Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 ORANG SARJANA PULANG KAMPUNG


Andina Yeni Sanjayani, S.PdI
Alumni MA.Sabda Ria Nada 2014 Wisuda S.1 Fakultar Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember Kamis, 6 September 2018

Sabdarianada.co.id. Tahun 2018 terbilang menjadi Bulan   penuh BERKAH bagi Sabda Ria Nada. Banyak peristiwa luar biasa yang terjadi di Tahun ini mengiringi perjalanan Sabda Ria Nada yang baru berusia 19 Tahun.  
  • Menjadi Satu-satunya sekolah di Situbondo yang diundang dan mengikuti acara Napak Tilas III se Jatim di Sumenep Madura dengan Predikat Juara 1 Jurnalistik, Januari 2018
  • Menjadi Juara Umum LP3 Regional ke VII pada bulan Maret 2018
  • Menjadi tuan Rumah Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih HUT RI ke 73 Kecamatan Sumbermalang
  • Ada enam orang Guru yang tahun ini Daftar Haji : Bpk Kartijo, S.pdI (MI) berserta Ibu, Bpk Maksum, S.Pd (MI) beserta Ibu, Bpk Abdul Muis, S.HI ( MA) beserta Ibu, Bpk Ubaidillah Ahmad, S.pd (MTs) beserta Ibu, Bpk Sugiyanto, S.Pd (MTs) beserta Ibu, dan Bpk Samheri, S.pd ( MA) beserta ibu.
  • Sepuluh orang Wali Murid tahun ini Daftar Umroh : Bira buk Sumana keluarga Abdul Jalil (MA), Pak Masturi bersama Ibu keluarga Lilis Sa'diyah (MI), Pak Dulla beserta Ibu keluarga Dulla Absari (SMK), Buk Su Misya keluarga Moh. Amsori ( MA), Asmi Buk Bas Keluarga Mohammad Sya'roni ( Mi), Pak Arwana beserta Ibu keluarga Aura (MI) dan Siti Sahriya keluarga Fajar Solihin ( SMK)
  • Sekolah pertama disumbermalang yang mengadakan acara Santunan pada 100 orang anak Yatim bekerjasama dengan LaZs (Lembaga Amil Zakat Sidogiri) pada Tanggal 19 September mendatang.
  • Dan yang tidak kalah pentingnya, Kamis 6 September 2018,  lima orang Alumni Sabda Ria Nada diwisuda sebagai Sarjana S.1 pada bidangnya masing-masing. (1) Moh. Zainuddin Manajemen Pendidikan Islam. (2). Mohammad Hasan Manajemen Pendidikan Islam. (3) Sasmita Adiguna Manajemen Pendidikan Islam (4) Andina Yeni Sanjayani Pendidikan Agama Islam (5,) Kholifatul Khosniyah Pendidikan Bahasa Arab.

Tiga diantaranya lulus dengan predikat Mumtaz ( Cumlaude) pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN) Jember. (1) Mohammad Zainudin (2) Andina Yeni Sanjayani (3) Kholifatul Khosniyah. 

Bisa segera diwisuda dan menjadi Sarjana tentu menjadi impian semua Mahasiswa. Jadwal Kuliah yang padat melelahkan, tugas-tugas kuliah yang numpuk tak kenal ampun, biaya kuliah yang terus merangkak naik menjadi masalah rutin 6 bulanan yang membingungkan.  Masalah-masalah tersebut akan berahir seiring dengan gelar Sarjana yang segera disandang. 

Jerih payah selama kurang lebih 4-5 tahun terbayar sudah. Orang tua Bangga dan Bahagia. Sanak kadang turut bersuka cita. Teman-teman dekat berdatangan memberikan ucapan selamat dan karangan bunga. Diri seperti terlahir kembali, bak idola baru yang diburu penggemar ingin mengajak foto.

Setelah seminggu berlalu, rasa bangga, bahagia itu tiba-tiba menghilang. Berganti rasa takut dan khawatir. Sejumlah pertanyaan datang mencerca diri melenyapkan selera makan dan tidur. 

Jika bekerja, pekerjaan apakah yang layak untuk seorang sarjana.?
Jika memulai usaha, usaha seperti apakah yang bisa dikembangkan..?
Jika harus mengejar karir, karir manakah yang layak dipertahankan..?
Dan dijika dituntut untuk mengabdi, pengabdian seperti apakah yang bisa dilakukan.?
Sanggupkah bersaing dengan Sarjana lain yang jumlahnya tidak terhitung..?

Lamat-,lamat teringat kembali katika Sang Rektor merubah posisi Tali Toga dari kiri ke kanan, sebuah pesan Simbolik agar seorang Sarjana di dalam bekerja, menyelesaikan masalah, menjawab tantangan tidak hanya mengandalkan otak kiri yang fokus pada Logika-Matematis, tetapi juga harus mengikutsertakan otak kanan yang memicu kretifitas-imajinatif. 

Sebagai Agen Perubahan, Agen sosial dll, seorang Sarjana sejati hendaknya berani mengambil peran strategis didalam menyelesaikan persoalan kemanusiaan yang terjadi disekitarnya.

Ah, menjadi Sarjana ternyata tidak seindah yang dibayangkan. 
Selamat datang Para Sarjanaku
Karyamu kunanti SELALU
semoga Allah membimbing kita semua, Amin.

Posting Komentar untuk "5 ORANG SARJANA PULANG KAMPUNG"