Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KADO INDAH SEORANG AYAH

Mewakili Situbondo ditingkat Provensi
Siti Aisyah Juara 1 olympiade Matematika Tingkat MTs
Se Kabupaten Situbondo 2019

Sabdarianada.id. Tulisan ini dibuat oleh Bapak Zainal Abidin, S.pd. Guru Matematika MTs Sabda Ria Nada Sumbermalang, sebagai bentuk Apresiasi terhadap Siti Aisyah Siswa Kelas VIII yang meraih predikat Juara 1 Olympiade Matematika Tingkat MTs sekabapaten Situbondo. 

Tulisan ini berjudul IRI, DENGKI dan PRESTASI. semoga menjadi inspirasi bagi yang bersangkutan dan siswa lainnya, Amin
===========

IRI DENGKI dan PRESTASI
oleh Zainal Abidin, S.Pd.

Si Bondan mengerutkan dahinya melihat si ferguso teman sekelasnya yang tampak diam tenang sambil membaca buku yang dipegang nya. Si Bondan kemudian menoleh ke arah Mondo yang dari tadi duduk disebelahnya sambil berbisik.

" Sst.. coba lihat si Ferguso, sombong amat lagaknya" bisik si Bondan pada Mondo
" Sombong gimana, dia cuma baca buku kok" balas Mondo agak keras.
" Seperti nya kamu tidak suka sama dia ya?" Lanjut mondo
" Haduuh, jangan keras-keras nanti dia dengar" ujar Bondan sambil menoleh ke arah Ferguso

Tettt, bunyi bel berbunyi. Murid murid bergegas ke kelas untuk menerima pelajaran pertama. Tak lama kemudian guru yang bernama pak Rudi yang bertugas di jam pertama itu masuk dan menyapa murid dikelas 

"Assalamualaikum, Pagi anak - anak " sapa pak rudi
"Waalkmsalm, Pagi juga paaaaaak" jawab murid-murid bersamaan.
Pak Rudi adalah guru agama di sekolah Bondan. Yang terkenal bijak dalam memberikan nasehat, dan sangat memotivasi murid- murid disekolah itu.

"Hari ini kita tidak akan membahas materi selanjutnya, tetapi kita akan mempelajari bagaimana cara kita menghargai prestasi teman kita." Ujar pak Rudi.

"Kemarin ada yang curhat pada bapak tentang sikap temannya yang acuh dan ada rasa tidak senang pada dirinya, padahal dirinya merasa tidak pernah bersinggungan dengan temannya" kata pak Rudi.

" Jadi bapak menyimpulkan mungkin ini hanya masalah sebuah capaian prestasi yang berbeda, dan mungkin ada rasa iri" tambah pak Rudi.

Kemudian pak Rudi menarik kursinya agak ke tengah agar suaranya didengar jelas oleh murid dikelas itu dan menjelaskan tentang prestasi.

" Anak-anak saya jelaskan apa yang dinamakan prestasi. Prestasi adalah sebuah capaian seseorang atas hasil karyanya. Hasil karya tersebut bisa bermacam-macam ada bentuk tulisan, teknologi bahkan orang menanam sayuran kemudian menjualnya juga adalah karya dan bentuk prestasinya adalah penghasilan. 

Agama sangat menganjurkan manusia untuk selalu mencintai karya seseorang karna agama memerintah kan manusia untuk selalu menggunakan akalnya untuk berkarya di dunia dan lakukan hal yang bermanfaat sesering mungkin. 

Seperti hadist yang diriwayatkan Siti Aisyah istri nabi, nabi Muhammad S.A.W bersabda: Amal yang paling disukai Allah Azza Wajalla adalah amal yang dilakukan terus-menerus meskipun sedikit"





, Jadi jika kamu tidak senang terhadap orang yang berkarya maka kalian tergolong orang yang rugi. Bentuk menghargai suatu karya adalah tidak mencela atau memusuhi orang yang mempunyai karya tersebut. Bukankah mencela itu perbuatan dengki, iri dan sebagainya? 

Sesama teman jaga kerukunan, buanglah rasa dengki tersebut. Ingat!! Membenci tanpa sebab apalagi Krn hasutan itu iri, dan iri tanda makhluk paling lemah di dunia" 

Pak Rudi kemudian tersenyum pada Bondan yang dari tadi tertunduk malu.
Itu sepenggal kisah bagaimana kita tak akan terhindar dari rasa dengki dan iri. Dua hal yang akan menghancurkan diri sendiri. Sedangkan prestasi akan membangkitkan semangat dalam berkarya terus menerus.





Posting Komentar untuk "KADO INDAH SEORANG AYAH"