Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MAJLIS SHALAWAT AHAD KLIWON KEMBALI MENGALUN

Suasana Khusuk Jamaah Shalawat Ahad KliwonHalaman Masjid Nurul Huda Tlogosari Selatan
Sabdarianada.id. Awan hitam yang menyelimuti wajah kecamatan Sumbermalang dan sekitarnya pada Sabtu siang 14 Maret 2020 membuat ketar-ketir sejumlah pengurus dan Penyelenggara  Majlis Shalawat Ahad Kliwon. 

Bagaimana tidak khawatir, berdasarkan pantauan cuaca pada hari-hari sebelumnya, jika awan pekat turun ba'da Zhuhur biasanya bekal turun Hujan hingga malam hari. Lebih mengerikan lagi apabila hujan disertai Angin, pohon-pohon bertumbangan, jaringan Listrik pun akan ikut-ikutan padam.

Kalau sudah demikian, Kegiatan apapun akan terganggu. Masyarakat menjadi enggan keluar rumah. Bukan karena takut virus Corona, tapi karena sibuk membenahi atap bocor dirumahnya masing-masing, ada juga yang karena sudah malas basah-basahan kehujanan di malam hari. 

Namun demikian Pengurus dan Penyelenggara tetap berusaha semangat mempersiapkan semuanya. Sejak pagi  mereka bergotong-royong bersama sejumlah warga mempersiapkan segala keperluan. Mendirikan Panggung, menata lampu dan peralatan Sound Sistem, mempersiapkan tikar, agar Agenda Rutin setiap Malam Ahad Kliwon itu tetap berlangsung khusyuk dan meriah. 

Tidak kalah sibuknya, sejumlah Muslimat di dapur juga terlihat mempersiapkan sesuatu. Maklum Negara Abdul Buthun ( hamba perut). Rasa-rasanya belum disebut selamatan, kalau tidak menyertakan makanan. Kegiatan apapun yang digelar, harus selalu melibatkan acara makan-makan. 

Berdasarkan pantauan salah seorang pengurus, sejak malam di dapur sudah dipersiapkan aneka jajanan. Ada kue dadar, sumpel, goreng sukun, kucur, goreng pisang. Belum lagi kue-kue yang dikirim oleh tetangga sekitar. 

Sangat disayangkan jika acara yang sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari itu tidak berlangsung sukses karena cuaca yang kurang mendukung. "Semoga saja Shadaqoh mereka, jerih payah mereka dicatat sebagai amal Shaleh di sisi Allah, SWT", keluhnya resah. 

Jam 17.00 Wib hujan berangsur-angsur reda. Kebut kelam diwajah para penyelenggara perlahan hilang. Pekik Takbir dan Tahmid dihati  para Jamaah berulang kali terucap. Allah telah menjawab kegelisahan hamba-hambanya. Cuaca berlangsung cerah hingga acara usai. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya kegiatan yang berkolaborasi dengan Khadim Majlis Zdikir Alwaly ini dilaksanakan rutin setiap malam Ahad Kliwon, tempat berpindah-pindah sesuai permintaan Jamaah. Untuk bulan ini ditempatkan di halaman Masjid Nurul Huda Tlogosari Selatan. 

Sesaat sesudah Jamaah Shalat Maghrib para jamaah mulai berdatangan. Tidak butuh waktu lama, halaman Masjid Nurul Huda penuh sesak oleh Jamaah Muslimin-Muslimat yang datang dari berbagai Pedukuhan di Wilayah Tlogosari dan sekitarnya. 

Jam 19.00 Wib  KH. Syamsul Arifin Abdullah Khodim Majlis Alwaly serta Pengasuh Pondok Pesantren Kanzus Shalawat Kraksaan  tiba di lokasi. Melihat kehadiran beliau Jamaah semakin bersemangat. 

Dengan gayanya yang sangat bersahaja tidak lupa Ra Arif begitu beliau akrab disapa, menyapa para Jamaahnya. " Tak Tobuk epoppo ojen tretan", (belum kapok kehujanan)  "Tobuuuuuk"  (Kapok) Jawab jemaah disusul tepuk tangan serentak. 

Gelar Do'a, Zdikir dan Shalawat membahana. Dipimpin Ra Arif yang bersaja para Jamaah larut penuh Khusyuk. Berbagai Doa, Zdikir dan Shalawat dikumandangkan menjadi kado indah bagi keselamatan Bangsa dan Negara serta umat seluruhnya. 

Dalam tausiyahnya tidak lupa KH. Syamsul Arifin memotivasi para Jemaah agar jangan bosan-bosan bershalawat kepada Rosulullah.Shalawat tidak hanya mampu membuka pintu-pintu Rahmat Allah di Akhirat, tapi juga dunia, begitu beliau mengungkapkan. 

Tidak ketinggalan beliau juga menyampaikan kisah nyata yang sangat populer dikalangan Muballigh, tentang seseorang yang selamat dari jerat pidana barokah Shalawat. 

Seperti pada pertemuan-pertemuan sebelumnya jamaah sangat antusias mengikuti ceramah beliau yang lugas, gamblang dan penuh humor bermakna. 

"Selamat bertemu kembali pada pertemuan bulan berikutnya" Begitu beliau menutup ceramahnya, yang disambut Amiin seluruh jamaah.

Semoga Allah membimbing dan mengampuni dosa-dosa kita, Amin

Kunjungi Juga

https://youtu.be/aUTC32ENljE

Posting Komentar untuk "MAJLIS SHALAWAT AHAD KLIWON KEMBALI MENGALUN"