MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Skripsi Lengkap)
ABSTRAK
Sudaryanti, 2016 : Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam
(PAI) Studi Komparasi antara SMPN 01 dan SMPN 03 Sumbermalang-Situbondo Tahun
Pelajaran 2015/2016.
Pendidikan agama Islam seharusnya dan sewajibnya dapat dikenyam
oleh seluruh lapisan umat Islam tanpa dikecualikan oleh hal apapun. Proses
pendidikan tersebut harus dimulai dari lingkungan keluarga untuk memperkenalkan
nilai-nilai agama sebagai pondasi kehidupan anak demi tercapainya generasi
muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
Pendidikan agama Islam merupakan
kebutuhan dari setiap muslim sehingga Pendidikan agama Islam (PAI) wajib
diajarkan di semua jenjang pendidikan baik di lembaga madrsah maupun sekolah.
Di lingkungan sekolah yang tidak bercirikan Islam juga diajarkan materi PAI
meski hanya sekali dalam seminggu, namun hal ini harus dapat dimaksimalkan
dengan baik. Meski bukan hal yang mudah namun bukan berarti tidak mungkin jika
hal ini didukung oleh manajemen kurikulum yang baik dan benar, serta
pelaksanaannya yang juga konsisten baik dan benar pula tentunya, akan lebih
menghasilkan outpun pendidikan Islam yang baik bila didukung oleh suasana
lembaga yang kondusif dan sesuai dengan tumbuhnya jiwa agamis dalam diri
peserta didik.
Untuk memudahkan proses penelitian
ini, maka penulis membuat beberapa fokus masalah yang diantaranya : 1)
Bagaimakah manajemen kurikulum PAI di SMPN 01 Sumbermalang-Situbondo tahun
pelajaran 2015/2016 ? 2) Bagaimana menajemen kurikulum PAI di SMPN 03
Sumbermalang-Situbondo tahun pelajaran 2015/2016 ? 3) Bagaimanakan persamaan
dan perbedaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) di SMPN 01
dengan SMPN 03 Sumbermalang-Situbondo tahun pelajran 2015/2016 ?.
Tujuan penelitian ini ialah untuk
mendekribsikan dan mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan
evaluasi pendidikan agama Islam (PAI) di SMPN 01 dan SMPN 03
Sumbermalang-Situbondo tahun pelajaran 2015/2016. Kemudian membandingkannya
untuk memberikan pengembangan, penyempurnaan, dan inovasi-inovasi baru bagi
kedua lembaga tersebut. Sehingga kedua lembaga yang diteliti dapat saling
memberi inspirasi dan mengevaluasi, dan untuk peneliti sendiri dapat memahmi
realitas pengelolaan kurikulum PAI di lapangan.
Dalam penelitian ini peneliti
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskribtif dengan jenis pendekatan
studi kasus. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalan analisis
deskribtif. Adapun untuk validasi data menggunakan triangulasi data.
Penelitian ini diharapkan dapat
memperoleh kesimpulan dan dapat memberikan sumbangsi kepada penulis, lembaga
yang diteliti, lembaga IAIN Jember dan masyarakat. Dan dapat mengiinspirasi
pihak tersebut terhadap manajemen kurikulum pendidikan agama Islam.
UNTUK LEBIH LENGKAPNYA
UNTUK LEBIH LENGKAPNYA
👌👍👍
👇👇👇SILAHKAN KLIK DISINI
Posting Komentar untuk "MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Skripsi Lengkap)"
Silahkan berkomentar maupun bertanya tentang Info / Kegiatan / Konsultasi gratis di Website Sabda Ria Nada, Kami akan menjawab secepatnya. Terimakasih...