Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IMAM AT-TURMUDZI : SI BUTA YANG HAFAL 100.000 HADITS


Sabdarianada.id. Sore itu di salah satu sudut Masjid tempat Halaqoh kecil berlangsung, terdengar salah seorang peserta tertawa cekikikan. Suaranya yang keras dan sedikit lucu, membuat peserta yang lain terkejut dan ahirnya juga ikut-ikutan tertawa. 

Ruang Halaqoh menjadi ramai. Hampir seluruh peserta tertawa terpingkal-pingkal, cekikikan seperti paduan suara Kuntilanak. 

"Apah To ( ada apa To) sergah salah seorang peserta", yang mulai tadi seperti keheranan melihat ulah sumber suara. Memang,  tiba-tiba tertawa tanpa ketahuan sebabnya  bisa menimbulkan banyak penafsiran. Salah-salah orang lain curiga dirinya sedang ditertawakan. Karenanya saling berbisik pun sangat dilarang oleh Nabi,  jika ditempat tersebut terdapat banyak orang. 

Dengan tetap tidak mampu menahan tertawanya, peserta yang dipanggil To sedikit gugup . " Anu.... Anu.. Anu kang, itu Imam Turmudzi yang meriwayatkan Hadis namanya sama dengan nama tetanggaku". 

Rupanya Halaqah itu sedang mendiskusikan salah satu Hadis Turmudzi yang diceritakan oleh Sahabat Anas bin Malik tentang  bentuk Tubuh Rasulullah, SAW. 
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم ربعة ليس بالطويل ولا بالقصيرحسن الجسم وكان شعره ليس بجعد ولا سبط اسمر اللون ادا مشى يتكفأ
" Rasulullah saw mempunyai bentuk tubuh yang sedang, tidak tinggi dan tidak pula pendek, serta bentuk tubuhnya bagus. Rambutnya tidak terlalu keriting dan tidak pula lurus kaku dan warnanya kehitam-hitaman. Bila beliau berjalan, maka jalanya cepat". 

Begitu penyaji menyebutkan bahwa Hadis tersebut diriwayatkan Oleh Imam Turmudzi, peserta yang di panggil TO tertawa cekikikan, karena terbayang wajah kang Mudzi tetangganya, si penjual Sayur yang katanya sangat lucu. 

"To...to, tetanggamu kan tukang Sayur". 
" Huuuuu",  sergah peserta lain serentak. 

Nama Turmudzi memang cukup Viral di lingkungan masyarakat Islam Indonesia. Masyarakat kita memang sangat suka bertafa'ul dengan menggunakan nama-nama tokoh tertentu guna berharap berkah. Seperti nama Muhammad, Imam Syafii, Imam Ghazali, Imam Bukhari, imam Turmudzi dan lain sebagainya. 

Hanya terkadang memang sangat disayangkan, pengguna nama-nama besar tersebut, seringkali tidak mencerminkan kepribadian pemilik Aslinya yang sarat Ilmu dan Karya-karya besar. 

"Teman sekolahku dulu ada juga yang bernama Imam Turmudzi, orangnya pendek kulitnya hitam. Teman-tamanku suka meledek, dia ndak pernah mandi", imbuh salah seorang peserta". 

"Dosenku ada juga lho yang bernama Turmudzi, orangnya juga pendek, gemuk. Sampai tua tetap melajang, tidak berani kawin. Kalau berjalan seperti Ateng", peserta lain menambahkan. 

Padahal pemilik Aslinya adalah seorang Muhaddis. Beliau bergelar Alhafidz, itu artinya Imam At-turmudzi mampu menghafal 100.000 lebih Hadis Nabi lengkap dengan Sanadnya. Dalam kondisi penglihatanya terganggu (Buta) Imam At-turmudzi tetap mampu mempertahankan hafalannya.

Bagaima dengan Turmudzi-Turmudzi di sekitar anda....?

Posting Komentar untuk "IMAM AT-TURMUDZI : SI BUTA YANG HAFAL 100.000 HADITS"