur Operasional Standar Ujian Ahir Madrasah Berstandar Nasional. Sebagaimana UNBK,  UAMBN juga dilaksanakan dalam dua model. Menggunakan Komputer yang selanjutnya disebut UAMBN-BK bagi Madrasah yang dianggap mampu dan memenuhi syarat,  dan Menggunakan Kertas dan Pensil (UAMBN-PK) bagi madrasah lain yang belum siap.
Penggunaan Komputer dimaksudkan untuk mengadaptasikan Madrasah dengan Perkembangan Zaman sebagai pengejewantahan Motto Madrasah, "Madrasah Lebih Baik, Lebih baik Madrasah".  UAMBN dilaksanakan khusus untuk mengetahui penguasaan peserta didik terhadap bidang-bidang Pengetahuan Agama meliputi; Alqur'an Hadits, Aqidah Ahlaq, Fiqih, SKI dan Bahasa Arab, dengan jumlah soal 40 untuk Bahasa Arab, dan 50 soal untuk Pelajaran lainnya.  
Siswa yang dinyatakan lulus akan memperoleh SKH-UAMBN sebagaiman Peserta UN akan mendapatkan SKHUN. Dengan demikain semua siswa Madrasah yang telah dinyatakan lulus dari satuan Pendidikan tertentu (MI,MTs,MA, dan MAK) akan mendapatkan tiga setifikat. Ijazah, SKHUN dan SKH-UAMBN.
UAMBN-BK untuk tingkat MTs dilaksanakan Mulai senin-Jum'at, 2-6 April 2018 , sedangkan untuk Tingkat MA dan MAK dilaksanakan mulai tanggal 26-31 Maret 2018 kemaren. Ahirnya model apapun yang dilaksanakan oleh masing-masing Madrasah, semoga saja menjadi tambahan pengetahuan dan Pengalaman baru bagi seluruh siswa. Karena Pengalaman adalah Guru yang paling berharga.
Satu yang Pasti, Sekolah manapun tidak ada yang mampu mendewasakan Manusia. Setiap siswa harus selalu aktip secara mandiri mendewasakan dirinya setelah kembali kepangkuan Keluarga dan Masyarakatnya.
Selamat berjuang 
Semoga Allah membimbing kita semua, Amin


Teruntuk saudaraku
Peserta UAMBN-BK dan UNBK MTs. dan MA. Sabda Ria Nada 
Sumber : Panduan Penggunaan Aplikasi UAMBN-BK Kamenag RI 2018

Posting Komentar untuk "UNBK sudah tidak MENEGANGKAN LAGI"