Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tradisi Mengaji Alquran di Pondok Pesantren Sabda Ria Nada Memiliki Banyak Keutamaan


Para Santri Khusuk membaca Alquran
Kontributor : Lailatul Fajriyah*

Sabdarianada Id | Tradisi Mengaji Alquran di Pondok Pesantren Sabda Ria Nada Memiliki Banyak Keutamaan

Siapa sih yang tidak tahu tentang Alquran? Bahkan orang non-muslim saja mempelajari kitab suci satu ini. Membaca Alquran merupakan salah satu aktivitas orang muslim yang dilakukan diberbagai kesempatan. Bahkan, sebagai seorang muslim, kita sudah mempelajari Alquran mulai dari kecil. Lantunan ayat suci Alquran pasti sudah sering kamu dengarkan bukan? Baik itu melalui media elektronik seperti MP3 maupun mendengarkannya secara langsung, misalnya di surau. 

Kamu juga bisa mendengarkan lantunan ayat suci Alquran di Pondok Pesantren. Yang mana mengaji Alquran merupakan suatu tradisi yang dilakukan di Pesantren. Tidak seperti di masyarakat pada umumnya, yang mana mengaji Alquran hanya saat mood atau sedang menginginkan sesuatu saja. Pondok Pesantren menghimbau santriwan maupun santriwati untuk senantiasa membaca Alquran setiap harinya.

Salah satu Pondo Pesantren yang juga melakukan kegiatan satu ini ialah Pondok Pesantren Sabda Ria Nada yang berada di kecamatan Sumbermalang, kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Di sini kamu bisa menemukan kegiatan mengaji Alquran pada tiga waktu yaitu bada Shubuh, Dhuhur dan Maghrib. Jika kamu melewati Pondok Pesantren tersebut pada ketiga waktu tersebut, kamu akan mendengarkan lantunan ayat suci ke luar dari lisan santriwan dan santriwati.

Ternyata mengaji Alquran yang sering dilakukan oleh umat Muslim bukanlah sesuatu yang percuma. Karena banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengaji Alquran dengan istiqamah. Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengaji Alquran? Yuk simak beberapa manfaat berikut ini!

Menuntun Ke jalan yang Benar, Baik dan Selamat

Allah swt. sudah menjelaskan dalam Q.S. al Isra’: 9 yang berbunyi:

إِنَّ هَذَا الْقُرْانَ يَهْدِيْ لِلَّتِيْ هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصَّالِحَابَ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيْرًا

“Sesungguhnya Alquran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal shaleh bahwa bagi meraka ada pahala yang besar

Dari ayat tersebut sudah jelas menjelaskan bahwa Allah swt. memberikan petunjuk menuju jalan yang paling baik yaitu jalan Islam. Bukan hanya itu saja, ayat tersebut juga menjelaskan bahwa Allah swt. akan memberikan pahal dan ganjaran yang besar disisi Allah swt., untuk orang-orang mukmin yang beramal shaleh.

Menstabilkan Denyut Jantung Serta Tekanan Darah

Lantunan ayat-ayat suci Alquran akan memberikan efek relaksasi bagi orang-orang yang membaca maupun mendengarkannya. Hal ini juga bisa menjadi solusi untuk menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung yang tidak stabil. Mengapa hal demikian bisa terjadi? Karena proses relaksasi yang dilakukan akan mengaktifkan dan mengendalikan saraf otonom pada tubuh, sehingga akan membuat tekanan darah dan denyut jantung menjadi stabil.

Mengusir Makhluk Ghaib yang Berada di Rumah

Salah satu manfaat mengaji Alquran ialah mengusir makhluk ghaib seperti setan. Yang mana setan ini merupakan musuh utama manusia, karena selalu mengajak pada keburukan. Hal ini, juga dijelaskan dalam firman Allah swt., Q.S. al Fathir: 6:

إِنَّ اشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَتَّخِذُوْهُ عَدُوًّا قلى اِنَّمَا يَدْعُوْا حِزْبَهُ لِيَكُوْنُوْا مِنْ اَصْحبِ السَّعِيْرِ قلى 

“Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala

Hal ini tidak hanya dijelaskan dalam Alquran saja, namun dalm sebuh hadis shohih juga dijelaskan. Yang mana arti dari hadis shohih tersebut ialah sebagai berikut:

Rasulullah saw., bersabda: Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan salat dan membaca Alquran didalamnya), sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibaca didalamnya surat al Baqarah’”

Kamu juga bisa menemukannya dalam riwayat At-Tirmidzi yang mana artinya:

Sesungguhnya setan tidak akan masuk ke dalam rumah yang dibaca didalamnya Surah al Baqarah

Rumah Menjadi Hidup

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw.: Rumah yang sering disebut nama Allah swt. didalamnya dan rumah yang tidak disebut dengan nama Allah swt. didalamnya bagaikan perumpamaan orang yang hidup dan orang yang mati

Dari sabda Rasulullah di atas saja sudah jelas mengatakan bahwa, umat Muslim dianjurkan untuk selalu berzikir kepada Allah swt. dan selalu membaca Alquran di dalam rumahnya. Dan jangan sampai rumah tersebut dikosongkan dari berzikir kepada Allah swt.

Membuat Seseorang Berperilaku Mulia

Jika kamu membaca Alquran dengan hati yang tenang dan perasaan bahagia, maka  hal itu dapat merubah perilaku kamu menjadi lebih baik. Sebagaimana sabda Rasulullah saw. yang berbunyi: sebaik-baiknya manusia adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya kepada orang lain (HR. Bukhori)

Memberi Karunia Mahkota yang Berkilauan Kepada Orangtua Kita

Ternyata mengaji Alquran tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga bermanfaat untuk kedua orangtua kita. Yang mana di akhirat kelak, orangtua kita akan mendapatkan mahkota yang berkilauan. Hal ini juga bisa menjadi bukti kecintaan kita terhadap kedua orangtua. Bahkan, Rasulullah saw., bersabda:

Siapa yang membaca Alquran dan berusaha mengamalkannya, maka kelak di hari kiamat kedua orangtuanya akan diberi mahkota yang bersinar lebih baik daripada sinarmatahari di duni. Bagaimana menurutmu orang yang mampu mengamalkan hal ini? (HR. Bukhori)

Mendapatkan Pahala yang Lebih Besar Daripada Pahala Salat Sunnah

Alquran tidak hanya memberikan manfaat untuk orang yang mendengarkan maupun membacanya. Namun, Alquran juga memberikan manfaat kepada orang yang berusaha untuk mempelajarinya walaupun hanya satu ayat saja. Bahkan, pahala yang diberikan pun lebih besar daripada salat sunnah 100 rakaat.

Hal ini dikarenakan, karena jika belajar satu ayat maka akan bersambung kepada ayat-ayat selanjutnya. Tidak hanya itu saja, dengan menggali hikmah dalam satu ayat Alquran dapat dipastikan akan memberikan banyak manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Nah, itu dia beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dalam membaca, mendengarkan maupun mempelajari Alquran. Jadi, tidak heran jika beberapa orang Islam mempelajari Alquran dengan sungguh-sungguh. Bahkan di antara meraka ada yang bisa membaca Alquran dengan tujuh bacaan yang berbeda. Lalu, bagaimana dengan kamu? Apa kamu sudah siap istiqamah membaca, mempelajari dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari?

*Mahasiswi Ilmu Tafsir UIN Maliki Malang. Sedang menjelani PKLI (praktek Kerja Lapangan integratif) di Pondok Pesantren Sabda Ria Nada

Posting Komentar untuk "Tradisi Mengaji Alquran di Pondok Pesantren Sabda Ria Nada Memiliki Banyak Keutamaan "