Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

112 ORANG SISWA BARU KHUSU' MENGIKUTI MATSAMA

Peserta Matsama Sabda Ria Nada 2018 Terkantuk-Kantuk
sabdarianada.co.id. "Tak Kenal maka Tak Sayang" begitulah pepatah lama menuturkan. Hidup dilingkungan  baru dengan teman-teman yang juga baru, memang tidak mudah. Butuh waktu, kesungguhan, dan strategi untuk bisa beradaptasi. 

Rasa enggan melepaskan diri dari kebiasaan lama yang dibawa dari  kehidupan sebelumnya seringkali menjadi penghalang terberat untuk mengharmoniskan semuanya. Tidak hanya diperlukan kesiapan untuk berubah dari yang bersangkutan, tetapi juga ketulusan dan niat baik dari penghuni lama untuk menerima kedatangan penguni baru dengan berbagai perbedaan yang melatarinya. Tidak hanya sebagai teman, tetapi juga Saudara dan Keluarga yang akan menjalani kehidupan bersama-sama untuk waktu yang juga lama. 

Masa Orientasi Siswa Baru  (MOS) yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah)  untuk lingkungan sekolah dan MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) untuk lingkungan Madrasah, dimaksudkan untuk membantu siswa baru mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan Madrasah/sekolah barunya. Sekali lagi tujuan ini tidak akan pernah tercapai jika saja tidak ada kesadaran, ketulusan dan Niat baik dari semua unsur yang terlibat untuk saling menyatu, saling beradaptasi dan Saling berbagi. 

Pergantian Istilah dari MOS ke MPLS atau MATSAMA yang dilaksanakan berdasar Permendikbud No. 18 Tahun 2006, bukan tampa alasan. Praktek MOS dibeberapa sekolah ditengarai sarat Penganiayaan dan Perpeloncoan. Sehingga yang terjadi bukan kehidupan yang Hormonis antara Siswa dengan lingkungan sekolahnya, akan tetapi pewarisan kebencian dan dendam secara turun-temurun. Walaupun sebenarnya untuk merubah isi tidak harus menghancurkan wadahnya, namun Lazim di Indonesia, untuk membunuh tikus harus pula mengobrak ambrik sarangnya. Ada kekekhawatiran dituduh tidak berbuat apa-apa jika saja tidak ada perubahan nama. 

Untuk memastikan MPLS/MATSAMA berjalan sesuai harapan, pada lampiran III Permendikbud juga dicantumkan Atribut dan kegiatan-kegiatan yang dilarang.

Atribut yang dilarang; (a) tas karung, tas belanja plastik, dan sejenisnya, (b).kaos kaki berwarna-warni tidak simetris, dan sejenisnya, (c).aksesoris di kepala yang tidak wajar, (d).Alas kaki yang tidak wajar, (e).papan nama yang berbentuk rumit dan menyulitkan dalam pembuatannya dan/atau berisi konten yang tidak bermanfaat.

Sedangkan aktivitas dilarang dalam MPLS/MATSAMA sebagai berikut: (a).memberikan tugas kepada siswa baru yang wajib membawa suatu produk dengan merk tertentu, (b).menghitung sesuatu yang tidak bermanfaat (menghitung nasi, gula, semut, dsb), (c).memakan dan meminum makanan dan minuman sisa yang bukan milik masing-masing siswa baru,

(d).memberikan hukuman kepada siswa baru yang tidak mendidik seperti menyiramkan air serta hukuman yang bersifat fisik dan/atau mengarah pada tindak kekerasan, (e).memberikan tugas yang tidak masuk akal seperti berbicara dengan hewan atau tumbuhan serta membawa barang yang sudah tidak diproduksi kembali. 

Sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Islam Favorit di Wilayah kecamatan Sumbermalang, dengan Siswa baru yang datang dari beberapa Daerah dan berbagai Latar Belakang, Yayasan Sabda Ria Nada juga tidak ketinggalan menyelenggarakan MATSAMA sejak Hari Rabu, 18 Juli - Sabtu,21 Juli 2018. Seperti halnya pada hari-hari biasa, Kegiatan diawali dengan Shalat Dhuha dan ditutup pada jam 12,30 dengan Shalat Dzuhur berjemaah. 

Untuk Tahun ini MATSAMA di Sabda Ria Nada diikuti oleh 112 orang Peserta. Selain berusaha diperkenalkan kepada seluruh Komponen yang ada di Sabda Ria Nada, Panitia juga melibatkan beberapa instansi untuk menambah Wawasan peserta. 

Dari Koramil Sumberlang mengisi Wawasan Nusantara dan Bela Negara. Polsek Sumbermalang, mengisi Kamtibmas dan Tata tertib berlalu lintas. Dari KUA sumbermalang mengisi Bahaya Nikah Dini. Sedangkan dari Puskesmas Sumbermalang Mengisi Kesehatan Reproduksi dan Bahaya Narkoba.

Ahirnya saya ucapkan Selamat Datang Siswa-Siswi Baru Yayasan Sabda Ria Nada. Saya pastikan antum semua akan menemukan banyak hal yang antum cari.Amin

Posting Komentar untuk "112 ORANG SISWA BARU KHUSU' MENGIKUTI MATSAMA "