Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebelum Ajal Tiba, Minimal 8 Surat ini Anda Hafal dan pernah Anda Baca!

Penulis tinggal di G. Madura Belakang Gedung Bioskop Kraksaan Probolinggo

sabdarianada, id | Jika kamu saja bisa menghafalkan lirik lagu, jadi bukan hal yang mustahil untuk menghafalkan Alquran. Saat mendengarkan lagu berulang-ulang kamu bisa hafal, begitupun dengan menghafal Alquran. Maka dari itu, mulailah untuk membiasakan diri menghafalkan lantunan ayat suci Alquran baik saat perjalanan maupun di rumah.

Oleh karena itu, sebelum meninggalkan dunia fana ini, setidaknya kamu menghafal beberapa surat dalam Alquran. Kalau bisa menghafalkan lebih banyak surah sebenarnya itu lebih baik. Nah, apa saja surah yang wajib kamu hafal sebelum meninggal? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Al Mulk

Surah pertama yang wajib kamu hafalkan ialah al Mulk yang merupakan surah ke-67 dalam urutan Alquran. Untuk menemukan surah ini sangat mudah, sebab berada di awal juz ke-29. Kamu pun cukup menghafalkan 30 ayat saja. Mengapa harus al Mulk? Dalam sebuah hadis riwayat Tirmidzi dijelaskan bahwa, ada satu surah dalam Alquran yang terdiri dari 30 ayat dan mampu memberikan syafaat bagi yang membacanya sampai ia diampuni yakni, al Mulk.

Al Kahfi

Dalam Alquran, al Kahfi merupakan surah ke-18 yang berjumlah 110 ayat, yang mana ayat 1-74 terdapat di juz 15 dan ayat 75-110 di juz 16.. Surah al Kahfi ini salah satu dari surah Makkiyah. Nah, untuk ayat yang dihafalkan cukup 10 ayat pertama saja, namun kalau kamu mau menghafalkan satu surah pun tidak masalah. Hal ini sesuai dengan hadis riwayat Muslim yang berbunyi, barangsiapa menghafal 10 ayat pertama dalam surah al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah dajjal.

Ar Rahman

Surah yang terdapat di juz 27 ini akan mengingatkan seorang mukmin untuk bersyukur. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan syafaat di akhirat kelak. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Jafar yaitu, apabila seseorang membaca surat ini dan meninggal, maka meninggalnya seperti mati syahid.

Al Baqarah

Dalam Alquran, surah al Baqarah berada dalam, urutan ke-2 dan berjumah 286 ayat, di mana ayat 1-141 terdapat di juz 1, ayat 142-252 berada di juz 2 dan ayat 253-286 di juz 3. Al Baqarah diturunkan di Madinah. Kamu cukup menghafalkan dua ayat terakhir dari surah ini, kalaupun ingin menghafalkan seluruhnya diperbolehkan. Sebagaimana dalam hadis riwayat Bukhari yang berbunyi, barangsiapa yang membaca dua ayat terakhir surah al Baqarah pada malam hari, niscaya dia akan diberi kecukupan.

Yasin

Surah Yasin memiliki kandungan arti yang istimewa. Pasalnya, jika seorang muslim membaca surah tersebut, maka dosa-dosanya dapat diampuni. Namun, tidak cukup hanya membacanya satu kali saja, setidaknya jadikan surah Yasin sebagai salah satu amalanmu, jangan lupa untuk menghafalkannya juga. Apalagi surah ini hanya terdiri dari 83 ayat saja.

Al Ikhlas, Al Falaq dan Al Nas

Tiga surah terakhir dalam Alquran ini memiliki keutamaan untuk perlindungan bagi umat muslim dari bahaya dunia. Ketiga surah ini pun bisa menjadi jalan keluar bagi umat muslim dari segala jenis kekhawatiran yang dialami.

Firman-firman Allah swt. yang sudah disebutkan di atas, setidaknya harus dihafalkan oleh umat muslim. Apalagi, surah-surah tersebut merupakan bukti dari kebesaran Allah swt. terhadap hamba-hambanya. Kesejahteraan di dunia dan kebaikan di akhirat, insyaAllah akan diperoleh oleh umat muslim yang mengamalkan surah-surah tersebut. Semoga Allah selalu membimbing kita, Amin

Posting Komentar untuk "Sebelum Ajal Tiba, Minimal 8 Surat ini Anda Hafal dan pernah Anda Baca! "