Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JIKA SIPINTAR tidak MAU MENGAJAR dan SIBODOH tidak MAU BELAJAR (Tarjemah Bidayatul Hidayah Hal 5)

Peserta Wisuda 2019 Yayasan Sabda Ria Nada
Sabdarianada.id
وعند ذالك يتلوا عليك الشيطان فضل العلم ودرجةالعلماءوما ورد فيه من الاثار والاخبار ويهملك عن قوله صلى الله عليه وسلم من  ازداد علما ولم يزدد هدى لم يزدد من الله الا بعدا وعن قوله صلى الله عليه وسلم  اشد الناس عذابا يوم القيامة عالم ولم ينفعه الله بعلمه وكان صلى الله عليه وسلم يقول اللهم اني اعوذبك من علم لاينفع وقلب لا يخشع وعمل لايرفع ودعاء لايسمع 

Oleh karena itu Syaithan selalu membisikkan pada keutamaan Ilmu dan derajat para Ulama' dengan mengutip berbagai keterangan baik Atsar maupun Hadits.

Namun demikian Syaithan telah membuatmu berpaling dari Sabda Nabi Muhammad, SAW :
" Siapa saja yang bertambah Ilmunya namun tidak bertambah Hidayahnya, maka dia justru akan semakin jauh dari Allah".

Syaithan juga telah membuatmu berpaling terhadap Sabda Nabi : " Sesungguhnya Siksa paling berat kelak di Akhirat adalah siksa orang Alim ( pintar) yang ilmunya tidak bermanfaat".

Karena itu Nabi Muhammad, SAW selalu berdoa : " Ya Allah aku mohon lindung padamu dari  (1) Ilmu yang tidak bermanfaat (2) Hati yang tidak khusuk (3) Amal yang tidak diterima (4) Doa yang tidak dikabulkan".

وعن قوله صلى الله عليه وسلم مررت ليلة اسري بي باقوام تقرض شفاههم باقراض من نار فقلت من انتم ؟ قالوا  نحن نأمر بالمعروف وننهى عن المنكر ونأتيه

Syaithan juga telah membuatmu lalai terhadap Sabda Nabi Muhammad, SAW : "Aku berjalan di suatu malam ketika aku di Isro'kan bertemu dengan sejumlah kaum yang lidahnya digunting dengan gunting- gunting Api Neraka. Lalu aku bertanya, Siapakah gerangan Kalian.?". Mereka menjawab, " Kami adalah orang- orang yang terbiasa menganjurkan orang lain melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran, namun kami seringkali melanggarnya sendiri".

فإياك يا مسكين ان تذعن لتزويره فيدليك بحبل غروره فويل للجاهل حيث لم يتعلم مرة واحدة وويل للعالم حيث لم يعمل بما علم الف مرة

Untuk itu  berhati-hatilah duhai dikau yang Miskin terhadap Rahmat Allah ( para pelajar) jangan sampai engkau terpedaya bujuk rayu Syaithan lalu dia menjeratmu dengan tali-tali tipudayanya.

Sungguh Celaka si Bodoh jika tidak mau belajar walaupun hanya satu kali, lebih celaka lagi si Pintar jika tidak mau mengamalkan Ilmunya walaupun sudah pernah melakukannya seribu kali.

Wallahu A'lam
Semoga Allah membimbing kita, Amin.

Posting Komentar untuk "JIKA SIPINTAR tidak MAU MENGAJAR dan SIBODOH tidak MAU BELAJAR (Tarjemah Bidayatul Hidayah Hal 5)"