Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Amalan 10 Terakhir Bulan Ramadhan yang Bisa Diamalkan

Kontributor: Lailatul Fajriyah*

sabdarianada Id | 10 terakhir bulan Ramadhan dikenal sebagai malam turunnya Lailatul Qadr. Malam tersebut juga dikenal sebagai malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. 

Membahas 10 terkhir di bulan Ramadhan, hal apa saja yang sudah kita lakukan untuk melengkapi ibadah di bulan Ramadhan? 

Jika masih bingung dengan amalan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengisi 10 terakhir Ramadhan, yuk kerjakan beberapa amalan di bawah ini!

1. Melakukan Ibadah dengan            Sungguh-Sungguh

Nabi Muhammad saw. mengibaratkan kita agar mengencangkan ikat pinggang, yang mana tidak lain untuk melakukan ibadah. 

Jadi, selama 10  terkhir bulan Ramadhan inilah kita diminta untuk menunda kesenangan hanya untuk beribadah dengan bersungguh-sungguh. 

Melakukan ibadah bisa dilakukan dengan banyak cara baik di masjid, rumah dan lingkungan/masyarakat. 

Di 10 terkhir Ramadhan ini, Allah menginginkan hambanya untuk tetap melakukan ibadah dengan bersungguh-sungguh untuk melengkapi ibadah-ibadah lainnya yang dilakukan pada hari-hari sebelumnya.

2. Memperbanyak Sedekah

Meningkatkan sedekah telah menjadi salah satu amalan utama selama 10 hari terakhir untuk mengungkapkan rasa syukur atas berkah Ramadhan, serta untuk melengkapi puasa dan ibadah pribadi lainnya. 

Karena keyakinan dan kualitas ibadah seseorang tidak sempurna kecuali ada keseimbangan antara ibadah ritual dan ibadah sosial. Sebagaimana firman Allah SWT.

تَتَجَافى جُنُوْبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُوْنَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَّطَمَعًا صلى وَّمِمَّا رَزَقْنهُمْ يُنْفِقُوْنَ

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan penuh harap, dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang kami berikan kepada mereka. (Q.S. as Sajadah: 16).

Bersedekah selama 10 hari terakhir tidak hanya diterjemahkan sebagai sedekah sukarela dalam bentuk zakat fitrah dan zakat mal. 

Tetapi juga disarankan untuk meningkatkan sedekah sunnah untuk berbagi kebahagiaan dan memberikan persediaan makanan bagi orang miskin selama Idul Fitri baik berupa harta, makanan, pakaian, sedekah untuk anak yatim dan dhuafa dan lainnya.

3. Melakukan Itikaf

I'tikaf artinya tinggal di masjid untuk beribadah kepada Allah SWT. Tidak ada yang meninggalkan masjid kecuali untuk memenuhi kebutuhan manusianya. 

I'tikaf memiliki lokasi dan kegiatan tertentu yaitu, masjid untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui dzikir, salat fardhu, membaca Alquran dan lain sebagainya. 

I'tikaf dianjurkan setiap saat, tetapi dengan lebih menekankan pada sepuluh malam terakhir Ramadhan, seperti yang dikatakan Abdullah bin Umar RA.

Rasulullah saw. beritikaf pada sepuluhhari terakhir bulan Ramadhan. (HR. Muttafaqun Alaih).

Di masa pandemi Covid-19, sebagian umat Islam mungkin tidak dapat melakukan I'tikaf di masjid, namun semua kegiatan I'tikaf dapat dilakukan di rumah. 

Jika ingin tetap beri'tikaf sendirian di masjid, maka harus mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga kesehatan, membawa sajadah sendiri, memakai masker, berwudhu kembali di masjid dan tidak berjabat tangan.

4. Memperbanyak Doa

Umat Islam disunnahkan untuk memperbanyak doa, sebagaimana sabda Rasulullah saw. 

Aisyah bertanya, wahai Rasulullah saw. bagaimana pendapatmu jika aku mengetahui bahwa suatu malam adalah malam Lailatul Qadr? Apa yang harus aku ucapkan saat itu?’Maka Rasulullah saw. menjawab, ‘ucapakanlah اللهم انك عفو تحب العفو فاعف عني (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maka maafkanlah aku). (HR. Tirmidzi)

 5. Mengkhatamkan Alquran

Menkhatamkan Alquran adalah amalan yang tidak bisa ditinggalkan selama 10 hari terakhir Ramadhan. 

Bagi banyak umat Islam, praktek tersebut juga membawa kepuasan tersendiri, apalagi jika bisa dilakukan di dalam masjid.

6. Mencukupi Kebutuhan                  Keluarga

Mencukupi kebutuhan keluarga tidak selalu berarti membeli pakaian dan segala macam hal untuk mempersiapkan Hari Kemenangan. Kamu dapat melakukannya dengan berbuka puasa dengan membawa makanan. 

Membeli peralatan untuk Hari Raya juga akan dianggap praktek yang baik asalkan didasarkan pada niat yang tulus dan memenuhi semua kebutuhan keluarga. Ini adalah salah satu  Amalan pada 10 hari terakhir Ramadhan yang bisa Anda lakukan.

Selain melakukan amalan-amalan yang disebutkan di atas, kamu juga bisa melakukan amalan lainnya yang bermanfaat baik bagi diri sendiri atau orang sekitar, misal berbuat baik pada tetangga. 

Semoga amalan-amalan di atas bisa dilakukan dengan istiqamah supaya kita mendapat berkah dan pahala yang berlipat ganda selama bulan Ramadhan.


*Penulis Adalah Mahasiswi Ilmu Tafsir UIN Maliki Malang, tinggal di Kampung Melayu Kraksaan Probolinggo

Posting Komentar untuk " 6 Amalan 10 Terakhir Bulan Ramadhan yang Bisa Diamalkan"