Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KAKIKU MEMANG TINGGAL SATU, TETAPI PILIHANKU BELUM TENTU SELALU NOMOR SATU

sabdarianada.co.id. - Setelah sekitar 135 hari dari 15 Pebruari-23 Juni 2018  masing-masing Paslon mengikuti masa Kampanye, menyampaikan Program-program mereka untuk mendapatkan dukungan, hari ini Rabu Pon, 27 Juni 2018 bertepatan dengan 13 Syawal 1439 H, Pilkada serentak di beberapa Daerah di Indonesia di Gelar. 
Hanya dengan sebelah kaki : Pak Hafid tetap datang ke TPS 02 Tlogosari Sumbermalang  Situbondo
Masyarakat dipersilahkan menilai dan memilih sendiri siapa yang dianggap paling layak untuk dipilih. Pemandangan di beberapa TPS memang terlihat sepi, lengang. Sebagian besar Masyarakat rupanya sudah mulai Jenuh dengan Aneka Ragam Pemilu yang harus mereka lakoni. Sementara buah dari pemilu-pemilu tersebut tak kunjung mereka rasakan. 

Mencari yang sempurna dijaman yang sudah mulai gila tentu tidak ada. "Pilihlah yang paling sedikit keburukannya", begitulah pesan Nabi. Pesan Nabi ini mengisyaratkan setiap orang atau calon pemimpin sama-sama berpotensi melakukan kejahatan. Tugas kita memilih yang paling sedikit potensi kejahatannya. Karena pemimpin yang Aniaya masih lebih baik ketimbang kekacauan akibat ketikadaan pemimpin. 
Terlihat tenang tetapi tidak sedang bersenang-senang :
Petugas di TPS 02 Tlogosari Sumbermalang Situbondo
Setelah melakukan kajian yang mendalam Bapak Quraish Shihab dalam Bukunya Lentera Alqur'an berhasil mensarikan beberapa ayat dan Hadis yang dianggap mengisyaratkan kriteria peminpin yang layak dipilih.  

Pertama, perkataan Putri Nabi Syu'aib 

ﻗَﺎﻟَﺖْ ﺇِﺣْﺪَﺍﻫُﻤَﺎ ﻳَﺎ ﺃَﺑَﺖِ ﺍﺳْﺘَﺄْﺟِﺮْﻩُ ۖ ﺇِﻥَّ ﺧَﻴْﺮَ ﻣَﻦِ ﺍﺳْﺘَﺄْﺟَﺮْﺕَ ﺍﻟْﻘَﻮِﻱُّ ﺍﻟْﺄَﻣِﻴﻦُ
Salah seorang dari kedua wanita itu berkata: "Ya bapakku ambillah ia sebagai orang yang bekerja (pada kita), Sesungguhnya orang yang paling baik engkau tugaskan ialah orang yang kuat lagi terpercaya. (Al Qashash:26)

Kedua, Pengangkatan Nabi Yusuf  sebagai kepala Badan Logistik Kerajaan Mesir.
ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺍﻟْﻤَﻠِﻚُ ﺍﺋْﺘُﻮﻧِﻲ ﺑِﻪِ ﺃَﺳْﺘَﺨْﻠِﺼْﻪُ ﻟِﻨَﻔْﺴِﻲ ۖ ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﻛَﻠَّﻤَﻪُ ﻗَﺎﻝَ ﺇِﻧَّﻚَ ﺍﻟْﻴَﻮْﻡَ ﻟَﺪَﻳْﻨَﺎ ﻣَﻜِﻴﻦٌ ﺃَﻣِﻴﻦٌ
Dan raja berkata: "Bawalah Yusuf kepadaku, agar aku memilih dia sebagai orang yang dekat kepadaku". Maka tatkala raja telah bercakap-cakap dengannya, dia berkata: "Sesungguhnya kamu menurut penilaian kami adalah orang yang kuat lagi terpercaya (Yusuf: 54). 

Ketiga, Saran Nabi kepada Sahabat Abi Dar Alghifari, " Aku melihat engkau lemah. Aku suka untukmu apa yang aku suka untuk diriku. Karena itu, jangan jadi pemimpin walaupun hanya untuk dua orang, dan jangan pula menjadi wali bagi harta anak Yatim".  

Tidak mudah terhimpun dalam diri seseorang kedua sifat tersebut (Kuat dan dipercaya) secara sempurna, maka pilihlah yang paling sedikit kekurangannya. Ketika Imam Ahmad bin Hambal ditanya tentang dua orang yang paling layak untuk memimpin Pasukan, yang pertama kuat tetapi bergelimang dosa, sedang yang kedua baik agamanya tetapi lemah. 

Imam Ahmad menyarankan, Pilihlah yang petama, dosanya untuk dirinya sendiri sedang kekuatannya sangat berguna di dalam memimpin pasukannya. Orang kedua agamanya untuk dirinya sendiri, sedang kelemahannya hanya akan menjadi petaka bagi pasukan yang dipimpinnya.

Khusus di Jawa Timur dikabarkan ada 18 Daerah yang hari ini mengikuti Pilkada Serentak. Masyarakat di 18 Wilayah tetsebut selain harus memilih calon Gubernur dan Wakil Gubernur, juga memilih Calon Wali Kota dan  Wakil Wali Kota dan atau calon Bupati dan wakil Bupati. 

(1) Lumajang (2) Bondowoso (3) Probolinggo (4) Probolinggo Kota (5) Pasuruan (6) Kota Malang (7) Nganjuk (9) Jombang (10) Kota Kediri (10) Madiun (11)  Madiun Kota (12) Magetan (13) Tulungagung  (14) Mojokerto kota (15) Bojonegoro (16) Bangkalan (17) Sampang (18) Pamekasan. 

Semoga satu suara yang kita berikan dinilai Ibadah Oleh Allah, SWT, AMIN


Posting Komentar untuk "KAKIKU MEMANG TINGGAL SATU, TETAPI PILIHANKU BELUM TENTU SELALU NOMOR SATU"