Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SUMBER KONANG, BERKAH BARU UNTUK MENANG


Perbersihan dan Pembongkaran sumber Konang

Sabdarianada Id | "Ijin  ke Sungai pak sebentar", kata salah seorang guru pada suatu ketika. Kepala Madrasah langsung saja menganggukkan kepala  tanpa merasa perlu bertanya untuk apa ke sungai. 

Sang Kepala sepertinya sudah mafhum, karena peristiwa serupa cukup sering terjadi. Jika sekedar haus atau ingin buang air kecil, tentu bisa diatasi dengan segelas Air meneral. Akan tetapi jika limbah berat yang mendesak minta keluar, tidak ada jalan lain selain  melarikan diri kesungai atau sedikit malu-malu nompang Toilet tetangga. 

Sangat beruntung jarak antara Madrasah dengan Sungai lumayan dekat, bisa ditempuh 5 menit dengan bersepeda motor ke ujung selatan Desa Baderan. Sungainya dangkal,  penduduk setempat menyembutnya Songai Laok. Tempatnya  tersembunyi persis  di balik Jembatan pintu masuk  Desa Tamankursi. Sangat efektif jika digunakan berkontemplasi  dengan posisi Jongkok sambil rokaan. 

Seperti sering diberitakan sebelumnya, Sabda Ria Nada acapkali kekurangan Air. Tiga Jalur Air yang disediakan oleh lembaga tidak cukup memenuhi kebutuhan Ratusan Siswa dan Santri, terutama di musim kemarau. Belakangan kendati masih musim penghujan persediaan air semakin kedodoran. Ada kemungkinan karena Debet air yang semakin berkurang, sementara penerima manfaat dari tahun ketahun selalu bertambah. 

Akibatnya kelucuan seperti yang utarakan di awal tulisan ini kelap kali terjadi. Beberapa orang guru/murid terpaksa harus buru-buru meninggalkan madrasah karena limbah berat yang mendesak minta keluar. 

Ini baru untuk satu keperluan, pembuangan limbah berat. Belum lagi keperluan lain yang intensitasnya lebih tinggi, seperti minum, mandi, mencuci dan berwudhu'. Benar kata para Pakar, "tanpa makan manusia masih bisa bertahan hidup hingga 40 hari lamanya, akan tetapi tanpa Air manusia tidak akan bisa bertahan hidup lebih dari 7 hari. Jangan kaget, karena lebih dari 73 % zat pembentuk tubuh manusia adalah air. 

Penting bagi kita  manusia untuk  selalu melestarikan dan menjaga agar air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melakukan pengelolaan air yang baik seperti penghematan, tidak membuang sampah dan limbah yang dapat membuat pencemaran air sehingga dapat menggangu ekosistem yang ada. 

PEMBANGUNAN SUMBER KONANG

"Sumber Konang", begitu  suara hati saya berbisik ketika pertama kali tiba di lokasi. terletak  di ujung Timur Desa Baderan sekitar 2500 M selatan Yayasan Sabda Ria Nada. 

Akses jalan menuju Sumber Konang cukup baik, bersepeda motor hingga ke sebelah timur Pondok Pesantren Nurul Hidayah Baderan. Selanjutnya sekitar 500 M ditempuh dengan  berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang naik turun. 

"Konang" Berasal dari Bahasa Jawa "Konangan" Yang artinya kelihatan. Diberi nama Sumber Konang karena menurut penduduk setempat walau terjadi kemarau panjang Air sumber Konang tetap kelihatan, mengalir, tidak mati walaupun banyak sumber lainnya kering. Pemberian nama Sumber konang juga karena di malam hari daerah tersebut banyak ditemukan Kunang-kunang berterbangan, nionnya berkelap-kelip seperti lampu di kota. 

Airnya yang mengalir jernih dengan Debet 30 liter/detik keberadaan Sumber konang sudah cukup lama menjadi incaran para penggiat Air bersih Desa-desa tetangga. Seperti Kalirejo, tamansari, Tlogosari dan Plalangan. 

Rupanya penunggu Sumber Konang lebih memilih Sabda Ria Nada sebagai Majikannya. Hingga pada tanggal 2 Januari 2021 Pak Anti Baderan selaku pemilik Lahan di mana Sumber itu berada  dengan suka rela telah menghibahkan Sumber Konang dan lahan seluas 3x4 M kepada Yayasan Sabda Ria Nada. Hingga tulisan ini dibuat, pembangunan Sumber Konag telah menelan biaya  Rp. 60.800.000,- ( enam puluh juta Delapan Ratus Rupiah.) 

Dengan bimbingan Allah dan Mujahadah semua pihak insyaallah 15 hari kedepan mata air sumber konang sudah bisa mengalir hingga ke Sabda Ria Nada, menyapu jeding-jeding kumuh para santri yang jarang terisi Air. Pihak Yayasan juga berencana akan membangun jeding-jeding umum di sekitar Madrasah agar masyarakat sekitar bisa turut serta menikmati. 

Kemurahan hati bapak Anti dan keluarga akan dicatat sebagai Amal Shalih oleh Allah. Dimudahkan semua urusannya, Barokah Umur dan Rizqinya. Seluruh anak keturunannay dimuliakan oleh Allah, SWT Amin. 

Kunjungi juga

https://youtu.be/uB8hNqtgAzw



Posting Komentar untuk "SUMBER KONANG, BERKAH BARU UNTUK MENANG"