Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MALAS SHOLAT MALAM? Intip dulu Keutamaan Sholat Malam yang Harus Kamu Ketahui!

Berdiri membaca Yasin di tengah Lapangan, Sanksi bagi Santri yang terlambat Sholat Berjemaah
Kuntributor : Lailatul Faajriyah*

Sabdarianada Id| Shalat Tahajjud merupakan shalat Sunnah yang pengerjaannya dilakukan pada malam hari setelah shalat Isya hingga terbit fajar dan setelah bangun tidur. Mengenai shalat malam satu ini, Allah berfirman dalam Q.S al Muzammil: 6 yang berbunyi:

اِنَّ نَا شِئَةَ الَّيْلِ هِيَ اَشَدُّ وَطْئًا وَّاَقْوَمُ قِيْلاً (6)

“Sungguh, bangun malam itu lebih kuat (mengisi jiwa); dan (bacaan di waktu itu) lebih berkesan”

Bukan hanya itu saja, Allah juga menyerukan melaksanakan shalat Tahajjud pada Q.S. al Muzammil: 20. Sedangkan Rasulullah bersabda dalam sebuah Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Ahmad yang mana artinya sebagai berikut:

“Kerjakanlah shalat malam, karana shalat malam itu kebiasaan orang-orang yang saleh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah swt., juga penebus bagi segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindari penyakit dari badan.

Dengan melaksanakan shalat Tahajjud kita bisa mendapatkan keutamaan yang besar di dalamnya. Yang mana keutamaan shalat Tahajjud hanya bisa didapatkan oleh orang-orang yang istiqamah melaksanakannya. Berikut ini adalah keutamaan shalat malam yang bisa kita dapatkan!

Diangkat ke Tempat Terpuji

Dalam penggalan ayat suci-Nya, Allah berfirman bahwa ia akan mengangkat orang-orang yang melaksanakan shalat Tahajjud ke tempat terpuji. Tempat terpuji ini bisa dikatakan sebagai peluang masuk surga. Sebagaimana firman Allah swt., dalam Q.S al Isra: 79 yang berbunyi:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِه نَافِلَةً لَّكَ  عَسى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامَا مَّحْمُوْدًا (79)

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat Tahajjud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Dijauhkan dari Penyakit

Dengan izin Allah swt., orang-orang yang melaksanakan shalat Tahajjud akan dijauhkan dari berbagi macam penyakit baik penyakit fisik maupun batin. Allah akan selalu menjaga kesehatan orang-orang yang istiqamah melaksanakan salat Tahajjud.

Membuka Pintu Surga

Tujuan akhir umat Muslim ialah surga, maka dari itu selama hidup di dunia Allah memerintahkan kita untuk senantiasa melakukan perbuatan baik dan memberatkan amal yang dinilai baik. Salah satu caranya ialah dengan melaksanakan shalat Tahajjud, sebagaimana sabda Rasulullah saw.

Sebarkanlah salam, berikanlah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahmi dan shalatlah pada malam hari di saat orang lain tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat. (HR. At Tirmidzi)

Menghapus Dosa

Banyak cara untuk menghapus dosa-dosa yang sudah diperbuat di masa lalu, salah satunya ialah dengan melaksanakan shalat Tahajjud. Dengan mengistiqamahkan melaksanakan shalat malam ini, Allah akan menghapus dosa-dosa yang sudah kita perbuat selama hidup, namun kita harus melaksanakan salat tahajjud dengan ikhlas.

Nah, itu dia beberapa keutamaan yang akan kita dapatkan jika melaksanakan salat tahaajud dengan ikhlas dan istiqamah. Selain keutamaan-keutamaan di atas, salat malam ini juga menjadi tempat mustajab untuk berdoa. Karena, pada saat ini para malaikat akan turun ke bumi untuk mendoakan orang-orang yang melaksanakan salat malam.

Semoga Allah membimbing kita semua, Amin

*Mahasiswi Ilmu Tafsir UIN MALIKI Malang

Posting Komentar untuk "MALAS SHOLAT MALAM? Intip dulu Keutamaan Sholat Malam yang Harus Kamu Ketahui! "