Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keseruan Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan Indonesia di YPI Sabda Ria Nada

Suasana Khidmad upara HUT RI ke 76
di halaman Yayasan Sabda Ria Nada
Kuntributor Lailatul Fajriyah*

Sabdarianada Id | MERDEKA! Sebuah kata sederhana namun memiliki arti yang sangat bermakna. Sebuah kata yang sering kita dengarkan pada hari kemerdekaan, tepatnya pada tanggal 17 Agustus. Setiap tanggal tersebut, masyarakat Indonesia selalu mengadakan upacara kemerdekaan. Tidak hanya itu saja berbagai macam perlombaan juga diadakan. Namun, itu semua hanya cerita lama, sejak COVID-19 menyebar di Indonesia, tidak ada lagi perlombaan untuk memperingati hari kemerdekaan. Tak ada lagi upacara bendera di setiap sekolah maupun kecamatan. Kini, kita hanya bisa mengikuti upacara bendera secara virtual saja.

Namun, jika kita jelajahi Indonesia lebih jauh lagi, kita akan menemukan beberapa sekolah yang melaksanakan upacara kemerdekaan. Salah satu sekolah yang masih melaksanakan kegiatan tersebut ialah Yayasan Pendidikan Islam Sabda Ria Nada. Sebuah Yayasan yang sudah berdiri sejak tahun 2002 silam. Dari wajah mereka terlihat jelas bahwa, virus yang sedang menyebar tidak akan meruntuhkan semangat kemerdekaan di diri mereka. Mereka percaya bahwa Virus Corona akan segera berakhir.

Semangat api yang tertanam di jiwa mereka mulai bergejolak saat pembina upacara yang tak lain adalah KH. Hasbiallah, S. Ag. meneriakkan slogan-slogan penyemangat serta memberitahu para siswa tentang sebuah perjuangan untuk merubah keadaan sosial masyarakat sekitar. Bahkan, beberapa tamu undangan terharu mendengar cerita dari Pendiri YPI Sabda Ria Nada tersebut. Di akhir upacara, kita dapat melihat penampilan Drumband dari siswa-siswa Sabda Ria Nada. Tidak hanya itu saja, pengundian hadiah pun dilakukan untuk beberapa orang yang beruntung. Begitulah serentetan keseruan perayaan kemerdekaan di YPI Sabda Ria Nada.

Namun, di antara kalian pasti ada yang bertanya-tanya, kenapa sih kita harus melaksanakan upacara 17 Agustus? Ya, biasanya mereka adalah orang-orang yang tak memiliki kesadaran patriotisme yang tinggi. Padahal ada beberapa manfaat, mengapa kita harus mengikuti upacara 17 Agustus!

Ketua Yayasan beserta Dewan Guru dan Pasukan Pengebar Bendara usai Upacara 

Membiasakan Diri untuk Bangun Lebih Pagi

Ya, alasan ini sangat cocok untuk kita yang sering bangun siang, karena kita akan merasa kesulitan saat disuruh bangun pagi. Namun, saat kita dituntut bangun pagi, kemudian berangkat ke lokasi upacara, itu sudah merupakan nilai plus untuk kita. Yang mana, bangun pagi ini sebenarnya juga bermanfaat untuk tubuh kita. Karena tubuh kita akan dilatih untuk melakukan aktivitas yang sehat, mulai dari buang air, mandi hingga menghargai tubuh kita sendiri.

Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme

Dengan mengikui upacara kemerdekaan akan menimbulkan jiwa nasionalisme pada diri kita. Hal ini, karena upacara kemerdekaan bukan sekedar ritual atau tradisi semata. Dalam pelaksanaannya upacara menjadi salah satu cara untuk mengenang para pahlawan yang telah berjuang demi Tanah Air tercinta. Oleh karena itu, kegiatan ini bisa memupuk jiwa nasionalisme anak bangsa.

Mampu Menghargai Waktu

Dengan mengikuti upacara kemerdekaan kita dilatih untuk menghargai waktu. Mengapa demikian? Karena, kita harus bisa memperkirakan waktu keberangkatan ke lokasi upacara agar tidak telat. Hal ini, sangat bermanfaat untuk masyarakat Indonesia yang sering kali menggunakan jam karet jika akan pergi ke sebuah acara.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari mengikuti upacara kemerdekaan! Sebenarnya, masih banyak manfaat yang akan kita rasakan saat mengukuti upacara kemerdekaan. Yang mana manfaat-manfaat tersebut bisa kita rasakan pada diri kita sendiri. Setelah mengetahui beberapa manfaat tersebut, apakah kamu tergerak untuk mengikuti upacara kemerdekaan? Yuk, jangan sampai kalah dengan mereka yang selalu berada di barisan depan saat upacara bendera!

*Mahasiswi Ilmu Tafsir UIN MALIKI Malang. Sedang menjalani Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI) di Pondok Pesantren Sabda Ria Nada

Kunjungi juga

https://youtu.be/Elm5xefkdP8

Posting Komentar untuk "Keseruan Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan Indonesia di YPI Sabda Ria Nada"