Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KENAKALAN REMAJA DI MASSA KINI

www.sabdarianada.id - Apa itu kenakalan remaja. Kenakalan remaja ialah suatu perbuatan atau tindakan yang di lakukan oleh sekelompok remaja baik laki-laki atau perempuan. Kenakalan tersebut muncul dari beberapa faktor,diantaranya sebagai berikut. 

1. Kenakalan muncul dari faktor lingkungan yang di tempati sehari-hari. Lingkungan sangat berpegaruh besar bagi mental dan pola pikir manusia, apalagi bagi para remaja yang kadang tidak bisa menyaring tingkah laku yang di lakukanya.
www.sabdarianada.id
Kenakalan Remaja di Massa Kini 

2. Teman baik teman sebaya atau teman yang lebih tua dari dirinya, teman juga di kategorikan sebagai faktor utama yang juga sangat berpegaruh bagi kelakuan diri seseorang. Seseorang akan berperilaku baik dan santun apabila dia berteman dengan orang yang santu dan baik pula. Dan begitu sebaliknya remaja akan menjadi buruk perilakunya kalau dia salah memilih pergaulan.

Terlalu banyak kenakalan yang di lakukan oleh remaja contonya, minum-minuman, sabu, narkob4, sek bebas dan hal yang sangat memalukan. Baik memalukan dirinya apalagi bagi kedua orang tuanya, lain lagi dengan perbuatan yang terlalu kecil contohnya merokok, itu hal yang sangat lumrah di kalangan remaja saat ini.

3. Faktor orang tua, peran orang tua juga ikut berperan penting dalam sikologis otak setiap anak. Baik buruknya perilaku anak kita itu tergantung pada didikan orang tuanya. Tetapi lain lagi dengan para orang tua sekarang, kurangnya perhatian dari orang tua dengan kesibukan mereka masing-masing hingga lupa menasehati dan memperhatikan perilaku anaknya. Berangkat dari situlah remaja mulai menunjukkan kenakalanya.

4. Ialah memilih pendidikan,untuk anak kita kebanyakan orang tua kita asal menyekolahkan anaknya tanpa melihat seperti apa setatus sekolah tersebut. Kalau sudah terlanjur masuk ke sekolah tersebut maka akan merasakan dan mendapat pelajaran di sekolah tersebut.

Terus siapa yang harus di salahkan.? Tidak ada yang harus saling menyalahkan antara anak dan orang tua kalau kita bisa berfikir jernih,maka apa yang telah terjadi kita jadikan pelajaran dan contoh untuk mendidik anak-anak kita menjadi lebih baik lagi.

Sudah banyak kejadian yang terjadi pada remaja saat ini. Bukan hanya remaja laki-laki yang lumrah yang mendapatkan titel nakal,malah wanitapun kadang lebih parah dengan laki-laki.

Contonya banyakperempuanyang hamil di luar nikah itu sebab pergaulan bebas yang sudah melebihi dari batas wajar.

Keluar malam. Dengan seribu alasan pada orang tua untuk mendapatkan izin demi berkumpul dengan teman-temanya mereka rela berbohong pada orang tuanya.

Dan satu hal lagi yang sangat membawa dampak besar bagi remaja khususnya kalangan saat ini. Yaitu dengan semakin berkembangnya teknologi yang bisa mengakses semua kebutuhan manusia dengan cepat. Apa saja bisa di lakukan oleh teknologi sekarang. Jangankan cuma pekerjaan berat yang di lakukan oleh teknologi canggin,pekerjaan sekecil apapun sekarang sudan mengunakan teknologi.

Contohnya merokok orang tua dulu membiasakan untuk melintir tembakau asli dengan kertas,tapi dengan kecangihan teknologi saat ini di ciptakannya yang namanya rokok eletrik untuk memudahkan manusia mengunakanya. Contoh yang kedua yaitu mesin cuci di era sekarang yang namanya mencuci pakain tidak perlu repot dengan urusan yang namanya cucian,sudah di ciptakan mesin canggih untuk mengatasi masalah tersebut.

Manusia tidak bisa lepas dengan yang namanya teknologi. Karena hal apapun dalam kehidupan sehari-hari sangat ketergantungan pada teknologi, apalagi bagi para kalangan remaja.

Sekarang kita berfikir begini kalau perilaku yang di lakukan oleh para anak muda sekarang seperti ini, akan jadi apa negara kita dua sampai tiga tahun ke depan

Apa yang patut kita banggakan dari remaja saat ini kalau tingkah lakunya memilukan.


By: Syaiful Rahman "SNP"
Alumni Sabda Ria Nada 18

Posting Komentar untuk "KENAKALAN REMAJA DI MASSA KINI "