Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS MENJADI PENGUSAHA MUDA YANG BERBAHAGIA

Optimis menatap masa Depan
sabdarianada.co.id. Memiliki usaha sendiri yang dikelola secara mandiri dengan sejumlah karyawan yang Jujur, rajin dan kreatif tentu menjadi dambaan semua orang. Jika sudah bisa seperti ini, anda benar-benar telah menjadi raja yang berdaulat di Istananya sendiri. 

Selain bisa menghidupi dan dipuja oleh keluarga, anak dan bini, anda juga bisa menghidupi orang lain yang bekerja dan berdiri dibelakang anda.  Tidak menutup kemungkinan juga tanpa disadari, anda telah menjadi inspirator bagi banyak orang disekitar anda. 

Sosok seperti inilah mungkin salah satunya yang dimaksud oleh Nabi خيرالناس انفعهم للناس Bahwa orang terbaik adalah orang yang banyak memberi manfaat buat kehidupan orang lain. 

Memulai usaha memang gampang-gampang susah. Susahnya apabila anda terlalu edialis, berpikiran muluk-muluk ingin menjadi pengusaha  yang ujuk-ujuk besar derngan omset selangit. Tetapi akan menjadi gampang dan sangat sederhana  apabila anda melakukannya dengan niat Ibadah kepada Allah SWT. 

Segala jenis Ikhtiar/ usaha apapun bentuknya, adalah perintah Allah. Dan siapa saja yang melakukannya dengan niat yang tulus sebagai bentuk penghambaan kepada Allah, tentu akan bernilai Ibadah dengan Pahala yang besar. 


فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ


Apabila shalat telah ditunaikan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah (Berusaha/bekerja) dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung (Aljumuah :10)

Rasulullah juga mengajarkan :

ِاِدَا بَاتَ اَحَدُكُمْ مَغْمُومًا مَهْمُومًا مِنْ سَبَب الْعِيَالِ كَانَ اَفْضَلُ عِنْدَ الله ِمِنْ اَلْفِ ضَرْبَة بِالشَّيْفِ فِي سَبِيْلِ الله



"Jika diwaktu malam salah seorang dari kalian merasa resah dan gelisah karena memikirkan ekonomi keluarga, yang demikian itu masih lebih baik di sisi Allah ketimbang seribu kali babatan pedang karena membela Agama Allah".

ِمَنْ بَاتَ مَتْعُوْبًا فِيْ طَلَبِ مَعَاشِ اَوْلاَدِه 
بَاتَ مَغْفُوْرًا لَه

"Siapa saja yang di malam hari merasa kelelahan karena disiang hari berusaha keras mencari belanja anak-anaknya, maka pada malam itu juga ia mendapatkan pengampunan dari Allah". 

Seseorang yang menjalankan usahanya dengan niat Ibadah kepada Allah, keuntungan tidaklah terlalu penting,  walaupun memang tetap diperlukan. Dia akan  mendasari setiap langkahnya  dengan kesadaran (من الله - لله - الى الله ) bahwa segala sesuatu datangnya dari Allah, dia akan menjalaninya karena Allah serta akan mengambalikan hasil ahirnya pun hanya kepada Allah. 

Jika dari usaha yang dilakukan dia mendapatkan keuntungan berapun jumlahnya, ia akan mensyukurinya sebagai karunia besar dari Allah, dan akan menggunakannya tidak hanya untuk kebahagiaan dirinya, tetapi juga kebahagiaan orang lain disekitarnya. 

Andaikan usaha yang ia jalankan pun gagal, ia akan menghadapinya dengan penuh lapang dada,  dan menerimanya sebagai pelajaran berharga dari Allah untuk menambah pengalaman dan meninggikan derajatnya di sisi Allah. 

Bagi anda yang sudah tidak sabar lagi ingin segera memulai usaha, langkah-langkah  praktis dibawah ini layak kiranya dipertimbangkan agar impian anda menjadi pengusaha muda yang berbahagia segera terwujud. 

  • Mulai usaha anda dengan Niat Ibadah kepada Allah dan menggunakan seluruh hasilnya hanya untuk hal-hal yang diridhai Allah
  • Jalankan usaha yang Anda sukai. Menjalani sesuatu sesuai dengan passion akan membuat sesorang lebih rileks, bahkan saat sedang diterjang situasi sulit sekalipun. Menjadi pengrajin tusuk sate tetapi anda suka dan bahagia, masih lebih baik ketimbang menjadi pengusaha emas tetapi menderita.
  • Jalankan  usaha yang  benar-benar Anda kuasai. Jangan terlalu berani berspikulasi untuk sesuatu yang belum benar-benar anda ketahui. Menjadi tukang sol sepatu tetapi anda mahir dibidang itu, masih lebih baik ketimbang mendirikan pabrik tahu tetapi anda masih sibuk mencari tau. 
  • Siapakan modal secukupnya, tidak perlu terlalu banyak yang penting cukup untuk menjalankan usaha anda minimal satu pekan. Mencurahkan seluruh kemampuan permodalan hanya untuk satu jenis usaha, akan membuat anda lemah syahwat untuk menjalin relasi dengan pihak lain. 
  • Lakukan Ribath (Riyadhah Bathiniyah} dibawah ini dengan istiqomah, malam hari menjelang tidur dan pagi hari ketika akan memulai bekerja. Bisa dilakukan dengan cara berdiri ataupun duduik.
  •  Menghadap kebarat : baca Syahadat ( اشهد ان لااله الا لله واشهد ان محمد الر سول الله ) tiga kali
  •  Menghadap keselatan : baca Syahadat ( اشهد ان لااله الا لله واشهد ان محمد الر سول الله ) tiga kali
  •  Menghadap ketimur : baca Syahadat ( اشهد ان لااله الا لله واشهد ان محمد الر سول الله ) tiga kali
  •  Menghadap keutara : baca Syahadat ( اشهد ان لااله الا لله واشهد ان محمد الر سول الله ) tiga kali
  •  Kembali pada posisi semula  menghadap kebarat, lalu menghadap kebawah (menunduk) : baca Syahadat ( اشهد ان لااله الا لله واشهد ان محمد الر سول الله ) tiga kali
  •  Menghadap keatas : baca Syahadat ( اشهد ان لااله الا لله واشهد ان محمد الر سول الله ) tiga kali
Semoga sekecil apapun usaha kita selalu dalam bimbingan dan berkah dari Allah, SWT. Amin.

layanan konsultasi chat 085258834725

Posting Komentar untuk "TIPS MENJADI PENGUSAHA MUDA YANG BERBAHAGIA"