Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Keutamaan Melaksanakan Salat Dhuha Selain Sebagai Wasiat dari Rasulullah SAW


7 Keutamaan Melaksanakan Salat Dhuha Selain Sebagai Wasiat dari Rasulullah SAW
Suasana pagi di Sabda Ria Nada

Sabdarianada. Id | Seperti yang diketahui, salat Dhuha merupakan salah satu ibadah Sunnah yang bisa menghasilkan pahala dan memiliki banyak keutamaan. Walaupun menjadi ibadah Sunnah, Rasulullah saw., senantiasa melaksanakan salat Dhuha. Bahkan Rasulullah saw., mengingatkan umatnya untuk melaksanakan ibadah satu ini, sebagaimana dalam sabdanya:

Kekasihku telah berwasiat kepadaku tentang tiga perkara yang tidak aku tinggalkan hingga mati; Puasa tiga hari setiap bulan, salat Dhuha dan tidur dalam keadaan sudah melaksanakan salat Witir. (HR. Bukhori).

Selama ini keutamaan salat Dhuha yang paling terkenal ialah memudahkan umat muslim untuk mendapatkan rizki. Namun, masih banyak keutamaan lainnya yang perlu diketahui. Apa saja keutamaan tersebut? Silahkan simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut!

1. Mendapat Ampunan Atas Segala Dosa yang Dimiliki

Setelah melakukan sesuatu yang bertentangan dengan syariat pasti akan mendapatkan balasan berupa dosa baik dosa kecil maupun besar. Apalagi, manusi merupakan tempatnya berbuat salah dan dosa baik itu disengaja maupun tidak. Bahkan, masih banyak yang melakukan maksiat, walaupun dirinya tahu bahwa itu perbuatan yang dilarang.

Walaupun begitu, Allah swt., tetap mengampuni sebanyak apapun dosa hamba-Nya, asalkan melakukan taubat dan tidak mengulanginya lagi. Apalagi, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menebus dosa seperti melaksanakan salat Dhuha, sebagaiman dalam sebuah hadis:

Siapa saja yang membiasakan salat Dhuha, dosanya akan diampuni walaupun sebanyak buih di lautan. (HR. At-Tarmidzi).

Sehingga sudah jelas bahwa salah satu keutamaan salat Dhuha ialah sebagai perantara Allah swt., untuk mengampuni dosa-dosa hamba-Nya. Walaupun dosa tersebut sangat banyak sebagaimana buih di lautan, tapi Allah swt., tetap akan mengampuninya.

2. Salat Orang-Orang yang Bertaubat

Nama lain dari salat Dhuha ialah salat Awwabin yaitu salatnya orang-orang yang bertaubat atau kembali kepada Allah, sebagaimana dalam sebuah hadis:

صَلاَةُ الأَوَّابِيْنَ حِين تَرمَضُ الفِصَالُ

“Salat Awwabin ialah saat anak unta merasakan terik matahari.” (HR. Muslim).

3. Dibangunkan Istana di Surga

Dalam hadis riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah, Rasulullah saw., bersabda tentang manfaat melaksanakan salat Dhuha 12 rakaat. Di mana orang yang mengerjakan salat Dhuha akan diberi istana di Surga oleh Allah swt., sebagaimana bunyi hadis:

Barang siapa yang melaksanakan salat Dhuha sebanyak 12 rakaat, maka Allah akan membuatkan istana di surga-Nya.

4. Terhindar dari Sifat Lalai

Setiap orang pasti tidak ingin dikatakan sebagai orang yang lalai atau lengah. Maka dari itu, banyak manusia yang berusaha untuk menghindari sifat tersebut dengan mencari rahmat Tuhan. Salah satu caranya ialah dengan melaksanakan salat Dhuha sebagaimana sabda Rasulullah saw.:

Orang yang mengerjakan salat Dhuha tidak termasuk golongan orang lalai. (HR Al-Baihaqi dan An-Nisai).

5. Memperlancar Rezeki

Sebenarnya keutamaan melaksanakan dua rakaat salat Dhuha senilai dengan 360 sedekah yang dikaitkan dengan lancarnya rezeki. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Muslim berikut ini:

Setiap pagi, seluruh ruas anggota badan kalian akan dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih, tahmid, tahlil, takbir, meneyeru kepada kebaikan dan melarang kemunkaran merupakan sedekah. Namun, semua itu dapat diganti dengan melaksanakan salat Dhuha dua rakaat. (HR. Muslim).

6. Harta Rampasan Terbanyak

Apa kaitannya antara harta rampasan dengan salat Dhuha? Kaitan antara keduanya ialah dengan melaksanakan salat Dhuha bisa mendapatkan rezeki yang berkah sebagaimana sabda Rasulullah saw.

Baransiapa yang berwuduhu lalu pergi ke masjid pada waktu pagi untuk melaksnakan salat Dhuha, maka hal itu merupakan peperangan paling dekat, ghanimah paling banyak dan kembalinya lebih cepat. (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

7. Memudahkan Segala Urusan

Salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan melaksanakan salat Dhuha Dengan bersuhud dan memohon pada Allah swt., segala urusan di dunia maupun akhirat akan dijamin kemudahannya. Apalagi waktu Dhuha diyakini sebagai waktu yang tepat untuk berdoa.

Jika seseorang berdoa pada waktu tersebut, maka malaikat akan membantunya agar doa orang tersebut diterima oleh Allah swt., sehingga kamu bisa melakukan segala urusan dengan mudah dan tenang.

Demikianlah beberapa keutamaan salat Dhuha yang wajib diketahui. Semoga Allah memberikan hidayah serta taufik supaya kita bisa merutinkan salat yang mulia ini. 

Semoga Allah mudahkan semua urusan kita, Amin

 * Kuntributor Lailatul Fajriyah Mahasiswa Jurusan Tafsir UIN Maliki Malang

Posting Komentar untuk " 7 Keutamaan Melaksanakan Salat Dhuha Selain Sebagai Wasiat dari Rasulullah SAW"