Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RITUAL MENJELANG TIDUR


Kemeriahan Pawai Taaruf Wisuda Purna Siswa 20018

sabdarianada. co.id. Sungguhpun hidup yang kita lakoni tidak seindah seperti yang kita bayangkan. Bukan berarti sisa hidup kita lalu kita sia-siakan. Orang yang beriman pastinya selalu optimis, bahwa esok hari akan lebih baik asal saja kita mampu perguru kepada setiap kegagalan yang kita alami hari ini. Karena itu Islam mengajarkan agar di awal pagi kita mengawalinya dengan Shalat Fajar dan di penghujung malam menutupnya dengan Shalat Lail. 

Hanya dengan Shalat sesuatu yang belum sempat kita raih kemungkinan besar bisa kita dapatkan di hari-hari berikutnya dan hanya dengan Shalat pula luka-luka di hati akibat kegagalan kita disepanjang hari bisa dengan cepat terobati. Kesadaran seperti ini terus ditanamkan oleh para guru kepada semua Santri. Karena itu setelah seharian mereka bergelut dengan beragam Aktifitas, jam 21.30 para santri terlihat sibuk mempersiapkan diri mengikuti Ritual malam yang meliputi Shalat Hajat, Shalat Lijalbil Qulub dan Shalat Witir.

SHALAT HAJAT

Shalat Hajat adalah Shalat Sunat yang dilakukan dengan harapan agar Allah segera mengabulkan hajat kita, baik hajat dunia lebih-lebih hajat Akhirat. Shalat hajat dilakukan minimal dua Rokaat maksimal 12 Rokaat boleh dilakukan Siang hari akan tetapi akan lebih baik jika dilakukan di malam hari.

Bacaan Niat Shalat Hajat
اصلي سنة الحاجة ركعتين اماما/ ماموما لله تعالى
Aku berniat melakukan Shalat Hajat dua Rokaat jadi Imam/ makmum karena Allah

  • Rokaat pertama dan kedua sesudah membaca Surat Alfatihah, membaca Surat Al ikhlas 10x
  • Sesudah salam membaca salah satu ayat Sajadah misalnya واسجد واقترب kemudian Sujud
  • Di dalam sujud membaca Tasbih (سبحان الله والحمد لله ولا اله الا الله الله اكبر ولا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم ) ٧ tujuh kali 
  • Membaca Shalawat 7 kali
  • Membaca ربنا اتنا في الدنيا حسنة وفي الاخرة حسنة وقنا عذاب النار tujuh kali
  • Selanjutkan sampaikan seluruh Hajat Anda kepada Allah, setelah puas bangun dari sujud ditutup dengan salam.

SHALAT LI JALBIL QULUuxB

Li Jilbil Qulub artinya untuk menarik Hati. Shalat Lijalbil Qulub adalah Shalat Sunat yang dilakukan untuk menarik Simpati orang lain. Ini Sangat penting karena tidak ada satu orangpun yang tidak membutuhkan orang lain. Kita butuh banyak teman, banyak relasi untuk membatu memuluskan pekerjaan kita. 

Shalat lijilbil Qulub dimaksudkan agar orang dengan suka rela tanpa perlu kita minta mau dan berkenan mendukung dan membantu mewujudkan semua keinginan baik kita. Atau dengan kata lain, tujuan Shalat Lijilbil Qulub agar Allah membantu melunakkan hati semua orang sehingga mereka menyayangi dan mencintai kita. Asyik khan.?

Bacaan Niat Shalat Li Jalbil Qulub
اصلي سنة لجلب القلوب الناس عامة وقلوب الاغنياء والولاة والاعداء الى محبة ومودة الي  والى .......... ركعتين اماما / ماموما لله تعالى
Aku berniat Shalat Sunat untuk menarik hati manusia seluruhnya, hati orang-orang kaya, para penguasa, hati para musuh agar mereka cinta kasih padaku, dua Rokaat jadi Imam/ makmum karena Allah. 
  • Rokaat pertama dan kedua sesudah membaca Surat Alfatihah membaca عسى الله ان يجعل بينكم وبين الذين عاديتم منهم مودة ورحمة والله قدير والله غفور الراحيم tujuh kali
  •  Salam 

 SHALAT WITIR

Witir artinya ganjil. Shalat witir adalah Shalat Sunat Muakkad yang jumlah Rokaatnya ganjil. Minimal satu Rokaat maksimal 11 Rokaat. Yang lazim dikerjakan dikalangan umat islam tiga Rokaat. Jika melakukan tiga Rokaat, boleh dengan satu kali salam seperti Shalat Maghrib boleh juga dengan satu kali salam.  

Shalat Witir termasuk Shalat Lail (malam) sehingga harus dikerjakan Sesudah Shalat Isyak sampai menjelang Shalat Subuh. Shalat Witir termasuk Shalat Sunat Utama dan sangat dianjurkan oleh Rasulullah, SAw. 

Rasulullah bersabda, 
ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺯَﺍﺩَﻛُﻢْ ﺻَﻠَﺎﺓً ﻓَﺤَﺎﻓِﻈُﻮﺍ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﻭَﻫِﻲَ ﺍﻟْﻮَﺗْﺮُ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺃﺣﻤﺪ
Sesungguhnya Allah telah menambah untuk kalian satu shalat, maka jagalah shalat tersebut.  Shalat itu ialah Witir. (HR Ahmad)

Bacaan Niat Shalat Witir
اصلي سنة الوتر ركعتين اماما /ماموما لله تعالى
Aku berniat melakukan Shalat Witir Dua Rokaat menjadi Imam/makmum karena Allah

  • Rokaat pertama sesudah Alfatihah membaca Surat Alkafirun
  • Rokaat kedua sesudah Alfatihah membaca surat Al Ikhlas
  • Salam
Bacaan Shalat Witir Rokaat Terahir
اصلي سنة ركعة الوتر اماما/ماموما لله تعالى
Aku berniat melakukan satu Rokaat Witir jadi Imam/makmum karena Allah.
  • Sesudah membaca Surat Alfatihah lanjutkan membaca Al Ikhlas, Al Falaq dan An nas. 
  • Sesudah iktidal membaca qunut Nazilah seperti Qunut dalam Shalat Subuh ditambah doa Daf'il balak  
  • اللهم ادفع عنا وعن جميع المسلمين الغلاء والوباء والامراض والمحن والفتن والماءسة المسلمين في فلاستين وفي بلادنا اندو نسيا خاصة وفي قرتنا سو مبر مالاج وفي جماعتنا سبدا ريا ندا يا رب العالمين 
  • Salam

WIRID Sesudah Witir
  1. Membaca ربي زدني من لدنك علما نافعا dua ratus kali
  2. Ditutup dengan Doa bersama-sama
وصب على قلبي شابيب رحمة بحكمة مولانا الحكيم فاحكمت  tiga kali

Semoga Allah membimbing kita semua, Amin





Posting Komentar untuk "RITUAL MENJELANG TIDUR"