Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 FAKTA PENYEBAB KEJENUHAN SISWA VERSI SABDA RIA NADA

 
http://www.sabdarianada.co.id
5 Fakta penyebab siswa jenuh
1. Kelebihan lemak

   Kelebihan lemak jenuh menurut beberapa sumber akan mengakibatkan seseorang mudah mengantuk.
 Lemak jenuh merupakan sebuah senyawa kimia yang mengakibatkan fungsi kerja otak kita melambat, biasa lemak jenuh ini terkandung dalam makanan yang digoreng, seperti nasi goreng, dan gorengan lainnya.  
Sedangkan gorengan merupakan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat lereng pegunungan yang notabena cuacanya dingin dan curah hujan yang luamayan tinggi, sehingga masayarakat cinderung mengemari makanan yang hangat dan kriuk.

2. Kurang faham dengan yang diajarkan

   Pada lima belas menit awal siswa masih dalam kondisi konsentrasi dan mampu mengingat dan menyerap banyak informasi, memasuki seperempat jam kedua siswa mulai jenuh dan berfikir untuk mencari kesibukan yang membuat mereka senang. 
Dan pada saat itu siswa mulai membuat dunia mereka sendiri sehingga  materi atau informasi yang disampaikan oleh guru menjadi agak sia-sia.

3.  Metode pembelajaran monoton

    Metode ceramah, menulis, kemudian ceramah lagi.dan kembali menulis lagi. ketika cermah siswa sering mengantuk, dan ketika menulis siswa atau peserta didik mulai lelah, maklum anak jaman sekarang kurang menyukai kegiatan mencatat. 
Padahal dengan mecatat siswa dapat kembali mengulang informasi. 
metode pembejaran sekarang sangat bervariasi, seorang pendidik dapat mencari atau mempelajari metode pembejaran yang ditawarkan oleh para penulis atau peneliti.

4. Sarana pembelajaran yang kurang menyentuh psikomotorik anak

  Anak pra-dewasa atau remaja memiliki kecinderungan selalu ingin mendapatkan informasi baru dan ingin bereksperimen dengan susuatu yang menarik. rasa ingin tahu ini selalu muncul dalam otak setiap anak, sehingga searhcing knowledge seharusnya ditunjang oleh sarana yang dapat memediasi hal tersebut. 
jika tidak maka jenuh dengan yang dianggap monoton akan selalu menjadi permasalahan yang berulang, dan hal ini merupakan rahasia umum jika selalu diiedentikkan dengan aspek finansial lembaga, sehingga komersialisasi pendidikan merupakan rahasia umum.

5.  Siswa sering begadang

    Siswa jaman sekarang sangat dekat dengan media sosial, sehingga moyoritas siswa hampir separuh waktunya dihabiskan untuk bersentuhan dengan internet. 
Dan kebiasaan ini menyebabkan siswa di negeri ini tidur larut malam bahkan diri hari, sehingga mereka acapkali bangun kesiangan.

kelima hal diatas bisa saja terjadi kepada anak kita, sanak saudara kita, atau bahkan murid kita. kelimanya bisa saja saling berhubungan dan membentuk rasa jenuh yang sulit diatasi oleh salah satu pihak, baik pendidik, orang tua, ataupun sekolah tempat anak kita atau siswa kita belajar. semoga kita menjadi orang tua, keluarga atau guru yang  CERDAS demi mempersiapkan generasi yang handal.

2 komentar untuk "5 FAKTA PENYEBAB KEJENUHAN SISWA VERSI SABDA RIA NADA"

  1. tambah satu lagi sarapan paginya anak pegunungan makanan yang tinggi kalori seperti sabbreng nasi jagung

    BalasHapus