Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembentukan POSKESTREN Sabda Ria Nada

sabdarianada.co.id – Sebagai Yayasan besar yang berbasis pendidikan Pondok Pesantren, Sabda Ria Nada perlu dilengkapi dengan berbagai Fasilitas penunjang keberlangsungan proses menimba ilmu bagi santri atau peserta didik, khususnya dalam penyediaan fasilitas Pendidikan maupun Kesehatan.
Pembentukan POSKESTREN Sabda Ria Nada
Pembentukan POSKESTREN Sabda Ria Nada

Dalam hal pendidikan, Sabda Ria Nada telah melakukan update berbagai pengembangan pendidikan disesuaikan dengan kemajuan Jaman, namun dengan tetap berpegang teguh pada Visi-Misi Yayasan Sabda Ria nada.

Sedangkan dalam hal memenuhi Fasilitas Kesehatan Santri / Peserta didik, Sabda Ria Nada bekerjasama dengan PUSKESMAS Kec. Sumbermalang, sehingga berbagai masalah kesehatan peserta didik dapat ditangani dengan baik dan cepat.

Berbagai bentuk pelayanan kesehatan bisa didapatkan santri dengan mudah dan gratis di Puskesmas Sumbermalang, sehingga seluruh Santri / Peserta didik di yayasan Sabda Ria Nada tidak perlu khawatir dengan berbagai keluhan Kesehatan.

Fasilitas Kesehatan POSKESTREN di Yayasan Sabda Ria Nada

Berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri Nomor 1067/Menkes/SKB/VIII/2002, Nomor 385 Tahun 2002, dan Nomor 37 Tahun 2002 tentang Peningkatan Kesehatan Pondok Pesantren dan Institusi Keagamaan Lainnya.

Pemerintah Kecamatan dan Puskesmas Kec. Sumbermalang melalui Petugas Promosi Kesehatan, Hari ini, Selasa (06/03/2018) telah membentuk pengurus Poskestren Sabda Ria Nada, dengan susunan kepengurusan diketuai oleh Muzayyin Ilmana, Sekretaris Lailatul Qomariyah, dan Fitriyah Sebagai Bendahara Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN) Sabda Ria Nada.

Selanjutnya Pengurus Poskestren dan Anggota akan mendapatkan pelatihan dan pembinaan tentang Penanganan Dasar Kesehatan oleh Puskesmas Sumbermalang maupun Dinas Terkait.

Manfaat Pos Kesehatan Pesantren

Dengan adanya POSKESTREN, maka keluhan ringan tentang kesehatan Santri akan dapat dikenali atau diatasi dengan cepat oleh Tim Poskestren yang telah dibina oleh Puskesmas Sumbermalang.

Karena nantinya Pesantren akan memiliki Fasilitas dasar kesehatan dan ruang kesehatan yang akan dilayani oleh Tim Kesehatan Santri, atau kurang lebih istilahnya adalah dari santri, oleh santri dan untuk santri sehingga Pesantren menjadi Mandiri dalam hal Kesehatan Dasar.

Hal ini akan sangat bermanfaat sekali mengingat kesehatan adalah sebagai salah satu komponen utama dalam pembangunan Tumbuh Kembangnya Manusia.

Penutup

Mudah-mudahan dengan adanya POSKESTREN Sabda Ria Nada bisa menjadi awal yang baik bagi Masyarakat Pesantren, Sehingga berbagai kegiatan Pendidikan Sabda Ria Nada dapat berjalan dengan lancar serta dapat memberikan sumbangsih yang maksimal dalam memajukan Agama, Nusa dan Bangsa.

1 komentar untuk "Pembentukan POSKESTREN Sabda Ria Nada"