Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DULU, kini dan ESOK


sabdarianada.co.id  Perkbangan teknologi memang selalu membuat perubahan dalam setiap kehidupan. dengan adanya teknologi Banyak orang yang menikmati kemudahan dalam segala hal dalam segi kehidupannya. Baik itu berupa pendidikan, hiburan, mainan dan lain sebagainya. Namun tidak dapat dipungkiri teknologi selain berdampak positif pasti juga akan berdampak negatif.

Contoh yang pertama dalam segi pendidikan : pada zaman dahulu orang belajar ngaji sejauh manapun tempatnya, mereka akan berbondong-bondong untuk pergi belajar sambil niat nyantri. Ketika belajar ngaji anak-anak jaman dulu hanya menggunaka TLEMPEK ( lentera) sebagai penerang. Karena waktu itu masih belum ada tenaga listrik. Namun hal itu tidak mengurangi suasana belajar yang nikmat bagi anak-anak jaman dulu. Karena meski hanya memakai TLEMPEK, anak jaman dulu tidak Banyak bergurau, tidak Banyak main-main, patuh serta hormat kepada guru ngajinya. sehingga anak jaman dulu meskipun tidak terlalu pintar, ilmunya barokah dan bermanfaat sebab ta'dzim kepada gurunya.

Saat ini yang dibilang jaman KEKINIAN, jaman yang serba canggih, listrik sudah masuk ke pelosok desa, guru ngaji sudah Banyak, tentunya akan membuat anak-anak semangat untuk belajar ngaji dan memperdalam ilmu agama.

Yang dulunya belajar hanya memakai TLEMPEK santri-santrinya tidak main-mai, sekarang ngaji sudah ada lampu yang terang, yang ngaji malah mai-main. Hasilnya anak jaman sekarang Banyak ilmunya tapi tidak barokah dan tidak manfaat..(capek...dech...!!)
kedua dunia hiburan: perbedaan hiburan jaman dulu dan sekarang jauh sekali. Anak jaman dulu hiburan yang paling meriahnya adalah LUDRUK yang mengingatkan peradaban nenek moyang kita yang terdahulu. Sehingga dengan hiburan LUDRUK tersebut anak jaman dulu lebih mengenal sejarah dan indahnya kebudayaan. Selain ludruk ada PENCAK SILAT , KERAPAN SAPI, dan hiburan yang mendidik lainnya. Anak jaman sekarang hiburannya ORKES, DISKOTIK, MIRAS dan masih Banyak lagi hiburan yang tujuannya merusak masadepan seorang anak. Anak jaman dulu kalok tidak bisa PENCAK SILAT tidak laki. anak jaman now kalok dak MIRAS gak laki ( hedehhh..emangnya MIRAS apa gunanya cobak..?)

Ketiga mainan: mainan anak jaman dulu ada EKKRAK ( Sepeda dorong dari kayu ),KATAPEL, paling mewah Sepeda ONTEL. Pokoknya mainan jaman dulu selain asyik, mendidik. Mainan anak jaman naow tak tanggung-tanggung. usia masih dini udah pakek SEPEDA MOTOR, HP dan lai sebagainya.


Memang teknologi juga berdampak positif bagi mereka yang tidak menyalah gunakannya. Namun bagi anak-anak yang masih belum cukup umur, rasanya tidak pantas berbaur dengan teknologi yang sangat ganas. Karena apabila anak kecil sudah kenal dengan teknologi seperti HP akhirnya Banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan baik dalam hukum agama maupun negara. Hal ini disebabkan Karena kelalaian orang tua yang kurang mengawasi anak-anaknya.



Semoga bermanfaat amiiiinn...



Oleh: Anwar Nuris

Posting Komentar untuk "DULU, kini dan ESOK"