Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ISLAM VS TERORISME


ISLAM VS TERORISME


www.sabdarianada.co.id
Islam vs Terorisme












Duduk minum kopi atau teh sambil mengobrol tentang politik dan hukum adalah kebiasaan masyarakat Timur Tengah.


www.sabdarianada.co.id
secangkir kopi berjuta manfaan


namun kebiasaan itu seolah memudar seiring banyaknya pihak yang egois yang mengesampingkan nilai kemanusiaan demi sesuatu yang diperjuangkan yang bernama “Kemenangan” entah kemenangan versi hitungan luasnya wilayah kekuasaan, atau versi banyaknya orang yang seragam.
entahlah,,,
Seolah kebencian dengan jargon "Agama'' mudah mempengaruhi, 4 tahun sudah  Suria berantakan, Libya sampai sekarang masih berisik dengan bunyi bom. 

sehingga,,,
Islam seringkali dientikkan dengan kegiatan berbentuk pengeboman, dan tindakkan perang.
Bahkan seringkali bisa dipastikan bahwa Bom yang terjadi di Asia Tenggara beralasan“Jihad”.

Bahkan dalam beberapa film garapan anak negeri banyak diceritakan betapa buruknya citra Islam di EROPA, seolah orang berjenggot dan berhijap adalah bagian dari kaum yang berpaham “Jihad” contohnya dalam Film 99 Cahaya dari Langit Eropa garapan sutradara Guntur Soeharjanto yang mengisahakan tentang muslimah yang justru menemukan cahaya Islam di negeri yang mayoritas tidak faham bahkan memahami Islam sebagai agama Teroris dan seringkali Islam berwajah Keras dan Culas.

Mungkin keterangan dari beberapa sumber berikut bisa kembali mengingatkan kita tentang apa itu JIHAD, Nabi Muhammad bersabda :

افضل الها دان يجا هد الر جل نفسه وهواه
“Jihad yang paling utama adalah berjihad berjuang melawan hawa nafsu” (Ibnu Najjar dari Abu Dzarr).
kata Jihad berasal dari bahasa Arab yakni jahada   جا هدyang berarti berjuang atau berusaha.
Dalam konteks kehidupan sehari-sehari ialah berusaha melawan hawa nafsu yang tidak jarang berbuat aniaya, iri, dengki, dan sombong sehingga merugikan diri sendiri dan orang lain.
Bom yang kemarin meledak di Surabaya seolah mengingatkan kita kembali pada tindakan yang sama yang telah berlalu.
sejak tahun 2000 sudah tak terhitung korban yang jatuh, karena keras dan ganasnya bom yang meledak.
"pegi tadi saya sudah memerintahkan kepada Kapolri untuk mengusut tuntas jaringan prilaku dan perintahkan untuk membongkar jaringan itu sampai akar-akarnya (pernyataan Presiden Joko Widodo terkait bom di 3 Greja di Surabaya Kemarin).
Keamanan Negri Kita, Negeri Indonesia tidak hanya ada dipundak aparat penegak hukum, namun semua elemen negeri ini semuanya memiliki tangung jawabyang sama untuk saling bergandengan bersatu padu demi keamanan negeri.
indakan sampai ke “Akar-akarnya”  bagi penggiat pendidikan dapat diartikan memberikan pemahaman tentang Jihad yang komprehensif bagi anak didiknya.
dan menumbuhkan jiwa perikemanusiaan sebagaimana diamanatkan dalam PANCASILA dan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 adalah usaha yang diharapkan dapat mencetak generasi yang “welas asih”  yang wajib dilakukan oleh setiap penggiat pendidikan
www.sabdarianada.co.id
kegiatan gotong royong Siswa Sabda Ria Nada
sebagai upaya menumbuhkan "welas asih"

Sehingga tindakan preventif terhadap tumbuhnya paham Terorisme dapat dilakukan sedini mungkin.

Lembaga Sabda Ria Nada sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang Pendidikan Islam sudah seyongya memberikan pemahaman tentang jihad versi islam, Islam yang Rahmatan lil 'alamin
yang menjadi rahmat bagi seluruh alam.

hal ini di buktikan melalui pelajaran Fiqih yang secara senagaja ada di kelas XII Madrasah Aliyah  yang secara khusus membahas BAB Jihad.
Tidak hanya memalalui mata pelajaran Fiqih tapi sudah menajadi hidden kurikulum yang diiintegrasi dengan semua mata pelajaran lain.


Seperti juga kegiatan akhir bagi siwa kelas IX dan XII yang diberikan tugas untuk dekat dengan lingkungan masyarakat yakni kegiatan SAFARI TARBAWI, sehingga semangat untuk turut serta berempati dengan masyarakat dapat disadari oleh peserta didik, 
yang diharapkan mereka memahami bahwa "manusia adalah mahluk sosial" yang senantiasa butuh dengan yang lain.
www.sabdarianada.co.id
safari Tarbawi berbasis Masjid dan Lingkungan


Demi Allah yang jiwaKu berada digenggaman-NYA, tidaklah (sempurna) keimanan seseorang sampai dia mencitai tengganya atau sudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri”. (Muttafaq ‘Alaih). 
melalui kegiatan safari tersebut dengan belajar dan berbaur dengan masyarakat, terlebih bersama selama 24 jam dengan teman diharapkan mereka dapat saling berempati satu sama lain sesuai dengan hadits Nabi SAW diatas.

Dan kigiatan Bakti Sosial (BAKSOS) secara berkala, atau kegiatan ekstara kePramukaan yang secara formal dikemas bertujuan menstimulasi jiwa sosial dan kepekaan anak terhadap sesama, dan alam sekitar.

Sehingga pada akhirnya pemahaman yang bisa dikatakan "Dangkal" tentang "Jihad" dapat di jauhkan dari jangkauan anak-anak, minimal dicegah sedini mungkin melalui beberapa kegiatan yang sudah disussun oleh Yayasan Sada Ria Nada.

By. Snada Anty








Posting Komentar untuk "ISLAM VS TERORISME"