Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TADARUS ALQUR'AN DI BULAN ROMADHAN

Suasana Tadarus Alquran malam ke 2
Di Masjid Abdurahman Hamzah Yayasan Sabda Ria Nada Sumbermalang
Sabdarianada.Id. Tadarus berasal dari Kata Darasa yang artinya mengkaji atau mengaji. Aktifitas mengaji bukan hanya membaca Huruf, tetapi juga berusaha memahami maknanya.  

Para Santri di Pondok Pesantren ketika disebutkan sedang mengaji Kitab Kuning, mereka bukan hanya membaca lafaz- lafaz kitab yang berbahasa Arab dan Gundul, namun juga memaknainya kata perkata dan menjelaskan serta mengambil Intinya. 

Dengan kata lain Tadarus Alqur'an bukan hanya ajang membaca Alquran sampai Khatam dari Al-fatihah sampai an Nas, namun juga berusaha memahami arti dan maksudnya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 
Tadarus bukan hanya membaca
Tapi juga berusaha memahami isinya
Sejarah membuktikan bahwa kejayaan  peradaban Islam selalu dimulai dari Perenungan yang mendalam terhadap Alqur'an, baik membaca, memaknai, memahami hingga mengamalkan Isinya. 

Di bulan Romadhan Umat Islam berlomba-lomba mengkhatamkan Alqur'an. Rumah-rumah selalu ramai dengan lantunan Ayat-ayat suci ini.  Tradisi seperti ini sudah ada sejak Zaman Nabi. Para Sahabat dan  Salafuna Shalih selalu menjadikan Alqur'an sebagai bacaan Utama dalam mengisi hari dan Malam-malam Romadhan mereka. 

Seperti Imam Qatadah Misalnya, Beliau mengkhatamkan Alqur'an seminggu sekali. Akan tetapi di Bulan Romadhan beliau mengkhatamkannya seminggu sekali. Puncaknya di sepuluh terahir bulan Romadhan beliau mengkhatamkannya setiap hari.  

Imam Malik Ulama' Hadis penyusun Kitab Muwatha, bila masuk bulan Romadhan beliau menjahui Bacaan Hadis dan mengutamakan untuk membaca Alqur'an. 

Begitu Juga Imam Tsufyan Atsauri Tokoh Sufi Ahli Ibadah. Bila masuk Bulan Romadhan beliau meninggalkan Ibadah2 yang lain dan mengutamakan untuk membaca Alqur'an.  

Membaca Alqur'an tentu boleh di mana saja. Boleh di Masjid, dirumah, dikantor atau dimana saja yang kita mau. Mengenai keutamaan membaca Alqur'an dirumah, Rasulullah bersabda : "Rumah yang di dalamnya dibacakan Alqur'an akan terlihat Penduduk langit sebagaimana penduduk Bumi melihat gemerlap bintang gemintang di langit ( HR. Baihaqi).

Sementara rumah-rumah yang tidak pernah dibacakan Alqur'an tentunya terlihat gelap tidak bercahaya. Semakin sering sebuah rumah dijadikan tempat untuk membaca Alqur'an pastilah cahayanya akan lebih benderang terlihat kemana-mana. 
Dengan Alqur'an Pesonamu semakin terlihat kemana-mana
Berapa kali dalam sehari rumah kita dibacakan Alqur'an...?
Semoga Allah mudahkan Ibadah Puasa kita dan memberinya Pahala berlipat-lipat, Amin. 

Posting Komentar untuk "TADARUS ALQUR'AN DI BULAN ROMADHAN"