Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BERKHIDMAT PADA LEMBAGA Bersetubuh DENGAN SEMESTA

sabdarianada.co.id. Meskipun UNBK sudah usai, Siswa kelas Akhir Sabda Ria Nada belum bisa duduk santai. Masih tersisa Empat Agenda penting yang harus mereka selesaikan. Menyelesaikan hafalan surat-surat pilihan, Safari Tarbawi (Saritabawi), Menyelenggarakan LP3 (lomba Perkemahan Putra-putri) dan Tasyakuran Tutup Tahun Pelajaran.
Selamat Datang Peserta LP3
Untuk yang pertama dan kedua, selain menjadi tugas akhir juga menjadi Syarat pengambilan Ijazah. Siapa saja yang melum menyelesaikan tugas-tugas hafalan dan Safari Tarbawi, Ijazahnya belum bisa diambil walaupun yang bersangkutan sudah dinyatakan lulus Ujian Nasional.
Rancangan Gerbang Lp3
Bagaimana jika yang bersangkutan akan melanjutkan..? Madrasah hanya menerbitkan Surat keterangan lulus dan memberikan pinjaman Copy Ijazah dan SKHUN jika diperlukan. Ijazah Asli belum bisa diterimakan sampai kedua Tugas Utama tersebut diselesaikan. Surat-surat pilihan yang harus mereka hafalkan adalah: Surat Adduha-Annas untuk tingkat MI, Juz 3o untuk tingkat MTs, Surat Yasin, Waqiah, Almulk, Arrahman dan Tahlil untuk tingkat MA dan SMK. Mereka diperkenankan menyetor tugas hafalanya mulai sejak semester I kepada Wali kelasnya masing-masing dan akan dilakukan pengulangan (Taqrar) ketika memasuki semester Akhir. 
Rancangan Menara LP3
Sedangkan SAFARI TARBAWI (Saritabawi) adalah penugasan kedaerah-daerah tertentu dengan sasaran utama Masjid-masjid di pinggiran pelosok Kecamatan Sumbermalang, mirip KKN di Perguruan Tinggi atau KHIDMATUT TARBIYAH di Pesantren-pesantren besar. Tugas utama mereka adalah memakmurkan Masjid dengan Shalat berjemaah, Tadarrus Alqur'an, Tahlil dan Rotibul Haddad serta kegiatan lain yang diperlukan sesuai dengan situasi dan kondisi pada masing-masing Lingkungan.

Untuk Tahun ini diikuti oleh 81 orang dibagi menjadi 8 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 9-10 orang, bertugas selama lima hari dengan 1 orang guru pendamping. Mereka juga membawa peralatan masak sendiri, walaupun terkadang karena kemurahan hati masyarakat, ada saja warga masyarakat setempat yang dengan suka rela membantu menyiapkan kebutuhan makan mereka. Bahkan sudah ada beberapa Ta'mair Masjid yang menyampaikan keinginannya, agar selama Ramadhan ada beberapa Santri yang bersedia dikirim untuk membantu menggairahkan Qiyamu Ramadhan.
Pembekalan Akhir peserta Saritabawi
Adapun LP3 adalah ajang penuh gengsi melibatkan kreasi Seni tingkat tinggi yang dikemas dalam acara lomba perkemahan. Tahun ini Panitia mengundang sedikitnya 25 SMA, MA dan SMK di wilayah Barat besuki, tidak ketinggalan pula SMA dan MA di tiga Pondok Pesantren Rujukan di Wllayah Probolinggo, seperti Nurul Jadid, Badridduja dan Almashduqiyah juga dijadwalkan hadir. 

Acara ini akan dilaksanakan selama tiga hari mulai hari Jum'at, 11-13 Mei 2018. Peserta tidak dipungut biaya. Panitia juga masih menyiapkan Tropy dan Piagam penghargaan bagi para Juara. Mulai dari penyusunan konsep acaranya, pengadaan dan penyiapan sarananya, seluruhnya dilakukan oleh Siswa. Para guru tinggal duduk manis, sambil sesekali bertepuk tangan, hebaaat..........!!!

Berat memang, jika dikerjakan sendirian. Akan tetapi jika dilakukan bersama-sama dengan hati gembira, semuanya akan terasa ringan. Inilah kometment yang harus mereka jalankan. Tujuannya sederhana, agar pengetahuan yang mereka dapat benar-benar mengkristal di hati dan pikiran mereka. Kemudian lahirlah semangat BERKHIDMAT yang sangat dibutuhkan dalam semua lapangan perjuangan. Mampu bersetubuh dengan seluruh SEMESTA, sehingga tidak hanya bisa hidup di bawah benderang, tapi juga sanggup mengarungi gelap gulita di manapun mereka berada.

Semangat terus Anak-anakku
Jaya terus Sabda Ria Nadaku
Mulia Seluruhnya Digdaya SELAMA, Amin

Posting Komentar untuk "BERKHIDMAT PADA LEMBAGA Bersetubuh DENGAN SEMESTA"