Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wirid Jum'at, Menjemput Reseki Berlipat


Sabdarianada.Id | Jumat 12 Agustus 2022 Buk Madrio tetangga saya meninggal dunia dalam usia yang cukup sepuh.Alhamdulillah saya berkesempatan ikut merawat jenazahnya, mulai memandikan, mengkafani, mensholati, hingga ahirnya mengantarkannya ke liang lahad. 

Ketika memberikan kata sambutan dan ucapan terimaksih mewakili keluarga duka selesai upacara penguburan, saya teringat Sabda Nabi Muhammad, SAW

من مات يوم الجمعة اوليلتها رفع عنه عذاب القبر

"Siapa yang meninggal dunia pada hari Jumat atau malam harinya, diangkat untuknya siksa kubur". 

"Barokah hari Jumat insyaallah Almarhumah Khusnul Khotimah dan dibebaskan dari siksa kubur", imbuhku. "Lalu bagaimana dengan kita?", tanyaku kepada semua yang hadir. Semuanya tertunduk diam, sibuk dengan pikirannya masing-masing, yang pasti setiap yang hadir sekeras apapun hatinya pasti menyadari, tiba waktunya suka atau tidak, pasti mati.

Bagi umat islam Jumat adalah hari yang agung dan istimewa. Keistimewaan hari Jumat ini telah disabdakan oleh Nabi.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah, RA bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ."

"Sebaik-baik hari yang terbit padanya matahari adalah hari Jum'at. Pada hari Jum'at Nabi Adam diciptakan. Pada hari Jumat nabi Adam dimasukkan kedalam Surga, di hari jumat pula Nabi Adam dikeluarkan dari Surga,  dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum'at". 

Di dalam hadis lain Rasulullah juga bersabda :

- إنَّ في الجُمُعَةِ لَساعَةً، لا يُوافِقُها مُسْلِمٌ، يَسْأَلُ اللَّهَ فيها خَيْرًا، إلَّا أعْطاهُ إيَّاهُ، قالَ: وهي ساعَةٌ خَفِيفَةٌ. وفي رواية: ولَمْ يَقُلْ: وهي ساعَةٌ خَفِيفَةٌ.

"Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat satu SAAT. Tidaklah orang mukmin mendapatkan saat tersebut dan memohon kebaikan, kecuali Allah pasti mengabulkannya. Saat tersebut sangatlah 

rahasia".

Selanjutnya ulama berbeda pendapat dalam menafsirkan kata ساعَةٌ خَفِيفَةٌ. Ada yang mengatakan ketika Khotib duduk diantara dua Khotbah. Ada juga yang mengatakan sesaat setelah iqomah sebelum Sholat, sesudah Azan sebelum Khotib membaca Khotbah, bahkan ada yang menyatakan sesudah Sholat Ashar Hari Jum'at. 

Menanggapi perbedaan pendapat tersebut, Imam Alghazali dalam Bidayatul Hidayah menyarankan, agar sejak sore hari Kamis kita sudah mempersiapkan diri mengisi malam dan hari Jum'at dengan berbagai kegiatan Ibadah, berdzikir dan berdoa sehingga bisa meraih Waktu Mustajab seperti yang janjikan oleh Rosulullah, SAW.


WIRID MALAM DAN HARI JUMAT


١. ياَكَافِي يَا مُغْنِي ٩٠٠ 

"Wahai Zat yang maha cukup dan maha Kaya".

Cara Mengamalkan :

sebelum mengamalkan, lakukan Tawasul kepada :

  1. Kanjeng Nabi Muhammad, Keluarga dan para Sahabatnya
  2. Syeh Ahmad bin Muhammad Attijani, RA
  3. Syeh Abdul Qodir Al Jailani, RA
  4. Syeh Masduqi, RA
  5. Syeh KH. Badri Masduqi, RA
  6. Syeh KH. Hasyim Mino
  7. Para Guru dan kedua orang tua anda
  8. Baca wirid di atas dengan tulus dan Ikhlas setiap sore hari kamis sehabis Sholat Ashar sebanyak 900x
  9. Jangan menghentikan Wirid meskipun anda sudah kaya raya.

  

Kedua, 

اَللَّهُمَّ يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ

 أَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَن مَعْصِيَتِكَ 

وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Cara mengamalkan :

Baca 50x setiap malam Jumat

Baca 4 x  selesai Sholat jumat

Lakukan Tawasul seperti di atas

من داوم على هدا الدعاء اغناه الله عن خلقه ورزقه من حيث لا يحتسب

Siapa saja yg melazimkan doa ini, Allah kayakan melebihi mahluqnya yang lain dan akan memberinya Rizqi dari jalan yang tidak terduga.

مراقي العبودية ص : ٥٦


Ketiga,

Selesai Sholat jumat keluar dari masjid, berhenti sejenak di depan pintu masjid, lalu baca :

اللهم أجبت دعوتك وصليت فريضتك وانتشرت كما أمرتني فارزقني من فضلك وانت خير الرازقين

Ya Allah telah kusambut panggilanMu dan kukerjakan KewajibanMu, dan akan kujajaki seluruh muka bumi seperti yang engkau perintahkan, berilah aku rizqi dari kemurahanmu  karena engkaulah sebaik2 pemberi Rizqi.

عن عراك بن مالك في تفسير المنير الجزء الثاني ص: ٣٧٧

Demikianlah wirid Jumat untuk menjemput Reseki berlimat yang kami sarikan dari beberapa kitab seperti Moroqil Ubudiyah, Tafsir Munir serta dari keterangan para guru,  semoga dengan mengamalkan wirid ini Allah mudahkan semua urusan kita, Amin.


3 komentar untuk "Wirid Jum'at, Menjemput Reseki Berlipat"