Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapa Yang memenangkan Bulan Romadhan? *

                   Written by : Erwin Astutik

            Sabdarianada. Id |Apa yang terlintas dalam benak anda ketika membaca atau mendengar kalimat "Bulan Ramadhan" ? Menahan lapar di tengah-tengah perut keroncongan ? Buka bersama ? Tidak mampu tarawih karena membawa beban perut yang terlalu berlebihan atau bahkan drama sahur yang sering kesiangan ? Apapun itu, disadari atau tidak begitu banyak hal unik nan menarik yang tidak akan Anda jumpai pada bulan-bulan sebelumnya maupun bulan setelahnya.

            Bulan Ramadhan kerap kali disandingkan dengan bulan suci penuh ampunan dan bulan berkah penuh kenikmatan. Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan yang paling dinantikan oleh umat muslim diseluruh penjuru dunia. Hal ini berkenaan dengan keistimewaannya yang tidak ada pada bulan-bulan lainnya. Salah satu keistimewaan pada bulan Ramadhan yaitu, pahala amal perbuatan akan dilipatgandakan, dibukanya pintu kebaikan, bulan penuh ampunan dan adanya malam Lailatul Qadar. 

            Mengingat istimewanya bulan Ramadhan, banyak umat muslim berlomba-lomba melakukan kebaikan ataupun ibadah-ibadah Sunnah pada Bulan Ramadhan. Lalu siapakah yang akan memenangkan bulan Ramadhan ? Apakah termasuk Anda yang membaca artikel ini ?

             Menurut K.H Ahmad Satori Ismail selaku Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menyampaikan bahwa " Bulan Ramadhan menjanjikan banyak pahala bagi orang beriman yang berpuasa. Dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 183 disebutkan bahwa, orang yang sukses berpuasa Ramadhan adalah mereka yang ketakwaannya semakin kokoh. Sedangkan, kriteria orang yang sukses meraih kemenangan Ramadhan yaitu, selalu ada iman dalam hatinya. Apabila ada orang lain berbuat kesalahan iya akan menjadi pribadi yang mudah memaafkan,  tatkala berbuat salah Ia akan segera minta maaf, apabila sebelum bulan Ramadhan ia sering sholat di akhir waktu maka di bulan Ramadhan ia sholat di awal waktu, apabila di bulan sebelumnya ia sering sholat sendirian maka di bulan Ramadhan ia gemar sholat berjamaah".

          Orang yang sukses atau mampu memenangkan bulan Ramadhan yang dapat Suci kembali seperti bayi yang baru lahir. Sehingga, bergantung kepada usaha manusia dalam mendapatkan Fitrah tersebut. Seseorang mendapatkan kemenangan bulan suci Ramadhan adalah ia yang mampu berubah menjadi lebih baik dengan meninggalkan kebiasaan buruk serta mampu terus Istiqomah pada pada bulan-bulan setelahnya (Ustadz Erick Yusuf).

           Jadilah sebagai muslim yang selalu berbenah memperbaiki ibadah, tanpa harus menunggu bulan Ramadhan tiba. Karena bulan Ramadhan bukan hanya perkara satu bulan menahan dahaga, satu bulan mengumpulkan pahala dan satu bulan berhenti menumpuk dosa. Namun, tetap Istiqomah memperbaiki ibadah pada bulan-bulan setelahnya.


Refrensi : 

Republika. 2014. Yang Memenangkan Ramadhan. https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/n99a4624

Aditya, Rifan. 2021. 5 Keistimewaan Bulan Ramadhan, Muslim Wajib Tahu !. https://www.suara.com/news/2021/03/07/134520/5-keistimewaan-bulan-ramadhan-muslim-wajib-tahu-dan-paham?page=2

*Penulis Adalah Guru MTs Sabda Ria Nada, Alumni Yayasan Yatim Mandiri Indonesia Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Tinggal di Tlogosari Sumbermalang Situbondo

Posting Komentar untuk "Siapa Yang memenangkan Bulan Romadhan? *"