Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGENAL KHASIAT BESAR SHOLAWAT API

www.sabdarianada.Id

Sabdarianada.Id | Umat islam di pelbagai daerah memiliki kecenderungan yang beragam di dalam memberi nama sesuatu yang dianggap mulia. 

Ada yang memberi nama sesuatu berdasarkan ciri fisik yang mudah diingat, seperti Surat Al Ikhlas misalnya yang di Pedesaan lebih populer dengan nama "Kulhu" mengingat surat tersebut diawali dengan kata Kulhuwa ( قل هو ). Contoh lainnya adalah surat Al Baqorah ayat 255 yang sangat populer dengan sebutan Ayat Kursi, penamaan ini dapat dipastikan karena pada ayat tersebut ada kata (وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ ). 

Kecenderungan serupa juga terjadi pada nama-nama tempat dan kegiatan. Suatu kegiatan yang di dalamnya biasa dibacakan Yasin disebut "Yasinan", sementara kegiatan lain yang membaca Tahlil mereka sebut "Tahlilan". Tempat yang biasa digunakan ruku dan sujud disebut Masjid, kemudian ada tempat lain yg tempati sholat sewaktu-waktu disebut Mushalla dan seterusnya

Ada juga yang menamakan sesuatu berdasar Khasiat, keutamaan, dan Fadhilah yang mereka dapatkan. Contoh Surat albaqoroh ayat 201 : 

وَمِنۡهُمۡ مَّنۡ يَّقُوۡلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنۡيَا حَسَنَةً وَّفِى الۡاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

Dan di antara mereka ada yang berdoa, "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka." 

Karena cakupannya yang teramat luas  meliputi kajayaan dunia-Akhirat, entah siapa yang mengawali, umat Islam serempak menyebutnya "Doa Sapu Jagad". Seakan- seakan semua keluh-kesah hidup ini bisa teratasi hanya dengan membaca doa tersebut.

NAMA- NAMA SHOLAWAT  API

Sebagai Sholawat yang sangat populer terutama di indonesia, Sholawat Nariyah atau Sholawat Api  juga memiliki ragam nama dan sebutan. Konon nama "Nariyah" yang memiliki arti Api bermula dari kebiasaan Masyarakat Maghrib - sebutan bagi daerah-daerah di Afrika Utara - yang diyakini sebagai tempat terbenamnya Matahari. 

Penduduk Maghribi setiap kali ada permasalahan pelik atau menginginkan sesuatu yang besar, biasanya berkumpul di suatu tempat lantas membaca Sholawat Nariyah 4444×. Tak lama berselang mereka merasakan permohonannya terkabul begitu cepat secepat kilatan Api. 

Sementara salah seorang Ulama Naqsabandiyah terkemuka Sayyid Muhammad Haqqi Al Nazili wafat tahun 1301 H, menyebut Sholawat Nariyah dengan nama Sholawat al Tafrijiyah al Qurtubiyah. Kata Tafrij artinya kelonggaran, yang dimaksudkan adalah kelonggaran dari himpitan kesusahan. Hal ini dikarenakan Sholawat Nariyah atau Sholawat Tafrijiyah terbukti sangat Ampuh mengatasi kesulitan-kesulitan hidup. 

Sedangkan kata Al Qurtubiyah diambil dari nama penyusunnya yaitu Imam Abu Abdillah Muhammad ibn Ahmad Ibn Abi Bakar al Anshori al Andalusi al qurtubi, salah seorang pakar Tafsir terkemuka yang di Indonesia populer dengan sebutan Imam Qurtubi wafat 29 April 1273 M

Ada juga yang menyebut Sholawat Nariyah dengan nama Shalawat Taziyah, dengan Asumsi bahwa Sholawat tersebut  disusun oleh Syaikh Ibrahim bin Muhammad Ali At-Tazi, seorang ahli tasawuf, muhaddits dan faqih yang masyhur. Beliau wafat pada tanggal 9 Sya’ban tahun 866 H. 

Di lain pihak  para ulama Sufi  menyebut Sholawat Nariyah dengan nama Miftah al kanz al Muhid li Nayl Murad al Abid ( مفتاح كنز المخيط لنيل مراد العبيد ) yang artinya kunci gudang yang luas untuk terkabulnya keinginan manusia. 

Sementara umumnya Masyarakat indonesia menyebut Sholawat Nariyah dengan Sholawat Nuriyah yang artinya cahaya. Menurut KH.Zainol Muin Husni Lc penyebutan ini lebih sebagai plesetan dari kata Nariyah, mengingat penyebutan Nuriyah lebih sering terdengar dari kalangan awam.


TEKS LENGKAP SHOLAWAT NARIYAH


اللهم صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَماً تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍالذي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيمِ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُومٍ لَكَ.

 “Ya Allah, limpahkanlah sholawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sejumlah bilangan yang engkau tahu".

KHASIAT MEMBACA SHOLAWAT NARIYAH ATAU API

  1. Jika dibaca 11x setiap hari Rizqinya akan mengalir deras turun dari langit dan keluar dari Bumi
  2. Jika dibaca 11x setiap selesai Sholat Farduh, Rizqinya tidak akan putus-putus dan perjalanan Karirnya akan terus menanjak
  3. Jika dibaca 41x setiap selesai Sholat Subuh, semua hajatnya akan terkabul
  4. Jika dibaca 100x setiap hari akan memperoleh apa yang diinginkan melebihi yang dibayangkan
  5. Jika dibaca 313x tabir kehidupan akan tersingkap dan dapat melihat apa saja yang diinginkan
  6. Jika dibaca 1000x akan mendapatkan karunia yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya
  7. Jika dibaca 4444x apa yang dikehendaki secepatnya dikabulkan oleh Allah.
Demikian sekilas khasiat Sholawat Api atau Sholawat Nariyah, Semoga Allah selalu membimbing kita,Amin


Sumber bacaan
Amalan Sholawat Nariyah, KH. Zainol Munim Husni Lc, Pustaka Ilmu 2017. 

Posting Komentar untuk "MENGENAL KHASIAT BESAR SHOLAWAT API"