Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baca Surat Al Fatihah setiap Hari, Reseki datang Tanpa Henti

Ayo dicoba, baru terasa Khasiatnya

Sabdarianada Id | Surat Alfatihah adalah Surat pertama di dalam Alquran yang diturunkan lengkap satu Surat, terdiri dari 7 ayat dan termasuk Surat Makkiyah.

Disebut Alfatihah ( pembukaan ) karena dengannya Alquran dibuka dan dimulai. Disebut juga Ummul qur'an (Induk Alquran) atau Ummul Kitab (induk Alkitab)   karena Surat Alfatihah merupakan induk dari semua  isi Alquran serta intisari dari  kandungan Alquran serta wajib dibaca pada setiap kali melakukan Sholat.

Dinamakan pula As Sab'ul Matsani ( tujuh ayat yang di ulang-ulang ) karena surat Alfatihah diulang-ulang dibaca di dalam Sholat. 

Keutamaan Surat Al Fatihah Masyhur diceritakan dalam banyak Hadits-hadits Shohih, salah satunya seperti yang diceritakan oleh Sahabat Abu Hurairoh, RA :

 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَا أَنْزَلَ اللَّهُ فِي التَّوْرَاةِ وَلَا فِي الْإِنْجِيلِ مِثْلَ أُمِّ الْقُرْآنِ، وَهِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي، وَهِيَ مَقْسُومَةٌ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي “

"Dari Abu Hurairah, dari Ubay ibnu Ka’b yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda: Allah tidak pernah menurunkan di dalam kitab Taurat, tidak pula dalam kitab Injil hal yang semisal dengan Ummul Qur’an; ia adalah As-Sab’ul masani dan ia terbagi antara Aku (Allah Swt.) dan hamba-Ku menjadi dua bagian" [ HR Atturmudzi dan Annasai]

Dalam Hadis lain Abu Hurairah juga menceritakan : 

 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: ” مَنْ صَلَّى صَلَاةً لَمْ يَقْرَأْ فِيهَا أُمَّ الْقُرْآنِ فَهِيَ خِداج -ثَلَاثًا-غَيْرُ تَمَامٍ “. فَقِيلَ لِأَبِي هُرَيْرَةَ: إِنَّا نَكُونُ وَرَاءَ الْإِمَامِ، قَالَ: اقْرَأْ بِهَا فِي نَفْسِكَ؛ فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: ” قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ: قَسَمْتُ الصَّلَاةَ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي نِصْفَيْنِ، وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ فَإِذَا قَالَ الْعَبْدُ: {الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ} [الْفَاتِحَةِ: 2] ، قَالَ اللَّهُ: حَمِدَنِي عَبْدِي، وَإِذَا قال: {الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ} [الْفَاتِحَةِ: 3] ، قَالَ اللَّهُ: أَثْنَى عَلَيَّ عَبْدِي، فَإِذَا قَالَ: {مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ} [الْفَاتِحَةِ: 4] ، قَالَ مَجَّدَنِي عَبْدِي ” -وَقَالَ مَرَّةً: ” فَوَّضَ إِلَيَّ عَبْدِي -فَإِذَا قَالَ: {إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ} [الْفَاتِحَةِ: 5] ، قَالَ: هَذَا بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي، وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ، فَإِذَا قَالَ: {اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ* صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ} [الْفَاتِحَةِ: 6، 7] ، قَالَ هَذَا لِعَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ “.

"Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Barang siapa salat tanpa membaca Ummul Qur’an di dalamnya, maka salatnya khidaj —sebanyak tiga kali— yakni tidak sempurna. Kemudian dikatakan kepada Abu Hurairah, “Sesungguhnya kami salat di belakang imam.” Abu Hurairah r.a. menjawab, “Bacalah untuk dirimu sendiri, karena sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda:Allah Swt. berfirman, ‘Aku bagikan salat antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua bagian, dan bagi hamba-Ku apa yang dia minta. Bila seorang hamba berkata. ‘Segala puji bagi Allah. Tuhan semesta alam,’ Allah berfirman, ‘Hamba-Ku telah memuji-Ku.’ Bila ia berkata, ‘Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,’ Allah berfirman, ‘Hamba-Ku telah menyanjung-Ku.’ Bila ia berkata, ‘Yang Menguasai hari pembalasan,’ maka Allah berfirman, Hamba-Ku telah mengagungkan-Ku,’ dan adakalanya sesekali berfirman, Hamba-Ku telah berserah diri kepada-Ku’ Bila ia berkata, Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan,’ maka Allah berfirman, ‘Ini antara diri-Ku dan hamba-Ku, dan bagi hamba-Ku apa yang dia minta.’ Bila ia berkata, ‘Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat,’ maka Allah berfirman, ‘Ini untuk hamba-Ku dan bagi hamba-Ku yang dia minta.” [ HR Muslim ]


Cara mengamalkan Surat Al Fatihah

Mengamalkan surat Al fatihah bisa di lakukan sedikitya dengan salah satu dari tiga cara di awah ini :

  1. Dibaca normal sesuai urutan ayat dan teks yang ada
  2. Dibaca washal (nyambung) antara Basmalah dan ( الحمد لله رب العالمين ) ayat yang lain dibaca waqof, sampai di ayat ( اياك نعبد واياك نستعين ) diulang 3x atau 11x tanpa Nafas sambil menyebut hajadnya di dalam hati
  3. Bacaan pertama di mulai dengan Ta'awud ( اعوذ با الله من الشيطان الرجيم ) bacaan kedua dan seterusnya dimulai dari Basmalah ( بسم الله الرحمنالرحيم ). Antara Basmalah dan Hamdalah dibaca Washal/tidak waqof ( بسم الله الرحمن الرحيمِ الْحَمد لله رب العالمين ). Ayat berikutnya dibaca waqof, kecuali ayat ke 7 dibaca washal ( صراط الذين انعمت عليهم غير المغضوب عليهم ولا الضالين )
  • Cara manapun yang anda pilih, jangan lupa sebelum mengamalkan lakulan tawasul kepada : 
  • Kenjeng Nabi, keluarga dan para Sahabatnya
  • Malaikat yang 4 Jibril, Mikail, Isrofil dan Izroil
  • Sayyidah Fatimah, Sayyina Hasan bin Ali serta sayyina Husain bin Ali, RA
  • Syeh Ahmad bin Muhammad Attijani, RA
  • Syeh Masduqi, RA
  • Syeh Haji Badri Masduqi, RA
  • KH. Hasyim Mino, RA
  • Kedua Orang tua dan guru2 anda
Khasiat mengamalkan Surat Al Fatihah
  1. Rumah yang dibacakan Surat Al Fatihah dan Surat Al Ikhlas tidak akan ditimpa Kafakiran dan banyak kabaikan.
  2. Jika dibaca 3x sebelum tidur ditambah Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas, insyaallah Aman dan tentram serta dijauhkan dari ganguan Syaithan.
  3. Jika dibaca 21x setiap selesai Sholat Farduh, insyaallah usahanya dilancarkan, disegani Masyarakat, mudah dalam urusan hidupnya dan keluarganya akan mendapatkan perlindungan dari Allah.
  4. Jika dibaca 41x lalu ditiupkan kepada air inyaallah bisa menyembuhkan sakit mata, sakit gigi, sakit perut dan lain-lain.
  5. Jika dibaca 70x setiap hari lalu ditiupkan kepada air dan diminum selama 7 hari, insyaallah akan mudah memperoleh ilmu pengetahuan serta dapat mengontrol hati dan pikiran dari hal-hal yang tidak baik.
  6. Jika dibaca 40x setiap hari waktunya antara qubliyah Subuh dan Sholat Subuh selama 40 hari, insyaallah hajatnya akan dikabulkan, baik urusana pangkat, mendapatkan reseki yang banyak, mampu membayar hutang, menyembuhkan penyakit, anak menjadi Sholeh, dan berbagai hajat lainnya.
  7. Jika dibaca 41x setiap hari pada waktu yang memungkinkan anda bisa Istiqomah, insyaallah akan dibukakan untuknya semua pintu-pintu kebaikan tanpa susah payah.
Sebagian ulama Ahli Hikmah mengatakan,

ومن واظب على قراءتها إحدى وأربعين مرة إلا فتح الله عليه بلا تعب .

Siapa saja yang melazim Surat Al Fatihah 41x pasti Allah bukakan untuknya (berbagai pintu kebaikan) tanpa susah payah.


Demikian Fadhilah mengamalkan surat Alfatihah, semoga di sisa usia kita Allah berikan kemampuan mengamalkannya, Amin.

Sumber Rujukan

Al Auradul Yaumiyah, Kh. Romzi Al Amiri manan 2019

KH. Muhammad Bakhiet dalam

https://youtu.be/rGTD22AxDaA


Posting Komentar untuk "Baca Surat Al Fatihah setiap Hari, Reseki datang Tanpa Henti"