Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HARI INI MADRASAH IBTIDAIYAH SEWILAYAH KERJA SUMBERMALANG DI SUPERVISI

Kerja Istimewa  hanya untuk orang-orang yang juga  Istimewa
sabdarianada.co.id. Setidaknya ada tiga Lembaga setingkat Madrasah Ibtidaiyah yang hari ini berkumpul di Sabda Ria Nada. MI.Nurul Hidayah Baderan, MI. Nurul Hikmah Jambaran dan MI. Sabda Ria Nada Sumbermalang. Kedatangan mereka bukan sedang Silaturahim ataupun anjangsana dan bukan pula sedang Stadi banding. Mereka berkumpul dalam rangka supervisi kinerja kepala dan guru oleh Tim Asesor gabungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Situbondo. 


Supervisi yang dilaksanakan mulai dari jam 8.00 wib itu lebih ditekankan kepada kelengkapan Administrasi Kepala dan Guru serta  perangkat pendukung lainnya. Setiap lembaga diwakili oleh Kepala Madrasah dan satu orang guru. 

Tidak seperti lazimnya kegitan Supervisi yang biasanya seram dan menegangkan, kali ini lebih terkesan rilek, akrab penuh kekeluargaan. Rupanya kedua belah pihak, baik Tim Asesor ataupun sekolah yang mengikuti Supervisi sudah saling kenal dan saling memahami keberadaan dan kemauan masing-masing. 

Di jaman keterbukaan seperti sekarang, kemampuan negosiasi memang sangat memegang peranan. Kebenaran seringkali gagal menampakkan diri apabila para penggiatnya tidak memiliki kemampuan negosiasi. Begitu juga kebathilan tidak jarang menjadi abu-abu jika didukung para negosiator yang jitu. 


Sementara di ruangan yang lain barisan Ibu-ibu Guru sibuk mempersiapkan menu istimewa simbol kebersamaan. "Perbaikan Gizi", bisik salah seorang guru. Maklum guru madrasah, kalau tidak karena ada tamu istimewa mana mungkin mereka masak istimewa, gaji saja tidak jelas. 

Acara ramah tamah pun dimulai. Selesai ramah tamah dilanjutkan ngobrol ringan sambil sesekali Tim Asesor membolak-balik tumpukan Data yang dipersiapkan oleh peserta. Acara selesai ditutup dengan doa ciri khas kerja kaum Agamawan. Tim Asesor berpamitan menjabat tangan seluruh peserta. Ketika tangan mereka beradu, ada gerakan aneh pertanda ada sesuatu. 

Mungkin kebiasaan seperti ini yang menjadi salah satu penyebab, kenapa tidak pernah ada perubahan ke arah yang lebih baik, sekalipun pembinaan, pemeriksaan, supervisi, audit atau apapun namanya rajin dilakukan. Semuanya dilakukan hanya sekedar untuk memuaskan Publik, bukan benar-benar ingin membina dan memperbaiki. 

Praktek Supervisi seperti ini sepertinya sudah menjadi Tradisi di berbagai Instansi. Prilaku yang sebenarnya mungkar (dilarang) berubah menjadi Makruf ( dikenal dan dibenarkan) karena sudah terbiasa dilakukan oleh banyak orang. Sebaliknya prilaku yang sebenarnya Makruf (baik) berubah menjadi Mungkar ( dilarang) karena sudah semakin jarang. 

Jika demikian yang terjadi, berarti kita sendiri yang salah. Sehingga secara bersama-sama pula kita harus segera memperbaiki tampa menunggu yang lain memulai.

Semoga Allah membimbing dan mengampuni kita semua, Amin.

Posting Komentar untuk "HARI INI MADRASAH IBTIDAIYAH SEWILAYAH KERJA SUMBERMALANG DI SUPERVISI"