Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENYANGGAH BUMI DENGAN DOA


Kepala Desa Tamankursi Bapak Joko Susanto
Dalam acara Hol Bujuk Bungsoh, Kamis 5 September 2019
Sabdarianada.id.  Satu hal yang 
membuat saya merasa sangat berbahagia dalam hidup ini, saya seringkali dilibatkan dalam banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh Masyarakat Desa Tamankursi. Desa yang berada di ujung Selatan Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo, berdinding hutan lindung milik Kabupaten Bondowoso dan Jember.

Di Desa ini Ustad kecil-kecilan seperti saya menemukan tempatnya, walaupun sekedar menjadi pimpinan Tahlil, Yasin, Doa, atau diminta ikut Nimbrung dalam banyak Hajatan yang mereka gelar. Memang jika dibandingkan dengan Masyarakat Desa lain di Wilayah Kecamatan Sumbermalang, Masyarakar desa Tamankursi terbilang memiliki banyak keunggulan dan keunikan. 

Mereka senang sekali mendatangkan Hiburan Ludruk, 20-30 tempat pertahun, tapi mereka juga rajin sekali menyelenggarakan Pengajian. Untuk sekedar mengadakan acara kenduri Masyarakat Tamankursi sangat berani berhutang 70-100 juta, tapi mereka juga sangat rajin bekerja. Produksi Tembakau dan Kopi dari Desa Tamankursi memiliki kualitas Super. Dari dua komoditas ini mereka bisa meraup keuntungan 20 hingga 150 juta pertahun. 

Di daerah ini isu-isu Santet dan Sihir sangat mengemukan bahkan terkenal hingga ke desa Tetangga, Tapi hubungan mereka satu sama lain sangat guyup, kompak dan mesra. Jalan-jalan Desa bisa mengantarkan mereka bersepeda dengan nyaman hingga kelahan tempat mereka bekerja, buah dari semangat gotong royong yang mereka kembangkan. 

Masyarakat Tamankursi juga gemar mengembara, ke Bali, Kalimantan, Riau, Papua hingga ke Negeri Jiran Malaisiya. Tapi mereka juga sangat telaten merawat peninggalan para leluhurnya. Setahun sekali setiap bulan Muharram mereka berkumpul mengadakan acara Hol di makam para sesepuh desa, dengan kemasan acara yang sangat mewah dan meriah. 

Dimulai dari Astah Bujuk Bungsoh Dusun Panduh. Selanjutnya secara bergantian di Astah Bujuk Gennuk Dusun Krajan, Astah Bujuk Marseh Dusun Lembenah, terahir Astah Bujuk Sulaiman Dusun Sumber tengah Selatan.  

Untuk acara Hol tahun ini dimulai tadi Malam, Kamis 5 September 2019 bertempat di Astah Bujuk Bungsoh Dusun Panduh. Usai Shalat Maghrib Masyarakat berbondong-bondong laki-perempuan membawa selamatan sesuai kemampuannya masing-masing. Tidak ketinggalan dua ekor kambing juga disembeleh untuk memeriahkan acara tersebut. 

Setelah Kepala Desa Tamankursi Bapak Joko Susanto memberikan arahan seperlunya, acara selanjutnya pembacaan Yasin dan Tahlil dan ditutup dengan Doa oleh salah seorang sesepuh Desa Bapak Badrus Sayadi. 

Ditempat ini Sabda Nabi bisa dilaksanakan secara bersama-sama.
قوام الدنيا باربعة بعلم العلماء وعدل الامراء وسخاوة 
الاغنياء ودعاء الفقراء
Dunia akan tegak dengan empat pilar (1) Ilmu para Ulama' (2) keadilan para Pemimpin (3) Kemurahan hati para Dermawan (4) Doa orang-orang Fakir

Dengan acara Hol Tahunan 4 elemin penting berkumpul jadi satu. Yang pintar membimbing dengan Ilmunya, yang berkuasa mengarahkan dengan keadilannya, yang kaya menyumbang dengan hartanya, sementara yang Miskin mendukung dengan Doa-doanya. 

Semoga Allah menerima Ibadah Kita dan membimbing kita semua, Amin.

Posting Komentar untuk "MENYANGGAH BUMI DENGAN DOA"