Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baca Dua Surat ini, Sakit ditubuh Anda pasti Ambyaaar

sabdarianada.Id

sabdarianada.Id | Bagi kaum Sarungan (sebutan lain kaum Santri) yang kebanyakan aktifitasnya dilakukan dengan cara duduk dilantai kadang tanpa alas,  Punya penyakit Ambeien atau wasir  pastilah dirasa sangat menggangu. Pasalnya orang yang memiliki penyakit Ambeien tidak akan kuat  duduk dalam waktu  lama dan biasanya ketika buang air besar selalu disertai darah. 

Suatu hari Rasulullah pernah menegor salah seorang  Sahabat bernama Imron bin Husaen karena duduknya yang tidak bisa tenang. Di hadapan Nabi, Imron bin Khusaen ahirnya mengaku kalau sudah belasan tahun menderita Wasir atau Ambeien. Rasulullah lalu berdoa, pada saat itu juga penyakit Imron bin Husaen sembuh. 

Keesokan harinya, Imron bin Husaen buru-buru menemui Nabi,  kepada Rasulullah Imron bin Husaen meminta agar penyakitnya dikembali lagi. Imron bin Husaen mengaku semenjak penyakitnya sembuh tidak ada lagi Malaikat yang biasa datang mengucapkan salam dan berjabat tangan dengannya. 

Imam Nawawi menjelaskan, Imran bin Hushain memiliki riwayat sakit wasir yang memang sudah akut. Dia bersabar merasakan sakitnya itu sehingga malaikat pun menyapanya sebagai bentuk penghormatan. 

Ibnu Sirin juga meriwayatkan, bahwa dia menyirami perut Imran selama 30 tahun sebagai bentuk perawatan atas sakit yang dideritanya. Namun perawatan ini ditolak Imran dan memilih untuk bersabar dengan rasa sakitnya sehingga kemudian malaikat datang menyapanya.

Mengemal Penyakit Wasir atau Ambeien

Wasir ( nonjul tombung) adalah membengkaknya strukur vaskular dalam saluran anus. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan berikut :

  1. Terlalu lama duduk
  2. Menderita diare yang lama (diare tidak kunjung sembuh)
  3. Karena faktor keturunan
  4. Sering mengalami sembelit 
  5. Pola makan yang kurang sehat (merokok, sering mengkonsumsi makan yang pedas dan bersantan, sering meminum alkohol dan minuman yang bersoda) dan gaya hidup yang tidak sehat
  6. Mengangkat beban terlalu berat
  7. Kurang olah raga

Pengobatan secara alami bisa dilakukan dengan cara di bawah ini : 

  • Daun Jambu biji yang masih muda 7 lembar lalu ditumbuk halus
  • Satu biji pisang klutuk ( pisang yang banyak bijinya) di cuci lalu diparut bersama dengan kulitnya. Selanjutnya kedua bahan tersebut dicampur dan dikasih air secukupnya. Biarkan beberapa saat agar larut kemudian diminum. Lakukan secara rutin sampai sakitnya benar-benar sembuh.

Selain usaha lahiriyah sebagaimana disebutkan di atas, ternyata ada dua surat di dalam Alquran yang juga diyakini sangat ampuh mencegah dan mengobati Wasir atau Ambeien. Kedua surat dimaksud adalah Surat Al Isyirah ( الم نشرح ) surat ke 94 dan Surat Al fiil ( الم تر ) surat ke 105. 

Resep ini penulis dapatkan dalam Kitab I'anatut Tholibin jilid 1 halaman 246  karya Syeh Abu Bakar Syatho Addimyathi. Adapun cara mengamalkannya sebagai berikut :

Istiqomah melakukan Sholat Subuh
  • Rokaat pertama Sesudah Alfatihah membaca Surat Al Insyirah ( الم نشرح)
  •  Rokaat kedua sesudah Alfatihah membaca Surat Al Fiil ( الم تر )
ان من داوم قراءتهما (اي الم نشرح والم تر) في الركعتين ( الصبح) زالت عنه علةالبواسير 
Bahwa orang yang Istiqomah membaca kedua Surat tersebut di dalam dua Rokaat Sholat Subuh,  akan hilang darinya bahaya penyakit Wasir/ Ambeien

وقيل ان من داوم عليهما فيهما لا يرى شرا ذالك اليوم اصلا
Dikatakan،  orang yang istiqomah melakukan hal tersebut, pada hari itu tidak akan ada kejelekan yang bekal menimpaya
وقيل من صلاهما بألم وألم لم يصبه في ذالك اليوم ألم
Dikatakan juga, orang yang melakukan Sholat Subuh dengan membaca ( الم نشرح dan الم تر ) pada hari tersebut tidak bakalan ada penyakit yang akan menimpanya
( سيد ابو بكر شطا الدمياطي في اعانة الطالبين جزء الاول ص ٢٤٦)

Inilah dua surat di dalam alquran yang sangat ampuh mencegah dan mengobati penyakit wasir atau Ambeien, semoga Allah melindungi kita semua dan keluarga, Amin.

Posting Komentar untuk "Baca Dua Surat ini, Sakit ditubuh Anda pasti Ambyaaar"