Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TUJUH HURUF TIDAK DITEMUKAN DI DALAM SURAT ALFATIHAH

KH.moh. Jaiz Badri Situbondo di halaman Masjid Nurul Imam Kalirejo Kecamatan Sumbermalang
Sabdarianada.id| Sebagai kitab suci yang kehadirannya tidak hanya membawa petunjuk tapi  juga Rahmat   ( هدى ورحمة ) Aquran turun menawarkan banyak solusi bagi persoalan hidup manusia, tidak hanya keagamaan tapi juga sosial, politik, Budaya serta bidang-bidang lainnya. 

Alquran yang turun selama kurun waktu 22 tahun 22 bulan dan 22 hari  itu menurut Ulama terdiri dari 30 Juz 114 Surat dan 6666 ayat. Masing-masing ayat memiliki pertalian satu sama lain, demikian pula surat yang satu dengan yang lain, ibarat mata rantai satu sama lain saling berpautan. 

Pertalian antar ayat dan antar Surat di dalam Alquran telah melahirkan disiplin ilmu baru yang disebut Ilmu Munasabah fil Quran.  Contoh Munasabah Surat misalnya, dalam Surat Alfatihah ada
Ayat اهدناالصراط المستقيم  "Tunjukkanlah kami ke jalan yang lurus". 

Di dalam Surat berikutnya Al Baqoroh ayat 2 Allah berfirman : دالك الكتاب لا ريب فيه هدى للمتقين "Dialah Alquran, tidak ada keraguan di dalamnya, petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa", seakan-akan Allah berfirman " Petunjuk yang kamu pinta seluruhya ada di dalam Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad,SAW. 

Contoh lainnya bisa kita lihat di dalam Surat Al Alaq dengan Alqodar. Dalam surat Al Alaq Allah berfirman : اقرء باسم ربك الذي خلق    "Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang telah menciptakan". Dalam ayat ini tidak dijelaskan apa yang harus dibaca. 

Teka teki ini Allah jawab di dalam Surat berikutnya, Surat Alqodar ayat satu Allah berfirman :  انا انزلناه في ليلة القدر " Sesungguhnya telah kami turunkan Alquran pada malam Lailatul Qadar". Dari pertalian dua Surat ini kita jadi Tahu bahwa yang harus dibaca sebagaimana diperintahkan di dalam Surat Al Alaq, salah satunya adalah Alqur'an yang Allah turunkan pada malam Lailatul Qadar. 

Karena itu belajar Alquran edialnya tidak boleh sepotong-potong harus secara keseluhuan dari awal sampai ahir ayat demi ayat, surat demi surat  agar mendapatkan pemahaman yang konperhensip. Karena setiap kata adalah Rahmat, setiap ayat adalah petunjuk, setiap Surat adalah Obat setiap Juz adalah Mu'jizat. 

Salah satu surat yang diyakini banyak memiliki keistimewaan dan keutamaan adalah Surat Alfatihah. Sedemikian utamanya surat Alfatihah sampai-sampai begitu banyak nama yang disematkan oleh Ulama' untuk menyebut surat tersebut. (1) Ummul Quran (  ام القرأن  )  induk dari Alquran (2) Ummul Kitab ( ام الكتاب) induk Alkitab (3) Assab'ul Matsani ( السبع المثاني  )   tujuh ayat yang diulang-ulang di dalam Shalat. 

Di bawah ini adalah keutamaan-keutamaan membaca Surat Alfatihah sebagaimana dikutip oleh KH. Moh. Romzi Al Amiri dalam Buku الاوراد اليومية : 
  1. Jika dibaca 40x setiap selesai Shalat Maghrib dan Shalat Sunahnya, Allah akan mengabulkan seluruh hajatnya
  2. Jika dibaca 70x setiap hari dalam keadaan punya wudhu lalu ditiupkan ke air selama 7 hari berturut-turut kemudian air tersebut diminum, Allah akan mudahkan mendapatkan Ilmu serta dikuatkan mengontrol hati dan pikirannya dari hal-hal yang tidak baik
  3. Jika dibaca 20x setiap selesai Shalat, usahanya dilancarkan, disegani masyarakat, keluarganya selalu dalam perlindungan Allah
  4. Jika dibaca 41x bisa mengobati sakit mata, sakit gigi, sakit perut dan penyakit lainnya
  5. Jika dibaca 3x sebelum tidur ditambah Surat Alfalaq dan Annas Allah selamatkan dari gangguan Syaithan
  6. Rumah yang selalu dibacakan Surat Alfatihah dan Surat Al Ikhlas Allah selamatkan dari kefakiran dan banyak beroleh lebaikan. 
Keistimewaan lain dari Surat alfatihah adalah tidak ditemukannya 7 huruf Hijaiyah yang diyakin sebagai simbol kemalangan. 
  1. Huruf Tsa' ( ث ) simbol dari    الثبور  kemalangan atau kehancuran
  2. Huruf Jim ( ج )   simbol dari  جهنم nama lain Neraka
  3. Huruf Syin (  ش  ) simbol dari الشوى   nama lain Neraka
  4. Huruf Za' (  ز) simbol dari زقوم  makanan penduduk Neraka yang berduri
  5. Huruf Kho (  خ)  simbol dari   الخبث yang betarti busuk atau kotor
  6. Huruf Dho' ( ظ ) simbol dari لظى  nama lain Neraka
  7. Huruf Fa' ( ف) simbol dari  الفراق  perpisahan. 
Demikian disampaikan oleh KH. Moh. Jaiz Badri dalam acara Pengajian di halaman Masjid Nurul Iman Desa Kalirejo Kecamatan Sumbermalang. 

Semoga Allah membimbing dan melindungi kita semua, Amin





Posting Komentar untuk "TUJUH HURUF TIDAK DITEMUKAN DI DALAM SURAT ALFATIHAH"