Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MERIAHKAN IDUL ADHA 1439 H, SABDA RIA NADA SIAPKAN 2 EKOR SAPI DAN 1 EKOR KAMBING

Persiapan Penyembelehan Hewan Kurban di Halaman Sabda Ria Nada
Sabdarianada.co.id. Seperti lazimnya di banyak Pesantren di Indonesia, moment Idul Adha atau dikenal juga dengan Idul Qurban, selain dimanfaatkan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak Takbir, Tahmih, Tasbih, dan Tahlil, juga dijadikan ajang perbaikan gizi dengan penyembelehan hewan qurban dan mendistribusikannya kepala kelompok yang berhak menerimanya. 

Istilah perbaikan gizi untuk Negara Indonesia yang katanya gemah ripah loh jinawi memang sedikit aneh. Namun demikian peristiwa gizi buruk diberbagai wilayah di Indonesia masih sering terjadi.

Berdasarkan hasil PSG 2017, anak yang menderita gizi buruk sebanyak 906.000 anak atau sekitar 3,8%. Sedangkan gizi kurang dialami oleh 14% anak, gizi baik sekira 80,4% dan obesitas pada balita dialami oleh 1,8% anak Indonesia. 

Rangkaian Perayaan Idul Adha dilingkungan Yayasan Sabda Ria Nada dimulai sejak kemaren sore. Para santri dengan Khusu' melaksanakan Takbir hingga jam 0.0 dini hari. Selanjutnya tadi pagi Rabu, 22 Agustus dilanjutkan dengan Shalat Id. 

Bertindak sebagai Imam Shalat Id ustad Anwar Nuris Alumni 2015 Mahasiswa Fakultas Da'wah Universitas Nurul Jadid. Ketua Osis Muzayyin Ilmana bertindak sebagai Bilal. Sedangkan sebagai Khatib adalah Ustad Mohammad Zainuddin Alumni 2013 Sarjana Pendidikan Agama Islam STAIN Jember. 

Dalam Khotbahnya Ustad Muhammad Zainuddin mengungkapkan, Genarasi yang kuat, Beriman dan berbudi luhur harus dibentuk dari institusi terkecil dalam hal ini keluarga. Tampa mengurangi kerja keras seorang ibu yang telah mengandung, melahirkan dan membesarkan, seorang Ayah hendaknya mampu mengambil Ibrah dari Nabi Ibrahim yang sejak dini telah menanamkan nilai-nilai Tauhid kepada putra-putrinya. 

Demikian pula di pihak lain seorang istri hendaknya mampu bersikap seperti Hajar, yang setia kepada suaminya, sayang kepada anak-anaknya serta mampu menjalani derita demi keutuhan keluarga dan anak-anaknya. Shalat Idul Adha selesai pada jam 7.30 wib.
Selesai menikmati minum dan makan ringan yang disediakan oleh Panitia, para Santri berbondong-bondong menuju Halaman Madrasah untuk melaksanakan Penyembelehan Hewan Kurban. Secara terpisah Bapak Abdu Salam, S.pdi selaku koordinator Pendistribusian daging Korban Yayasan Sabda Ria Nada menuturkan, untuk Tahun ini hewan kurban yang terkumpul sebanyak dua Ekor sapi dan satu ekor kambing senilai Rp. 28.500.000,- ( Dua Puluh Delapan Juta Lima Ratus Ribu Rupiah). 

Dana tersebut dikumpulkan dari Iuran Siswa dan Pengurus Rp. 10.500.000,- dan Sumbangan para simpatisan sebasar Rp. 18.000.000,- Panitia merencanakan Daging kurban akan akan dikemas menjadi 525 paket dan untuk selanjutnya akan didistribusikan kepada para Mustahiq di Wilayah Sumbermalang dan Sekitarnya.

Semoga Allam mengampuni dan membimbing kita semua Amin.

Posting Komentar untuk "MERIAHKAN IDUL ADHA 1439 H, SABDA RIA NADA SIAPKAN 2 EKOR SAPI DAN 1 EKOR KAMBING"