Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

YANG HILANG AKAN KEMBALI PULANG

sabdarianada.co.id. Seorang sufi berkebangsaan turki AHMED HULUSI, penulis buku Mohammed's ALLAH;Allah as Introduced by Mohammed, Idisi Bahasa Indonesianya diterbitkan oleh AUM Publising Surabaya pada Tahun 2007 dengan Judul Misteri Allahnya Mohammad. Pada bagian penutup bukunya tersebut beliau menulis, "Ketahuilah bahwa Rabb (Tuhan)  anda menunggu Anda. Dan pintu Hu terbuka untuk anda. Tidak penting siapa diri anda, apapun yang anda lakukan dan kepercayaan manapun yang anda ikuti.

Bahkan jangan bertanya di mana Pintu Rabb berada. Pintu itu berada di dalam diri Anda, di dalam hati anda. Di balik pintu yang terbuka untuk anda, dari dalam diri Anda sendiri. Pintu itu adalah Pintu DO'A dan DZIKIR, sebuah pintu yang terbuka untuk anda, dari dalam Hati Anda.Inilah pintu yang menghadap ke Rabb anda dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan Anda.

Kemudian mintalah apapun yang anda inginkan dari Hu. Teman anda, Pekerjaaan Anda, Makanan Anda, Majikan Anda, atau bahkan penyembuhan Anda. Ketahuilah, bahwa konci yang unik untuk membuat anda menjangkau semua keinginan dan Kebutuhan itu adalah DO'A dan DZIKIR". 

Wauu, usaha pencerahan yang sangat luar biasa. Persoalan ini sudah lama kita Pahami, tapi jarang kita sadari. Adanya potensi luar biasa, yang sudah lama ada, tidak perlu dicari kemana-mana, karena adanya di dalam diri kita sendiri. Potensi DZIKIR dan DO'A, penampakan wajah Tuhan di dalam diri kita sendiri, untuk membatu kita mewujudkan semua mimpi menjadi nyata.

 DZIKIR dan DO'A, yang jauh menjadi dekat, yang samar menjadi terang, yang hilang akan kembali pulang, bahkan yang mustahilpun menjadi nyata. Jika potensi luar biasa ini  kita maksimalkan pemanfaataanya, akan banyak hal yang bisa kita lakukan sendiri, tanpa terlalu sering memerlukan keterlibatan orang lain. Bahkan dengan DZIKIR dan DO'A, kita tidak hanya mampu mengatasi kemelut kita sendiri tapi juga kemelut orang lain di sekitar kita.

Inilah mungkin yang dimaksud Allah di dalam Alqur'an
كم من فئة قليلة غلبت فئة كثيرة باذن الله
"Tidak sedikit jumlah yang kecil mampu mengalahkan jumlah lain yang lebih besar".

Dalam Riwayat Ahmad, dari Anas bin Malik Rasulullah juga bersabda,
ﺍﺗﻖ ﺩﻋﻮﺓ ﺍﻟﻤﻈﻠﻮﻡ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻛﺎﻓﺮﺍ ﻓﺈﻧﻪ ﻟﻴﺲ ﺩﻭﻧﻬﺎ ﺣﺠﺎﺏ
" Takutlah kamu terhadap doa orang yang teraniaya sekalipun dia  orang kafir. sesungguhnya Doa mereka tidak ada penghalang".

DO'A dan DZIKIR mampu menjadikan yang besar menjadi kecil, yang kuat menjadi lemah, yang takut menjadi berani, yang teraniaya memiliki tenaga. Siapa yang menduga WTC yang berlapis baja dengan sistem pengamanan yang super digdaya, hanya dalam hitungan menit mampu diruntuhkan hanya oleh 5 orang?

MANUSAIA HARUS BERDOA DAN BERDZIKIR
Ibarat Air, manusia adalah Ikannya, dan Air adalah DO'A dan DZIKIRNYA. Sebagaiman ikan yang tidak bisa hidup tanpa Air, maka manusiapun tidak akan bisa Hidup tanpa Do'a dan Dzikir. Kendati bisa hidup biasanya tidak sehat, dan tidak bisa bertahan lama. 
Sebagaimana Tubuh Jasmani yang membutuhkan makan, minum, pakaian dan tempat Tinggal, maka tubuh Rohani juga membutuhkan Do'a dan Dzikir sebagai makananya, minumnya, pakaiannya sekaligus tempat tinggalnya. Demikian pula, tubuh jasmani akan menjadi kurus dan sakit-sakitan apabila kurang makan dan Minum, maka Tubuh Rohani juga akan menderita hal yang sama, kurus kering, sakit-sakitan, bahkan Gila apabila kurang Dzikir dan Doanya.

Seperti halnya makanan Tubuh jasmani yang sebagian besar terbuang menjadi kotoran (keringat, kencing dan berak)  karena sudah tidak diperlukan, Maka makanan rohanipun demikian, kadang banyak yang terpaksa dibuang, karena sistem pencernaan perut rohani sudah tidak membutuhkan, akibat makanan tersebut sudah tercemari oleh  riya' Sum'ah, ujub, Takabbur, hasad dan penyakit-penyaki hati lainnya.

Oleh karena tubuh Rohani manusia jauh lebih kompleks, ada Roh, Akal, Qolb dan Nafsu, maka kebutuhan asupan Gizi Do'a dan Dzikir manusia jauh lebih banyak dibandingkan kebutuhan makan dan minumnya. Makanya ketika Allah memerintahkan berdzikir selalu disertai dengan kalimat sebanyak-banyaknya. Sebaliknya kitika Allah memerintahkan bekerja untuk memenuhi  kebutuhan makan dan Minum, Allah pasti menyertakan kalimat sebaik-baiknya. 
Perhatikan dua Ayat di bawah ini
يأيها الذين أمنوا اذكروا الله ذكرا كثيرا
ًWahai orang-orang yang beriman, berzikirlah kamu kepada Allah dengan Zikir ynag sebanyak-banyaknya (Al-Ahzab. 41)
الذي خلق الموت والحيوة ليبلوكم ايكم احسن عملا
Dialah ( Allah ) yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapakah diantara kamu yang paling baik Amalnya ( Almulk:2)

Doa adalah kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Selain itu doa juga merupakan suatu cara atau jalan agar manusia bisa selalu ingat kepada tuhannya. Maka secara tidak langsung doa merupakan dzikir kepada Allah SWT, demikian pula sebaliknya, orang berzikir sejatinya juga berdoa tapi secara halus. 
Sebagian ulama' membagi Do'a menajdi dua bagian. Ada Doa yang berarti permohonan, ada juga yang berarti Pujian. Do'a yang  berarti pujian inilah yang disebut Zdikir. Contoh misalnya kita membaca Ya Rahman Ya Rahim, lisan kita sedang memuji Allah sebagai Zat yang maha kasih sekaligus maha sayang, tapi di hati kita yang paling dalam, sebenarnya kita sedang berharap limpahan kasih sayang Allah.

Namun demikian, antara Dzikir dan Do'a tetap saja ada perbedaannya,  baik dari segi definisi maupun  segi-segi lainnya. Dari segi definisi  doa adalah permohonan hamba kepada TuhanNya, sedangkan  Dzikir adalah ucapan maupun perbuatan hamba yang dilakukan dalam rangka mengingat Allah. Yang dimaksud dengan ucapan dalam dzikir, misalnya membaca Tahlil, Tahmid, Tasbih, Hauqalah atau bacaan-bacaan lainnya. 

Adapun yang dimaksud  perbuatan dzikir adalah segala gerak jiwa dan raga manusia yang tujuannya untuk ta’at kepada Allah SWT. Menurut Arifin Ilham, Dzikirnya hati adalah ingat, Dzikirnya Akal berfikir, Dzikirnya mulut mengucap, Dzikirnya Tangan Shadaqah, Dzikirnya telinga mendengar ayat-ayat Allah, dan Dzikirnya mata menetes. 

Selanjutnya, dari segi waktu dan tempat, dzikir tidak terbatas waktu dan tempat. Pelaksanaan Zikirpun bisa dalam segala rupa keberadaan kita. Duduk, berdiri, berjalan bahkan berbaring.

الذين يذكرون الله قياما وقعودا وعلى جنوبهم
Yaitu orang-orang yang mengingat Allah (berzikir)  baik dalam keadaan berdiri, duduk maupun berbaring ( Ali Imran :191)

Perbedaan lainnya, Do'a dilakukan oleh semua orang termasuk orang kafir dan Allah juga mengabulkan doa mereka semua. Tapi Zikir hanya dilakukan oleh orang-orang yang beriman. Atas dasar ini maka kebanyakan ulama' tetap memenangkan zikir sebagai yang lebih utama ketimbang berdoa. Oleh karena keduanya sama-sama diperintahkan, ada baiknya kita lakukan keduanya secara bersamaan, Berzikir sekaligus berdo'a atau berdoa sekaligus berzikir. Caranya dengan mengamalkan Asmaul Husna.


وَلِلَّهِ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُون

Hanya milik Allah asmaa-ul husna, Maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. nanti mereka akan mendapat Balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.(Al 'Araf :180)

قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَنَ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى وَلا تَجْهَرْ بِصَلاتِكَ وَلا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلا

Katakanlah Muhammad, Serulah Allah, atau serulah Arrahman, Dengan nama yang mana saja kamu dapat menyeru, karena dia mempunyai nama-nama yang terbaik (Asmaul Husna) dan janganlah engkau mengeraskan suaramu di dalam Shalat, dan jangan pula merendahkannya, dan usahakan jalan tengah diantara keduanya ( Al Isra 110)

CONTOH DO'A DAN ZIKIR ASMAUL HUSNA

Contoh yang akan saya kemukakan di sini di dalam beberapa Perguruan disebut Puji Dhino (memuji hari), diambil dari sebagian Asmaul Husna. Disebut Puji Dhino karena Bacaan Zikirnya berubah-ubah disesuai dengan watak hari di dalam satu Minggu. Ijazah ini saya terima dari ustad Abdul Hamid Fauzi, Pandian Paiton Probolinggo, Ustad Abdul Hamid Fauzi menerima Ijazah dari Ustad Amiruddin Jazuli madura. Ustad Amiruddin Jazuli menerima Ijazah dari Syaihuna KH. Badri Masduqi.

Kiranya tidak perlu saya jelaskan di sini  hasiat Zikir Piji Dhono ini. Karena pengalaman spritual seseorang biasanya berbeda-beda walaupun Wirid dan Zikir yang dilakukan serupa. Namun saya pastikan, jika anda Istiqamah melakukan zikir ini, dalam waktu satu minggu saja anda sudah akan merasakan sebagian hasiatnya yang sangat luar biasa. 

Jangan lupa sebelum mengamalkan zikir ini anda bertawasul dulu kepada :

  1. Bagida nabi Muhammad, SAW dan para sahabatnya
  2. Malaikat yang empat, Jibril, mikail, Isrofil dan Izroail
  3. Syeh Ahmad bin Muhammad Attijani RA
  4. Syeh Masduqi RA
  5. Syeh Haji Badri Masduqi RA
  6. Ustad Amiruddin Jazuli Madura
  7. Ustad Abd. Hamid Fauzi paiton Prolinggo
  8. Selebihnya bisa anda tambahkan sendiri terutama guru dan kedua orang tua anda
Waktu mengamalkan sesudah Ashar sebelum Maghrib atau sesudah Shalat Subuh. JIka lupa atau berhalangan, bisa diganti pada hari/malam itu juga yang penting sebelum lewat waktu Zhuhur.

AHAD    : YA HAYYU YA QAYYUUM  200X 
(يا حي يا قيوم )
SENIN   : YA RAHMAN YA RAHIIM 200X 
(يا رحمن يارحيم )
SELASA : YA MALIKAL QUDDUUS 300X   
 (يا مالك القدوس)
RABU    : YA KATSIIRU YA MUNTAHA 400X
(ياكثير يامنتهى)
KAMIS   : YA ALI YA AZDIIM 700X
(ياعلي ياعظيم )
JUM'AT : YA KAFII YA MUGHNII 800X
(ياكافي يامغني)
SABTU  : YA FATTAAHU YA RAZZAAQ 100X 
( يافتاح يارزاق )


اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Ya Allah, Tolong aku untuk SELALU  menyebut nama-Mu, bersyukur kepada-Mu dan beribadah yang baik untuk-Mu.Amin.

Teruntuk semuanya
yang masih suka membaca









Posting Komentar untuk "YANG HILANG AKAN KEMBALI PULANG"